Cara Cepat Meningkatkan Pengunjung Blog Bisnis Dengan 3 Social Media Tools

Meningkatkan-Traffic

Mari kita kesampingkan dulu kanal traffic dari SEO (mesin pencari), karna hakikatnya meningkatkan traffic bisa didatangkan dari mana saja. Kalau kita melihat ilustrasi CVO dibawah ini, maka jelas darimana pun traffic atau pengunjung yang datang tidak menjadi masalah yang penting Anda bisa menguasainya.

Flowchart konsep CVO

Dan catatan kuncinya adalah…peningkatan traffic tersebut dapat diprediksi dan menguntungkan.

Media sosial bisa mendatangkan banyak sekali traffic dengan cepat, tetapi untuk mendapatkan traffic yang pada nantinya menghasilkan diperlukan kesabaran dan kreasi Anda untuk pintar-pintar dalam “meracik” media sosial Anda.

Semakin menarik kreasi yang dihasilkan maka peningkatan pengunjung situs dapat dengan cepat tercapai.

Ada perbedaan cara meningkatkan pengunjung situs dengan cepat, antara yang melalui mesin pencari seperti SEO atau Google adwords dengan melalui social media. Terlebih yang cukup signifikan ketika Anda melihat ada banyak sekali akun media sosial yang secara tiba-tiba mendapatkan banyak followers.

Ada yang memang aji mumpung alias kebetulan bisa memanfaatkan momentum dan ada juga yang sengaja menginvetasikan cukup banyak uang untuk meningkatkan traffic.

Nah, persoalannya bagaimana jika Anda tidak mempunyai alokasi dana yang cukup atau memang budget Anda sangat terbatas?

Sekarang kami akan berbagi beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk panduan memperbanyak pengunjung blog atau situs perusahaan Anda. Walaupun sebagian tools ini adalah tools berbayar, tetapi Anda tetap bisa memanfaatkan secara gratis meskipun dengan fungsi terbatas. Lanjut…

Buzzsumo

Tool untuk meningkatkan traffic

Penampakan tools buzz sumo. src:buzz sumo.com

Buzzsumo merupakan salah satu social media tools handal yang cukup dapat diandalkan. Umumnya dipakai sebagai alat riset untuk konten marketing. Tools ini juga yang biasa saya dan tim Biz.deerham.com manfaatkan. Anda bisa mendaftar secara gratis di Buzzsumo dengan cukup memanfaatkan fitur-fiturnya terbatas saja.

Fitur yang saya sukai dari Buzzsumo adalah kita bisa melihat konten apa saja yang sedang naik daun di media sosial. Cukup masukan keyword topik yang ingin anda ketahui kemudian akan keluar hasilnya. Sehingga kita bisa melihat siapa saja yang sedang membahas konten tersebut dan berapa jumlah share di setiap media sosial.

Sekarang pertanyaannya, “bagaimana memanfaatkan Buzzsumo“?

Kita bisa melihat konten apa saja yang mereka bahas dan menganalisa kenapa konten tersebut bisa menjadi viral. Setelah menganalisa dan menerapkannya di dalam konten media sosial Anda, Anda bisa melihat bagaimana engagement yang terjadi di dalam media sosial Anda dengan Buzzsumo.

Inkybee dan Alternatifnya

social media tool influencer

Tool untuk memantau social media tool influencer

Jika kamu termasuk yang memilih cara endorser maka Inkybee bisa menjadi pilihan. Inkybee ini juga dikenal sebagai social media listener / monitoring. Inkybee adalah tools melihat siapa saja influencer atau buzzer yang bisa Anda dekati.

Memanfaatkan jasa endorser, Influencer atau buzzer sekarang menjadi salah satu cara ringkas mempopulerkan sebuah produk atau brand. Akan tetapi ada beberapa tipe influencer yang perlu kamu cermati, ada yang senang dengan black campaign dan ada yang positive campaign.

Dengan Inkybee Anda bisa melihat siapa saja influencer yang mempunyai cocok untuk Anda. Sebagai alternatif kamu juga bisa menggunakan sociabuzz.com sebagai penghubung ke berbagai influencer.

Peran sociabuzz mirip dengan marketplace yang menjembatani antara penjual dan pembeli. Bedanya ini (sociabuzz), antara Anda dengan Buzzer/Influencer.

Twitter Analytics dan Facebook Insight

Facebook insight untuk social media tool

Nah yang terakhir adalah Twitter Analytics dan Facebook Insight.

Keduanya ini saya rasa sudah tidak asing lagi dikalangan internet marketer. Twittter analytic dan facebook insight merupakan social media tools bawaan yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Pertanyaannya apakah tools ini cukup bermanfaat?

Siapa sangka ternyata tools bawaan ini cukup keren lho, untuk twitter mulai dari detail setiap tweet atau sampai postingan Facebook sampai bagaimana perkembangan followers dan jumlah likes Anda. Semua dapat kita analisa.

Nah Twtter Analytics dan Facebook Insight ini dapat menjadi alternatif untuk Anda meningkatkan traffic dengan tools yang benar-benar low budget. Walaupun fiturnya terbatas, namun banyak hal dasar yang bisa Anda lihat dari sana.

Daripada tidak sama sekali bukan? ..atau jika Anda merasa butuh Advise lebih, silahkan berkonsultasi dengan Biz.deerham.com

SEO-CTA

Arham
Arham
Bukan ustad, cuma seorang taubaters yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online dan melepas perilaku sekularisme. Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa brand untuk optimasi media online di Biz.deerham.com.