22 Cara Meningkatkan Pengunjung Website dengan Growth Hacking secara Cepat dan Dramatis

meningkatkan pengunjung website dengan growth hacking

meningkatkan pengunjung website dengan growth hacking

Prinsipnya

Jika Anda memiliki produk yang bagus, mungkin tidak banyak orang yang tahu jika tidak dipromosikan. Anda masih perlu mendapatkan pengunjung ke website Anda – terutama jika Anda menjalankan e -commerce.

Terlebih di era startup sekarang ini, dimana value sebuah usaha banyak dinilai dari seberapa besar pengunjung / traffic suatu website. Semakin besar traffic suatu website maka valuenya akan semakin besar pula dimata Investor.

Kalau kita bermain main ke forum atau situs komunitas maka kita akan banyak bertemu pertanyaan sejuta umat.

Bagaimana sih cara meningkatkan traffic website?” atau.. “cara agar blog banyak pengunjung

Untuk beberapa permintaan dari klien saya pun tidak jauh berbeda,

Am, gimana cara meningkatkan traffic website dengan cepat dan sebesar besarnya?

Lalu kalau kita lihat di forum forum maka tidak jarang akan muncul jawaban seperti ini “Buat artikel sebanyak banyaknya, minimal sehari sekali”

Buat saya jawaban ini tidak sepenuhnya benar, tapi juga belum bisa dikatakan benar.

Kalau anda perhatikan banyak website memiliki ratusan artikel hingga puluhan ribu, tidak semua memiliki pengunjung yang besar. Sementara ada juga blog yang artikelnya sedikit tidak jarang bisa memiliki pengunjung yang banyak.

Trus, kenapa bisa begitu? Jawabannya adalah..

Konten yang dibuat optimal.

Growth hacking

Arti growth hacking sendiri adalah tehnik atau strategi pemasaran yang dipadukan dengan skill ilmu komputer. Tujuan utamanya adalah menghasilkan jumlah potensial konsumen secara agresif nan dramatis yang terus bertambah.

Tidak semua klien yang saya pegang bisa dilakukan growth hacking dengan segera. Namun disini kita akan mengulas bagaimana cara meningkatkan traffic website secara dramatis yang disertai studi kasus. Yang berarti berdasarkan kasus nyata.

Sebenarnya ada banyak strategi yang bisa kita usahakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung bllg atau website kita. Sebagiannya bisa dilakukan secara gratis, sementara beberapa cara lain meningkatkan pengunjung diperlukan modal.

Pertanyaannya strategi pemasaran apa yang paling cocok untuk website atau blog anda? …

… Apa saja prasyarat yang diperlukan agar strategi growth hacking bisa sukses meningkatkan pengunjung website?

Walaupun ada banyak pilihan meningkatkan pengunjung yang bisa kita lakukan, tapi tidak semua cara bisa cocok dengan jenis website yang kita miliki. Seperti halnya optimasi di eCommerce belum tentu cocok dengan media news.

Kita harus bijak dalam memilih sumber trafik agar hasilnya bisa lebih maksimal. Dan berikut ini beberapa prasyarat wajib agar upaya meningkatkan traffic blog/webiste bisa berhasil

1. Konsistensi

Jika untuk gagal saja perlu konsistensi begitu juga untuk berhasil memperbanyak pengunjung. Pasti lebih perlu yang namanya konsistensi.

Semakin dalam dan semakin sering anda menulis untuk topik yang sama, maka rasionya akan semakin besar pula website anda untuk keluar dihasil pencarian untuk kata kunci terkait. Kunci konsistensi disini jagalah minimal 1 pekan 1 kali merilis artikel yang berkualitas.

2. Berikan Value pada Pengunjung Website

Jika bicara value maka kita bicara tentang kualitas sebagai prioritasnya bukan kuantitas. Sebelumnya anda perlu melakukan penelitian rutin untuk mengenali pengunjung website, bagaimana kebiasaan (behaviour) visitor. Kemudian meluncurkan terobosan agar website memliki warna yang khas ataupun bisa membantu persoalan pengunjung website.

Misalnya, Assetnya website / blog adalah konten.

Semakin banyak bersyukur dan menulis konten yang berkualitas, maka traffic bisa terus berdatangan tanpa perlu banyak keluar modal. Cara meningkatkan traffic website model ini boleh dikata ampuh untuk semua jenis website

Oleh karena itu, ketika menulis konten, cobalah untuk selalu bertanya pada diri sendiri apakah Anda (jika menjadi pembaca) akan perlu meluangkan waktu sepuluh menit untuk membacanya ? Apakah saya mau membaginya dengan orang lain ? Jika Anda pikir konten Anda jelek cobalah untuk mengeditnya kembali.

3. Meningkatkan Traffic Website dengan SEO sebagai Value

Search Engine Optimization bukan permainan yang bisa dimenangkan dalam jangka panjang jika anda tidak menggarapnya dengan serius.

Buatlah konten atau fitur yang memiliki nilai lebih sehingga baik Google maupun pembaca menganggap artikel Anda layak dicari. Alhasil pengunjung akan cenderung untuk berbagi konten berkualitas yang anda buat. Hal ini akan memperbanyak link organik menuju website Anda.

Studi Kasus pertama: Bukalapak

Berikut ini adalah kondisi awal dari website Bukalapak, sebelum dilakukan Growth Hacking;

  • Memulai projek disaat Bukalapak tertinggal jauh baik dengan Tokopedia di sisi SEO maupun Alexa rank
  • Bukalapak belum melancarkan strategi di Social media.
  • Belum mempunyai koneksi dengan tokoh populer atau jaringan ke komunitas

Setelah mengaplikasikan beberapa cara meningkatkan traffic website yang akan kita bahas nanti, traffic organic bukalapak meningkat secara dramatis.

growth-hack-bukalapak-deerham

Akselerasi peningkatan pengunjung organik traffic Bukalapak yang meningkat secara cepat dan dramatis

 

Perlu kita ketahui kalau yang terpenting bagi setiap pemilik website adalah traffic dari Google. Sebab; jumlah kunjungan terbesar didapat dari channel Organic visit dan konsisten mendatangkan pengunjung.

Studi Kasus Kedua: Hijup

Jika yang diatas dikatakan sedang beruntung, maka saya praktekan cara meningkatkan traffic website yang kurang lebih sama untuk klien yang berbeda. Berikut ini adalah goal awal yang ditargetkan sebelum projek dijalankan;

  • Memulai projek dengan Goal untuk peningkatan traffic di search engine
  • Goal berikutnya adalah bagaimana bisa merayu investor dengan meningkatkan angka Alexa
  • Memperbanyak variasi kata kunci yang masuk via search engine

Hasilnya…

Peningkatan traffic website hijup

Peningkatan traffic website hijup pada semua channel

Peningkatan alexa rank sebab meningkatnya traffic

Peningkatan alexa rank sebab meningkatnya traffic

Dari hasil diatas bisa kita simpulkan
Artinya dengan tehnik ini, hasilnya akan secara dramatis meningkatkan pengunjung website. Lebih dari itu website anda akan lebih kuat secara Organik alias SEO serta mendapatkan traffic secara organik untuk jangka panjang yang terus meningkat.

 A. Meningkatkan traffic Blog atau website dengan gratis

Seperti yang saya sebutkan diatas, meningkatkan pengunjung blog atau website bisa didapatkan secara gratis. tapi sebagai konsekuensinya diperlukan niat untuk melakukan upaya yang terus menerus agar traffic yang didapatkan sesuai ekspektasi.

4. Blog Walking

Blog Walking adalah cara klasik meningkatkan trafik web yakni mengunjungi blog orang lain yang masih berhubungan dengan niche kita. Cukup tinggalkan komentar berbobot serta tinggalkan URL website. Ada banyak blog yang menyediakan kolom untuk meninggalkan URL website, inilah peluang yang harus kita manfaatkan sebaik-baiknya.

Ingat, jangan pernah meninggalkan komentar SPAM pada blog orang lain. Selain karena hal itu akan memperburuk citra blog / website anda, dimata Google website anda bisa mendapatkan penalty. Biasakan untuk membaca konten terlebih dahulu baru kemudian menuliskan komentar sesuai topik artikel dan jangan terlalu umum dalam memberikan komentar.

Dengan berkomentar dengan baik dan meninggalkan URL blog kita di kolom yang telah disediakan, maka Anda akan mendapatkan backlink menuju situs Anda. Selain itu, kemungkinan besar pengunjung lain di blog tersebut juga akan mengunjungi situs Anda ketika mereka melihat komentar yang Anda berikan.

5. Social Bookmarking

Masih merupakan cara klasik. pada awalnya situs-situs social bookmarking dibuat untuk membantu netter menyimpan alamat website yang mereka sukai untuk kemudian bisa dibuka tanpa netter harus terkoneksi lewat laptop kesayangannya.

Namun pada perkembangannya situs social bookmarking sering manfaatkan untuk search engine optimization dan mendapatkan refferal visit.

Beberapa social Bookmarking lokal yang bisa kita manfaatkan diantaranya: lintas.me, bookmarkindonesia.com

Mekanismenya sederhana, kita bisa menyimpan URL blog/ website atau URL artikel blog milik kita ke situs social bookmarking, yang harapannya pengguna yang lain akan tertarik dengan berita yang kita bookmark dan ujung ujungnya mengunjungi blog/webiste kita.

6. Meningkatkan Pengunjung via Social Media

Kalau ada yang bilang sekarang jamannya social media, itu benar. Bukan saja pertumbuhan pengguna media sosial yang terus meningkat secara signifikan tapi juga banyaknya bisnis yang tumbuh karna media ini.

Potensi trafik yang bisa dihasilkan dari social media cukup besar bagi pemilik website atau Blog. Bahkan jika dibandingkan dengan SEO,  media sosial bisa lebih cepat mendapatkan perhatian netter. Meskipun sisi negatifnya, jumlah traffic yang datang tidak akan konsisten seperti SEO.

Itulah sebabnya mengapa banyak bisnis mengalami peningkatan profit lebih cepat setelah mereka mengoptimalkan media sosial untuk bisnis mereka.

Menurut saya setidaknya ada beberapa media sosial yang wajib dimaksimalkan yakni facebook, twitter, Google plus, Youtube, Linkedin (tema bisnis) dan Pinterest (infografis)

7. Meningkatkan Traffic Melalui Forum

Forum bukan saja menjadi tempat mencari inspirasi dan ide tapi juga bisa menghasilkan traffic yang besar dari sini. Ada banyak situs atau forum yang mengizinkan penggunanya untuk menempatkan link didalam thread atau memberikan signature di setiap artikel.

Yang perlu diperhatikan adalah menjaga nama baik didalam forum tersebut. Perhatikan rules do and don’ts serta jangan membuat thread yang tidak berguna yang justru malah menjatuhkan reputasi website anda.

Bagaimana jika ada forum yang tidak mengizinkan Link?

Memang ada beberapa forum yang tidak mengizinkan kita untuk membuat backlink, jangan langgar aturan tersebut. Tapi siasati dengan strategi copywriting yang baik dan menempatkan nama brand / domain anda diawal serta akhir postingan.

Beberapa forum populer yang saya rekomendasikan forum.detik.com, kaskus.co.id, bersosial.com, dan forum.kompas.com

8. Meningkatkan reputasi lewat Guest Posting

Saat ini semakin banyak blog yang memberikan ruang bagi pembacanya untuk ikut serta mengirimkan tulisannya. Tentu ngak ketinggalan memperbolehkan kita untuk menaruh link didalam konten. Manfaat secara SEO jelas akan meningkatkan reputasi untuk kata kunci tertentu dan meningkatnya refferal trafik dari blog tersebut.

Yang perlu kita perhatikan adalah tulislah artikel yang sesuai dengan kriteria blog / website yang mereka tentukan. Berilah konten yang memang berbobot atau berkualitas.

Beberapa tempat dimana kita bisa membuat artikel dan menaruh link yang saya rekomendasikan; Satujam.com, nyunyu.com, kompasiana.com ataupun media warga lainnya.

B. Meningkatkan Traffic Blog / Website dengan cara berbayar

Cara alternatif selain cara gratis sudah tentu cara berbayar. Meningkatkan pengunjung website dengan cara berbayar umumnya menjadi hal paling instant dan paling digemari agency digital marketing. Tapi yang perlu diwaspadai adalah jangan jor-joran tanpa manajemen yang baik, kalau itu sampai terjadi dipastikan kantong anda akan jebol.

9. Iklan di social Media

facebook menjadi favorit dalam meningkatkan pengunjung website yang paling efektif karena nilai konversinya cukup baik. Metode iklan di social media pernah dimanfaatkan suara.com dan merdeka.com untuk menggenjot traffic dan alexa rank mereka.

Di facebook Ads kita bisa memilih target audiens yang paling sesuai dengan kategori yang kita butuhkan, inilah yang akan mempengaruhi efektivitas iklan yang kita pasang.

Berdasarkan pengalaman saya baik untuk riset maupun campaign, memasang iklan di Facebook Ads cukup mudah dilakukan. Kita bisa mengatur budget yang ingin kita keluarkan, bisa untuk per impression ataupun per klik iklan. Yang menarik adalah anda bisa mengatur demograpi audiens berdasarkan interest, umur , dan bahkan lokasinya.

 10. Memasang Iklan di PPC yang tepat sasaran

Sebenarnya banyak penyedia layanan PPC tapi yang terpopuler tentu milik Google. Atau kita kenal juga dengan Google Adwords. Adwords memiliki jaringan pengiklan dan publisher dengan jumlah yang terbesar diseluruh dunia, termasuk di Indonesia.

growth hacking dengan adwords

Keunggulan Google adwords ini sangat ideal untuk mereka yang memiliki budget berlebih mulai dari tahap awareness hingga tahap closing seperti iklan iklan marketplace yang sedang ramai saat ini. Sementara untuk memiliki budget terbatas pun tidak kalah efektif. Karna Google Adwords sangat cocok untuk produk yang berkategori “Needs” alias yang Ikan nya sudah jelas.

Anda bisa menyesuaikan iklan PPC dengan startegi pemasaran bisnis lokal.

11. Memasang iklan di situs iklan baris online

Sebenarnya banyak situs iklan baris yang memberikan ruang iklan baris secara gratis, tapi saya cenderung merekomendasikan yang berbayar karena biasanya lebih memiliki reputasi dan jelas berdampak pada bisnis anda. Jauh lebih baik dari yang gratisan.

Anda bisa memilih pasangiklan.co.id atau iklan baris di detik.com yang memiliki jutaan pembaca.

C. Meningkatkan Traffic Website secara non-Organik

Mendapatkan traffik Non-organik berarti kita berbicara tentang 3 channel selain organic visit, yakni: Refferal, Direct, dan Paid. Nah ketiga hal diatas rupanya bertumpu pada kekuatan konten.

Kenapa konten?

Sebab kalau SEO masih memungkinkan eksis dengan konten yang abal-abal tapi kalau ketiga channel diatas mutlak diperlukan konten yang berkualitas supaya pengunjung bisa meningkat bahkan bisa sampai membantu SEO. Sebab pengunjung memberikan backlink untuk tulisan kita

12. Tingkatkan Engagement dengan eMail Marketing

Strategi konten apakah itu branding ataupun sales, mutlak dikuasi untuk yang memilih cara email Marketing. Bukalapak dan Hijup, keduanya memanfaatkan hal ini untuk meningkatkan engagement dengan member mereka. Tujuannya membangun kedekatan (engage) dan sales. Tentu juga dengan retensi kunjungan.

email roi

Berdasarkan penelitian yang dilakukan HelpScout, peran email marketing sanggup memberikan ROI lebih dari 2x lipat dibandingkan dengan iklan lainnya.

Oleh sebab itu memiliki email list sangat penting. Jauh lebih penting daripada follower dan like di social media. email marketing / list memiliki keuntungan yang besar dan berikut alasan;

  • Memberikan ROI 2X lipat lebih besar dan tingkat konversi tertinggi
  • Email ter-filter oleh algoritma (Facebook)
  • Email tertutupi oleh update dari orang lain (Facebook & Twitter)
  • Pengguna email jarang mengganti email
  • Pengguna email selalu membuka email secara rutin

 

Penyedia email marketing yang populer untuk digunakan: MailChimp (Gratis 2000 email pertama), GetResponse (Gratis sebulanpertama).

Hasil dari metode email marketing yang dipadukan dengan konten marketing, bisa dilihat dibawah ini.
cara menginkatkan waktu kunjungan web

Yang saya lakukan adalah mengubah konten dari waktu ke waktu untuk menghasilkan nilai (value) maksimal. Indikatornya adalah jumlah kunjukan (web traffic), lama waktu kunjungan, bounce rate hingga jumlah halaman yang dibuka (page per visit).

13. Sediakan Konten Awareness & Intent (berpotensi Viral)

Tidak semua jenis konten sama. Ada yang berpotensi viral ada yang tidak bisa viral sama sekali, biasanya karena topiknya lebih serius.

content-marketing-stage-funnel

Gambar diatas adalah schema content marketing funnel yang menjelaskan perbedaan jenis konten untuk setiap stage/tahapan. Tipe artikel yang mudah viral adalah Content Role: Awareness dan Interest. Semakin kekiri semakin mudah viral.

Misalnya untuk Role: Awareness dan Model Content: Round up list. Contoh article yang bisa kita buat adalah

5 Perusahaan fintech P2P Lending terbaik di Indonesia berdasarkan jenisnya

14. Kenali kebiasan pengunjung website

Analisa kebiasaan pelanggan juga jadi fokus utama.

Misalnya untuk studi kasus Bukalapak: Ketika mengetahui tentang statistik uninstall aplikasi mobile, kemudian dipersiapkanlah strategi khusus untuk mengatasi hal tersebut. Seperti pembuatan code diskon khusus bagi pengguna smartphone.

Kebiasaan analisa ini juga memungkinkan kita untuk menciptakan fitur khusus lainnya, seperti fitur widget yang memungkinkan Bukalapak menjaring 3 keuntungan sekaligus;

  1. Popularity link untuk SEO,
  2. refferal visit, dan
  3. Membantu pelapak untuk menjual produknya lebih mudah.

15. Jalin hubungan dengan Komunitas

Teknik-teknik di atas itu sebenarnya untuk menjalin hubungan dengan calon pembaca, atau istilahnya audience. Bukalapak dan Hijup memanfaatkan kerjasama dengan komunitas yang sejalan baik visi maupun jenis produknya.

Misalnya, Bukalapak identik dengan sepeda, maka jalinlah hubungan dengan komunitas sepeda.

Dan agar kesannya positif.

Hati-hati sewaktu menjalin hubungan, karena kalau sampai dianggap sebagai pengganggu maka anda akan diabaikan bahkan brand yang akan anda bangun pun bisa terkena imbasnya. Artinya anda kehilangan potensi bantuan yang berharga.

16. Optimalkan Format Judul

Sebenarnya judul artikel memang tidak memiliki pengaruh langsung terhadap lama waktu baca akan tetapi hal ini adalah faktor krusial dalam mendatangkan klik atau para pembaca. Tehnik ini pun yang diterapkan dalam meningkatkan trafik blog / website pada email marketing.

 

membuat judul yang provokatif

 

Bagaimana judul dibuat dengan model round up list? dan berakibat kita harus menulis panjang

Taukah anda, menurut data Medium, sebuah artikel yang paling banyak dibaca pada media online rata-rata memiiki 1.600 kata.

Ada yang menyarankan untuk tidak menulis artikel terlalu panjang media online karena pembaca online lebih mudah bosan.

Tapi menurut saya..

Terlepas dari kualitas konten, semakin panjang artikel maka semakin lama waktu pembaca di media tersebut. Plus dari kacamata SEO, semakin panjang sebuah artikel maka semakin bagus karena memiliki banyak kata kunci yang dapat ditemukan pembaca lewat mesin pencarian.

Nah, dalam tehnik pembuatan judul saya ada sedikit referensi dari Copyblogger, konsep 4U dalam menulis Headline:

  1. USEFUL – Bermanfaat bagi pembaca
  2. URGENSI – Menandakan pentingnya tulisan yang sangat mendesak
  3. UNIK – Menyajikan tulisan yang unik dengan perbedaan sudut pandang.
  4. ULTRA SPESIFIK – Judul yang menjelaskan sangat detail

17. Optimalkan Gambar

Trend penggunaan gambar sudah berubah, kalau dulu kita anti dengan gambar besar sekarang tidak lagi. Koneksi internet semakin baik. Alhamdullilah.

Menampilkan gambar besar (full-width) dan relevan dengan konten akan membuat pembaca lebih lama memproses konten. Tak heran website yang terkenal dengan kontennya seperti buzzfeed.com dan upworthy.com sering menampilkan gambar besar.
optimasi konten untuk seo

Grafik di atas menunjukkan waktu rata-rata kunjungan yang cenderung meningkat setelah menambahkan gambar pada konten yang saya buat. Mengoptimalkan gambar dari sisi SEO yakni mengisi kolom ALT dan TITLE sementara untuk posting artikel diwajibkan untuk Gunakan minimal 1 gambar untuk meningkatkan klik.

Alasannya sederhana, orang-orang di social media lebih suka melihat gambar daripada melihat tulisan.

more-engaging-Facebook-page-image-posts

Dibandingkan teks, foto di Facebook mendapat lebih banyak like dan comments. Bedanya juga cukup jauh.

Karena mengupload gambar untuk konten tidak memakan waktu lama, jadi jangan lewatkan peluang meningkatkan traffic yang besar hanya karena sedikit malas.

D. Meningkatkan Pengunjung Website dari Traffic Organic

meningkatkan pengunjung website organik

meningkatkan pengunjung website organik

Pada hakekatnya, Google (mesin pencari) hanya salah satu channel traffic bagi pemilik webiste. Sama seperti facebook, twitter, youtube dan lainnya.

Tapi perbedaan mesin pencari dibandingkan yang lainnya..

..sebab organic traffic ini terus miners berkelanjutan dan kualitasnya tinggi karena netter yang mencari (desire).

Seperti yang sempat saya singgung diatas, ledakan traffic dari non-organic meskipun besar dan cepat namun waktunya sangat singkat.

Jadi proses meningkatkan traffic secara organik seperti ini:

Traffic organik bertujuan menaikkan peringkat di mesin pencari. Maka dibuatlah / mendapatkan backlink yang berkualitas, sehingga website mendapatkan traffic jangka panjang.

18. Siapkan Keyword dengan Search Volume Besar Sebagai jangka Panjang

Untuk website yang masih memiliki domain authority kecil tentunya berbeda dengan yang sudah memiliki popularitas. Sebagai bagian dari strategi growth hacking saya menerapkan keyword dengan search volume besar sebagai jangka panjang. Alasannya;

  1. Keyword dengan search volume besar umumnya memiliki persaingan yang berat
  2. Keyword dengan search volume bear umumnya keyword generic/general yang akan tercapai dengan sendirinya ketika keyword yang spesifik sudah terpupuk.

Tapi jangan sampai kita mentargetkan keyword yang tidak ada pembacanya, karena itu lakukan hal ini saat ingin membuat artikel baru:

  1. Tentukan topiknya
  2. Masukkan katakunci yang terkait dengan topik ke Google Keyword Planner (GKP)
  3. Temukan kombinasi kata yang volumenya paling besar dan jadikan judul maupun sub-topik.

Andaikata anda ingin membuat artikel seputar melamar kerja

Lalu kita ambil salah satu kata kuncinya, yakni “CV” dan

Masukan kata kunci tersebut ke GKP.

Meningkatkan pengunjung blog

Meningkatkan pengunjung blog dengan Google keyword planner

Dengan GKP kita bisa mengkonfirmasi, adakah yang mencari topik tersebut dan dari data diatas pula ternyata banyak kombinasi kata yang bisa kita maksimalkan. Baik sebagai bahasan sub-topik atau hanya sebagai katakunci yang dimaksimalkan jumlahnya.

Gunakan katakunci diatas untuk;

  1. Body konten / artikel
  2. Judul artikel
  3. Meta description

19. Kumpulkan keyword spesifik untuk trafik instant dan mendominasi long tail

Kalau kita ambil dari contoh diatas, ada 3 keyword yang nilainya dibawah puluan ribu. Keyword turunan tersebut bisa kita dahulukan untuk mendapatkan traffic instant, namun jika dirasa cukup berat kita bisa mencari lagi keyword yang lebih spesifik.

Misalkan kita memakai kata kunci “Cara membuat CV”

Masukan ke Google dan akan kita temukan suggestion dari Google.

meningkatkan pengunjung blog dengan keyword spesifik

meningkatkan pengunjung blog dengan keyword spesifik

Atau jika anda ingin kata kunci spesifik yang lebih banyak, anda bisa memanfaatkan tools :  Keywordresearcher

20. Bangun Konten yang berpotensi mendatangkan backlink

Konten adalah produk yang kita jual ke konsumen, bentuknya bisa berupa teks, gambar atau video. Tapi semua kembali pada tujuan membangun website atau blog, apakah hanya sekedar tempat curhat, tempat berpuisi, atau dijadikan sebagai lahan bisnis di internet.

Berangkat dari tujuan tadi kita bisa mengukur dan merencanakan konten seperti apa yang berpotensi mendatangkan backlink dari pembacanya. Beberapa hal penting yang perlu dilakukan saat ingin membangun konten yang berpotensi viral;

1. Lupakan Kepadatan Kata kunci (Keyword density)

Pemakaian katakunci yang berulang ulang tanpa memperhatikan makna, dan dampak dari tulisan akan membuat pengunjung menjadi bosan. Padahal kalau pengunjung sudah datang, disitulah kesempatan kita untuk meningkatkan pngunjung ‘direct visit’, alih alih hanya mengandalkan search visit dan refferal visit. Kuncinya, gunakan katakunci sewajarnya.

2. Gunakan Kata Kunci Yang Relevan dan Sinonimnya

Sebagai penulis online saya yakin setidaknya anda pernah mendengar apa itu LSI / Latent Semantic Index. Anda bisa memanfaatkannya sebagai varasi kata agar tulisan tidak terkesan hambar, namun tetap bisa maksimal dimata Google. Dan bahan dengan memasukkan LSI sebagai variasi kata malah membuat konten semakin relevan.

Sebelum membangun artikel pun ada beberapa parameter yang bisa kita periksa sebelum ataupun setelah menulis;

  1. Original konten – Konten yang main ideanya baru dan bahkan menghasilkan sudut pandang baru.
  2. AVG Time On Page – Secara kuantitatf, indikatornya bisa berupa lamanya pengunjung membaca
  3. Topiknya harus bisa direkomendasikan atau sudah teruji. Untuk menguji dan riset topik kita bisa memanfaatkan Buzzsumo

21. Sediakan Link Asset dan Toolsnya

Bagi pelapak di Bukalapak mungkin pernah menggunakan atau mendengar fitur “Widget” dan “embed code” yang bisa ditaruh di forum forum. Keberadaannya berfungsi sebagai link asset.

Link Asset ini berfungsi memudahkan pembaca untuk menyebarkan / membangun link secara automatis. Peran kita hanya meng-edukasi ataupun memancing pembaca untuk membangun link untuk kita.

Contoh lainnya:

Artikel yang dilengkapi Gambar, Tabel statistik, Grafik dan Video

Keberadaan  Gambar, Tabel statistik, Grafik dan Video akan memancing pembaca untuk memberikan rekomendasi (link) dibanding artikel yang hanya isinya tulisan saja.

Hal hal yang bisa menjadi Link Asset;

  • Checklist, workbook, action list
  • Ezine atau eBook
  • Foto yang menarik
  • Infografis, audio, dan video
  • Data yang ditampilkan dengan grafik atau chart
  • Tools atau fitur unik.

22. Lakukan Link building berkualitas

Backlink adalah supplement agar website bisa maksimal di search engine. Bahkan tidak jarang backlink menjadi sangat penting sebab tingkat persaingannya berat.

Dalam usaha mendapatkan pengunjung dari search engine, backlink adalah kuncinya.

Kalau kita hanya mengandalkan link pasif (link earning)tentu akan sulit. Karenanya kita butuh Link building berkualitas alih alih kuantitas.

Link building berarti kitalah yang aktif mendapatkan backlink ke luar website, tidak menunggu secara pasif. Beberapa cara melakukan link building saya share di strategi meningkatkan ranking di Google.

Kesimpulan:

Sebelum merencanakan strategi meningkatkan pengunjung website kita perlu memahami situs kita sendiri, dengan begitu kita bisa meningkatkan traffik website secara efektif. Kedepannya bisa lebih bijak memilih mau meningkatkan pengunjung website secara gratis ataupun berbayar.

Hal hal yang juga penting dalam meningkatkan traffic website seperti; kualitas konten, sistem navigasi, site speed dan lain lainnya. Nah jika masih belum mengerti atau kesulitan, anda bisa menghubungi saya secara personal ataupun Biz.deerham.com

Strategi Pemasaran Bisnis Dengan SEO

Jika kamu termasuk yang ingin mengimplementasikan startegi pemasaran digital di bisnis kamu, maka mulailah dengan membuat website.

Lalu, “Bagaimana jika saya sudah punya website?

Tentukan, apakah website bisnis kamu termasuk yang membutuhkan traffic jangka panjang dan mampu menghasilkan PROFIT secara TERUS MENERUS?

Jika “iya” maka kamu perlu memaksimalkan website dengan Search Engine Optimization.

Mungkin kamu berniat untuk meng-implementasi-kan strategi SEO kedalam pemasaran digital, namun sayangnya tidak banyak yang benar benar mengerti bagaimana mengelola website dengan search marketing ataupun membuat forecasting dengan Google atau lainnya.

Untuk lebih mengoptimalkan promosi bisnis anda, baik skala global maupun skala lokal. Untuk itu anda dapat menggunakan jasa SEO terbaik dari Biz.Deerham.com

 

Anda dapat melakukan kontak untuk konsultasi gratis atau bahkan menentukan jadwal meeting jika ingin melakukan kampanye marketing online dan meningkatkan omset!.

” Apakah BIZ.Deerham dapat melakukan hal yang sama untuk bisnis saya? “

SEO-CTA

Arham
Arham
Bukan ustad, cuma seorang taubaters yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online dan melepas perilaku sekularisme. Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa brand untuk optimasi media online di Biz.deerham.com.