Jawab 4 Pertanyaan Ini Sebelum Menentukan Tipe Strategi Pemasaran Online Terbaik Anda

strategi_marketing_bukalapak

Sayangnya belakangan ini ada banyak cara marketing online yang saat ini berkembang. Namun faktanya memilih satu jenis strategi marketing online bisa jadi satu hal yang cukup tricky.

Nah supaya Anda bisa merasakan manfaat pemasaran online, setidaknya ada 4 pertanyaan kunci yang harus Anda jawab sebelum memilih strategi pemasaran online yang paling cocok untuk bisnis Anda.

Baca juga: Bagaimana menentukan KPI digital yang efektif

Catat dan ingat selalu jawaban dari pertanyaan kunci berikut ini selagi Anda mencari strategi marketing yang paling efektif dari sumber manapun.

Pertanyaan 1: Untuk Tujuan Apa Web Anda Dibuat?

Ketahuilah, sebagian besar jenis pemasaran online hanya cocok untuk sebagian web saja. Anda perlu mampu mengidentifikasi tujuan utama dari situs anda. Agar Anda bisa tetap pada jalur “tujuan utama”.

Karena sering kali dalam perjalanan bisnis, Anda perlu dilakukan beberapa hal terkait tujuan-tujuan ’sampingan’ sebelum mencapai tujuan utama.

Mungkin terdengar klise, namun hal ini adalah point penting dari semua strategi marketing online situs Anda. Apakah strategi marketing online yang akan diterapkan sudah sesuai dengan tujuan utama? atau justru malah menjauhkan dari FOKUSnya.

Apabila Anda mampu mengidentifikasi tujuan utama situs Anda, maka strategi pemasaran online yang diterapkan Insya Allah akan efektif memberikan value pada konsumen.

Selanjutnya, perihal yang mencakup strategi konten, strategi media sosial, hingga strategi user experience akan dengan mudah Anda tentukan dan diubah semau Anda.

Misalnya begini, sewaktu saya membantu Bukalapak(BL) membangun sistem pemasaran online mereka maka saya mulai dengan mengidentifikasi lebih dulu apa tujuan utama dari bukalapak.com? kemudian bagaimana memberikan Value bukalapak (situs jual beli online terpercaya) kepada netizen.

Tujuan utamanya adalah membantu pelapak untuk menjual barangnya dan membuat netizen nyaman berbelanja di BL. Oleh karenanya dibuatlah tools SEO berupa widget dan program edukasi yang membantu pelapak mengenali bagaimana caranya melakukan pemasaran online yang efektif bagi UKM.

Hasilnya? … kurang lebih kearah sana

growth-hack-bukalapak-deerham

Akselerasi Pertumbuhan organik traffic Bukalapak yang melampui trendnya

Pertanyaan 2: Untuk Siapa Situs Anda Dibuat?

Tanpa mengetahui dengan jelas mengenai siapa target audiens Anda, semua strategi pemasaran tidak akan bekerja dengan baik. Anda akan kesulitan membuat detail targeting difacebook atau mengenali needs di Google Adwords

Oleh karena itu, ketahuilah untuk siapa situs Anda dibuat. Untuk memudahkan Anda menentukan target audiens, jawab pertanyaan berikut:

  • Siapakah rata-rata orang yang Anda jadikan target audiens?
  • Berapa rentang usia mereka?
  • Seperti apa daya beli mereka?
  • Apa yang mereka inginkan? dan Apa yang sudah mereka punya?
  • Bagaimana Anda membuat informasi yang Anda akan berikan benar-benar mudah diterima?
  • Apa yang dapat Anda berikan untuk mengembangkan mereka?

Apabila detail targetingnya sudah jelas dan kuat, maka Anda bisa menggunakan data tersebut untuk ‘berbicara’ dengan audiens. Insya Allah, audiens akan semakin merasa akrab dengan situs Anda. Seperti ilustrasi berikut

Menentukan strategi pemasaran online

Pertanyaan 3: Apa format terbaik untuk situs Anda?

Untuk menjawab pertanyaan ini, cek kembali pada tujuan utama situs Anda. Ketahui apa kebutuhan dari konsumen atau ketahui value apa yang Anda siapkan untuk konsumen. Dari sini anda akan lebih mudah mencari tau bagaimana membawa konten ke audiens dengan cara pemasaran online yang paling efektif

Secara umum, ada tiga format situs yang dapat Anda pilih, antara lain:

Tools: Format ini ideal dengan tujuan Anda yang ingin membantu audiens Anda melakukan sesuatu. Beberapa contohnya adalah BBcode pada Bukalapak tempo doeloe atau juga Traveloka untuk memudahkan traveler berpergian

Web Direktori: Format ini ideal apabila Anda ingin membantu audiens untuk mencari sesuatu. Contoh sederhananya adalah Qraved ataupun OLX.

Konten: Format ini ideal apabila Anda ingin mengedukasi audiens Anda tentang sesuatu hal yang baru. Situs dengan sistem blog atau news media adalah contoh yang tepat.

Pertanyaan 4: Bagaimana mendatangkan pelanggan yang profitable dan dapat diprediksi?

Point ini adalah garda terdepan sekaligus menjadi PR besar bagi setiap pemilik situs. Karna meskipun web anda memiliki tampilan yang menarik dan dibangun dengan dana ratusan juta namun jika tidak ada pengunjung maka semuanya sia sia.

Bagaimana mendatangkan banyak pelanggan baru sekaligus berkaitan dengan bagaimana informasi Anda bisa tersampaikan dan disampaikan.

Anda bisa memilih beberapa cara seperti mendatangkan traffic dengan CEPAT namun tidak stabil seperti facebook ads, dan Google Adwords ataupun SEO yang bisa mendatangkan banyak traffic dan TERUS MENERUS namun tidak instant.

Disaat Anda telah menentukan akan menggunakan cara yang mana, maka pertanyaan kuncinya adalah:

Apakah cara mendatangkan traffic anda sudah dapat diprediksi dan profitable?”.. Anda perlu memastikannya.

Lalu, Apakah deerham bisa membantu saya? ….

SEO-CTA

Ketika Anda sudah dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, barulah Anda dapat menemukan strategi yang sesuai dan tepat untuk mengembangkan situs Anda. Good luck!

Arham
Arham
Bukan ustad, cuma seorang taubaters yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online dan melepas perilaku sekularisme. Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa brand untuk optimasi media online di Biz.deerham.com.