3 Alasan Berjualan di Facebook Lebih Mudah dan Bersahabat

TUTORIAL MEMBUAT FANPAGES INSTANT TERTARGET DENGAN SERIBU LIKES TANPA FB ADS

Di era transisi yang semuanya serba terbuka dan mengagungkan kecepatan informasi serta transaksi, saat telah semakin banyak orang menggunakan internet untuk berbelanja di online shop. Efeknya adalah semakin banyak brand dan pebisnis yang menggunakan internet sebagai media pemasarannya. Khususnya facebook, karena dianggap berjualan di facebook lebih mudah dan bersahabat.

Belajar optimasi facebook

Banyak kemudahan – kemudahan yang didapat oleh pengguna internet yang memungkinkan mereka untuk bertransformasi menjadi pebisnis online ataupun self employee dengan berjualan di Facebook. Salah satunya dengan meng-optimasi facebook pada fitur fanpages, automasi sistem hingga akurasi target audiens untuk beriklan di situs jejaring sosial terpopuler tersebut.

Kedepannya Deerham akan coba membahas lebih dalam bagaimana cara menggunakan Facebook sebagai media bisnis yang lebih hemat bagi pelaku bisnis online pemula,sehingga lebih efektif dan efisien dalam. Dengan berjualan di facebook berarti kita akan lebih banyak terfokus pada social marketing. Belajar optimasi facebook berarti konsepnya adalah lebih banyak mengenal leads (calon konsumen) dan mengolah psikologis audiens.

500% Customer Tertarget

Berbisnis online melalui facebook juga berarti sedikit mengabaikan faktor SEO dan SEM/adwords yang cangkupannya lebih luas. Hal ini juga berarti sebuah keuntungan tersendiri dan dirasa lebih bersahabat bagi pebisnis online secara biaya. Bukan hanya soal biaya yang tidak terlalu besar, ada beberapa alasan lain mengapa berjualan melalui fanspage lebih mudah, diantaranya :

1. Memiliki Tools yang lengkap

Jika Andabelum tahu, pada fanpage Facebook ada beberapa tools yang mendukung untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Tools tersebut sengaja dirancang Facebook untuk membantu kegiatan berpromosi Anda pada fanspage.

Beberapa kegunaan tools yang ada difacebook diantaranya : untuk mengumpulkan polling, setting update status otomatis, share gambar, dan ada juga tools client yang terintegrasi dengan fanspage, sehingga tampilan fanspage bisa seperti toko online pada umumnya. Akan lebih ideal jika anda juga mampu mendesain fanpage, tools yang saya pakai biasanya dengan canva.com

2. Iklan Lebih Mudah Disetting Dengan Demografi

Dengan menggabungkan beberapa tools yang terdapat pada fanspage, Anda bisa mempromosikan dan mendapatkan jangkauan fans yang lebih banyak lagi dengan melakukan beberapa setting iklan yang telah disediakan oleh facebook. Hal ini masih ditambah lagi dengan targetting konsumen dengan basis demografi tertentu. Misalnya berdasarakan usia, lokasi, bahkan juga hobi dan minat. Seperti detail yang berikut ini

[sociallocker][/sociallocker]

Terakhir anda dapat mengoptimalkan relevancy dengan memanfaatkan UID ataupun email para pengguna facebook. Oh ya, Anda juga bisa ‘mencuri’ member dari fanpages brand brand terkenal semisal lazada, zalora, ataupun semisal rumah.com yang saat ini sedang saya proses.

3. Konsumen Lebih Mudah Dijangkau

Engagement atau interaksi akan lebih cair di facebook dibandingkan blog atau website. Bahkan secara mayoritas, website yang menggunakan fitur facebook comment akan lebih hidup engagementnya. Di Indonesia sendiri pengguna khususnya kebanyakan ibu ibu yang memegang kendali duit suami lebih enjoy saling komentar bahkan berbisnis di facebook dibanding platform lain, khususnya karna entry poin membangun koneksi di facebook tidak sesulit di twitter

Bagaimana, cukup menggiurkan bukan berjualan di Facebook ? Jika Anda yang saat ini berniat untuk berjualan di internet sebaiknya pelajari beberapa hal krusial seperti audience insight, facebook ads lengkap dengan bagaimana memanfaatkan UID.

Selamat mencoba !

Bobby Afif
Bobby Afif
25/02/91, S.Kom, Twitter : @bobbyafif, Phone : 085694523971, Depok.