13 Strategi Pemasaran Bisnis Lokal dengan SEO

strategi_pemasaran_bisnis_Seo_lokal

Sebab, adalah suatu pemborosan untuk bisnis yang bersifat lokal, tapi mentargetkan jangkauan global.

Saat membangun strategi pemasaran 4P untuk bisnis lokal yang perlu dipetakan lebih dulu adalah Promotion (cara kita membangun konten website saat melakukan promosi), produk (karakter produk semisal warna, barang baru atau bekas dan sebagainya) dan Place (memetakan dimana saja konsumen kita berada) serta Price (jika konsumen anda tergolong price sensitive).

Nah, kalau anda seorang pemilik bisnis di suatu kawasan tertentu, anda bisa memanfaatkan Google untuk mendapatkan klien. Sementara tipe bisnis yang cocok dengan strategi pemasaran SEO lokal adalah:

  • Restaurant,
  • Layanan Hopitality atau hotel,
  • Layanan kebutuhan produk yang khas misalkan makanan khas daerah
  • Layanan kebutuhan jasa yang konsumen harus hadir ketempat anda, semisal; rental mobil/motor, barber shop dan sebagainya

Lalu pertanyaannya apakah bisnis anda membutuhkan pemasaran SEO lokal?… Kalau bisnis atau klien anda termasuk kedalam poin poin diatas, maka jawabannya.. sangat perlu

Sekarang ini, kalau kita ingin mencari misalkan penginapan di bali, maka query “hotel di Bali” di Google adalah hal pertama yang terpikirkan. Begitu juga untuk layanan yang lainnya.

Optimasi Strategi Pemasaran Produk Dengan SEO Lokal

Apa itu SEO lokal?

SEO lokal atau local SEO adalah upaya memaksimalkan website bisnis anda di mesin pencari untuk pencarian lokal yang ditandai dengan nama wilayah geografis didalam kata kunci tersebut.

Seperti contoh yang saya sebutkan diatas, optimasi kata kunci untuk seo lokal akan melibatkan nama wilayah geografis didalamnya seperti, “Jasa SEO Jakarta”, “Barber shop Bandung”, “cafe unik di Bandung” dan lain sebagainya.

Strategi pemasaran bisnis SEO lokal memiliki sedikit perbedaan dengan pemasaran SEO global atau kampanye SEO kebanyakan. Seperti hasil penelitian yang Moz lakukan.

local ranking factors

Hal hal yang mempengaruhi pemasaran SEO lokal dari Moz

 

Tetapi konsep pemasaran dari SEO lokal juga tidak menutup peluang yang menjanjikan bagi anda pemilik bisnis yang berbasis secara online untuk mendatangkan klien lebih banyak. Berikut ini adalah contoh bisnis yang telah memanfaatkan pemasaran SEO lokal di Indonesia.

 

strategi pemasaran SEO lokal

contoh bisnis yang sudah memanfaatkan SEO lokal .”Barber shop di bandung”

 

Gambar (kotak biru) menandakan hasil pencarian lokal untuk “Barber shop di bandung”. Saat ini baru bisnis properti seperti hotel dan usaha premium yang memaksimalkan SEO lokal.

Pemanfaatan SEO lokal tidak tertutup hanya penunjukan GEO Location tapi juga memaksimalkan branding seperti testimonial, ulasan restaurant dan sebagainya.

Sekarang bayangkan jika anda punya usaha pet shop dan nama usaha anda muncul beserta rating, foto, geo location dan review / ulasan positif dihasil pencarian Google. Tentu SunnatullahNya, pencari akan lebih memilih anda dibandingkan yang tetap dijalur konvensional. Betul?

13 Tehnik Pemasaran Bisnis Lokal

Pada dasarnya, semua teknik SEO secara umum memiliki kesamaan, jadi baik yang umum maupun yang lokal memiiki ketetapan dasar. Tetapi untuk SEO lokal ada beberapa tambahan pada bagian optimasi on-page. Berikut adalah cara bagaimana melakukan bisnis lokal dengan SEO:

1. HTML Markup untuk Bisnis Lokal

Optimasi HTML alangkah baiknya dilakukan sebab hal ini yang menjadi pembeda plus membantu website Anda dikenali google. Untuk yang mengerti HTML bisa melakukan pembenahan sendiri dengan mensertakan markup untuk bisnis lokal berdasarkan Schema.org.

Atau jika anda tidak paham harus memulai dari mana, bisa meminta jasa SEO dari digital marketing agency untuk mengoptimalkan SEO onpage.

 

2. Sertakan Nama Wilayah Geografis di Tempat Terbaik

Karena dalam strategi pemasaran SEO lokal sangat mengacu pada wilayah geografis, maka lokasi bisnis anda menjadi kata kunci yang signifikan dan sangat berpengaruh. Maka dari itu, sertakan kata kunci geografis dalam judul halaman dan meta description anda.

Untuk memperkuat kata kunci geografis kita bisa menyertakan nama bisnis, alamat, deskripsi bisnis dan nomor telepon di setiap halaman website.

Sementara untuk penempatan identitas bisnis agar mencangkup semua halaman bisa diposisikan pada bagian footer, sebab penempatan dibagian bawah sudah umum sehingga memudahkan pengunjung. Atau bisa kita tempatkan pada bagian atas / header selama tidak menggangu navigasi website.

Optimasi nama wilayah semisal nama kota bisa dapat lebih maksimal apabila ditempatkan pada judul artikel. Jika memungkinkan sertakan juga nama wilayah geogarfis pada URL dan konten yang disesuaikan dengan konsep Latent Sematic Index.

LSI-manfaat-kopi

Contoh latent semantic index untuk manfaat kopi

Untuk yang memanfaatkan strategi blog marketing, sementara bisnis anda memiliki beberapa lokasi, anda bisa membuatkan kategori berdasarkan nama wilayahnya.

 

3. Manfaatkan Social Media

Meskipun sebenarnya tidak memiliki dampak langsung untuk SEO lokal, tapi untuk peluang usaha memasarkan bisnis lokal tetap dapat dimaksimalkan. Jejaring sosial seperti Facebook juga menyediakan fitur Fanpage untuk bisnis anda yang bisa kita SEO kan.

Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat halaman tersendiri bagi bisnis anda. Anda juga bisa memasukkan identitas bisnis di halaman Facebook fan pages. Pastikan untuk menggunakan fan pages alih alih personal yang membuat usaha anda terkesan kurang professional.

Selain status di Facebook, ada Tweet di Twitter, dan Pin di Pinterest bisa terindeks oleh Google. Jadi, ketiganya bisa jadi “referensi kutipan luar” yang ikut mempengaruhi peringkat anda dan membangun awareness publik.

4. Review & Rating di Google Bisnisku

Dahulu namanya Google Place, kini Google pun menyertakan Google Bisnisku atau Google My Bussines sebagai pelengkapnya. Google Bisnisku adalah layanan untuk pemilik bisnis agar bisnisnya lebih mudah untuk ditemukan di hasil pencarian.

Manfaat Google Bisnisku adalah memberikan eksposure yang lebih, misalnya menunjukkan bisnis anda beserta foto, review, dan lain-lain.

Google Bisnisku

Dan untuk mendapatkan manfaat ini anda perlu lebih dulu mendaftar di www.google.co.id/bisnisku. Cek terlebih dahulu nama bisnis anda, apabila sudah ada berarti anda cukup mengklaim atau bahkan menambahkan informasi yang sudah ada.

Nah, kalau belum ada berarti anda perlu mendaftarkan identitas bisnis. Setelah pendaftaran biasanya akan ada moderasi dari pihak Google, sehingga bisnis anda belum tentu langsung muncul di hasil pencarian lokal.

Ada beberapa indikator yang menentukan moderasi Google, salah satu yang terpenting adalah rujukan atau kutipan luar dari website lain. Yang menunjukan bahwa website bisnis anda benar benar nyata.

Sambil moderasi berjalan, anda bisa coba mendaftarkan web bisnis anda di situs situs direktori bisnis online. Dan salah satu direktori bisnis yang wajib adalah Yellow Pages.

Bagaimana jika bisnis saya sudah terdaftar?

Kalau sudah terdaftar ini berarti saatnya anda mengoptimalkan efek persuasif dan membangun branding dari fungsi review dan rating.

Perlu anda ketahui bahwa yang mendaftar di Google bisnisku semakin banyak setiap harinya oleh karna itu Google melakukan pengurutan berdasarkan yang – dianggap – terbaik.

Review dan rating akan ditampilkan dalam hasil pencarian berupa bintang. Jika semakin tinggi rating bisnis anda maka semakin tinggi pula peluang untuk ditampilkan oleh Google sebagai yang teratas.

Selain itu, calon klien biasanya akan memilih bisnis yang review-nya paling baik.

Untuk membangun branding yang maksimal dari fitur review, ada beberapa indikator yang perlu anda perhatikan:

 

  1. Kuantitas. Semakin banyak jumlah bintang dan review yang anda dapatkan, akan semakin baik.
  2. Konsistensi, Jumlah memang penting namun kualitas akan lebih menentukan. Faktor kualitas ditentukan dari konsistensi seberapa sering anda mendapatkan rating atau review, Jika bisnis anda mendapatkan 20 review pada waktu singkat, kemudian menurun drastis tentu akan membuat curiga Google.
  3. Diversifikasi. Atau keragaman isi konten, sebab akan aneh jika bisnis anda mendapatkan review dari beragam sumber namun semuanya memberikan bintang 5 dan isi ulasan yang sama.
  4. Fresh. Sesekali anda perlu melihat ulasan review bisnis anda. Review dan rating yang paling update akan lebih bernilai lebih dibandingkan yang kuantitasnya banyak namun sudah berbulan bulan lalu

 

Dari keempat faktor diatas, bisa kita simpulkan jangan membuat ulasan atau review palsu, atau mencurangi algoritma Google. Hindari hal-hal tersebut agar nama baik bisnis anda terjaga dan bisa mendapatkan banyak manfaat dari Google Bisnisku

 

5.Kampanye Iklan dengan target local

peluang pemasaran bisnis lokal dengan iklan ppc

Dengan iklan tertarget lokasi seperti PPC adwords dan facebook, bisnis lokal anda akan terekspose secara efisien

Salah satu cara paling cepat dan efisien untuk mengendalikan target, visitor lokal ke situs Anda adalah membangun kampanye iklan dengan target lokal. Jangan lupakan juga dengan tehnik gaya bahasa / konten karna hal ini akan mendekatkan brand anda pada konsumen.

Cara yang bisa kita gunakan diantaranya, Jasa iklan Pay Per Click dan iklan baris maupun facebook ads, setidaknya untuk kebanyakan webmaster ketiga hal tersebut merupakan opsi terbaik.

6. Manfaatkan Yellow Pages

Strategi pemasaran jasa dan produk di yellow pages

Manfaatkan direktori Yellow Pages Indonesia untuk strategi pemasaran jasa dan produk

 Boleh jadi anda berpikir tidak ada orang yang mau membaca daftar direktori online, namun tidak demikian adanya. Bahkan Google Bisnisku pun membutuhkan rujukan luar yang kredibel semacam Yellow Pages.

Cobalah keberuntungan Anda dengan direktori lokal, halaman kuning atau kita kenal dengan Yellow Pages adalah tempat pertama yang kita tuju jika mencari vendor lokal untuk produk tertentu.

7. Review & Testimonial dari Rujukan Luar untuk Startegi Branding

Cobalah keberuntungan anda dengan membangun review atau testimonial di website luar. Penerapannya seperti membangun rujukan luar namun tentunya tetap meng-ikut-kan kata kunci wilayah geografis untuk optimasi konten.

Sudah mahfum kalau review atau ulasan positif yang bersumber dari tempat lain akan lebih dipercaya dibandingkan jika anda menyebut nyebut di website sendiri.

Beberapa tips strategi pemasaran bisnis lokal yang bisa anda lakukan;

  1. Membuat quiz atau kontes sederhana berupa review bagi para Blogger
  2. Hubungi klien lama yang puas dengan hasil kerja anda
  3. Endorsment dengan memberikan hadiah atau produk ke tokoh berpengaruh.
  4. Sertakan nama orang populer di website Bisnis anda, kemudian beritau mereka bahwa anda mengikutsertakan nama mereka dalam web bisnis anda.
  5. Memanfaatkan jasa Biz.Deerham.com untuk penerapan startegi branding pada website luar,

… dan masih banyak cara kreatif lainnya.

8. Halaman Terpisah untuk Lokasi yang Berbeda

Apabila anda mempunyai bisnis lokal di beberapa lokasi berbeda, hal ini akan membuat pekerjaan tambahan.

Tentu akan sangat sulit dan butuh biaya ekstra jika harus mengoptimalkan seluruhnya. Anda tidak bisa memiliki beragam frase kunci seperti “rental mobil bali, surabaya, bandung, jakarta”.

Untuk kasus yang seperti ini solusinya adalah memisahkan tiap kota dengan halaman, jadi satu kota memiliki satu halaman. Misalkan anda memiliki jasa rental mobil didua lokasi, maka implementasinya;

Halaman 1: “sewa mobil murah di bali”
URL hlm 1: Domain.com/sewa-mobil-bali.html

Halaman 2: “rental mobil premium di jakarta”
URL hlm 2: Domain.com/rental-mobil-jakarta.html

9. Optimasi untuk Mobile

Di era mobile sekarang ini lebih dari 90% pencarian lokal dilakukan dari perangkat mobile (HP, tablet)

Lebih dari 90% pengguna mobile mencari bisnis lokal

Oleh sebab itu tak heran kalau Google memprioritaskan website yang mobile-friendly.

Bahkan bukan hanya sekadar memprioritaskan tapi juga kalau website anda tidak ramah untuk perangkat mobile maka calon klien pun akan kesusahan untuk mendapatkan informasi. Sehingga kemungkinan besar peluang sales akan berkurang bahkan hilang.

Jika anda telah membuat website yang mobile friendly, pastikan juga untuk melakukan Google page speed test. Untuk memastikan website mobile anda memang sudah cukup layak.

Mengingat membuat website responsif sekarang tidak sulit, jadi sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak menyertakan website yang bersahabat dengan mobile dalam strategi pemasaran bisnis lokal anda.

10. Terapkan startegi Content Marketing

content-marketing-stage-funnel

Gambar diatas adalah schema content marketing funnel yang menjelaskan perbedaan jenis konten untuk setiap stage/tahapan.

OK..saya punya usaha rental mobil di bali…

…Hhhmm topik apa yah, yang saya mau bahas? trus gimana cara bahasnya  

Pemilik bisnis lokal biasanya akan kesulitan menemukan topik untuk dibahas dan bagaimana cara menyajikan kontennya.

Untuk itu anda bisa menyiapkan terlebih dahulu topik konten kemudian cara mengulasnya berdasarkan “content example” sesuai gambar diatas sehingga anda tetap bisa fokus mencantumkan nama wilayah tanpa terkesan aneh atau dipaksakan.

Saat memanfaatkan tabel diatas, perlu diketahui semakin ke kiri model konten yang dibuat (awareness) maka konten akan semakin besar kemungkinan untuk di share.

 

11. Backlink dengan nama lokasi sebagai anchor text

Sama dengan penerapan SEO pada umumnya, link dari luar menuju website anda juga menjadi faktor yang penting.

Berbeda dengan praktek SEO dalam bahasa inggris, penggunaan bahasa Indonesia tidak akan menemui kesulitan berarti saat membuat backlink organik dengan nama wilayah geografis lokasi sebagai teks dasar,

Umumnya variasi beberapa keyword dengan nama wilayah geogarfis akan terasa alami, misalnya, “restoran unik bandung”. Keyword tadi bisa dimasukkan ke kolom komentar pada blog yang disertai cpde HTML.

Apabila blog tersebut memberikan dofollow untuk link keluar, maka Anda mendapatkan link dengan bobot lebih baik, sementara jika nofollow anda tetap mendapatkan sebuah backlink dengan teks dasar yang dapat membantu SEO.

Baca juga panduan membangun diversifikasi link profile sederhana untuk strategi pemasaran online anda.

 

12. Riset dan Monitoring untuk keyword lokal

Melakukan keyword riset tidak hanya diawal tapi, sesekali memeriksa volume pencarian keyword Anda saat ini adalah ide yang sangat baik.

Karena pergeseran trend dalam volume pencarian cukup khas.

Tidak jarang keyword yang awalnya sedemikian populer, harus bersaing dengan keyword baru. Hal ini karena pelanggan sudah mulai menggunakan frase pencarian lain.

Contohnya:

“rental mobil di bali” yang bersaing dengan “rental mobil di ubud”

Beberapa tools dapat anda manfaatkan untuk mencari petunjuk mana keyword yang bekerja dan mana yang tidak termasuk menemukan keyword baru. Yang terkadang belum memiliki pesaing namun sudah banyak permintaan didalamnya.

Beberapa tools yang bisa anda manfaatkan, misalnya

KeywordTool.io adalah tool yang berfungsi untuk mendapatkan keyword turunan dari keyword utama yang anda masukkan berdasarkan Google Suggest.

Ubbersuggest, serupa dengan keywordTool.io yang memberikan kita banyak rekomendasian keyword turunan. Saya pribadi lebih suka dengan keywordTool.io dan menjadikan Ubbersuggest sebagai sarana alternative saja.

GKP, Google Keyword Planner. Setelah bereksplorasi dengan kedua tools pertama langkah selanjutnya adalah mengkonfirmasi berapa besar volume pencarian dari keyword yang sudah kita gali dikedua tools pertama. (Tutorial GKP akan kita bahas dilain kesempatan)

13. Strategi Pemasaran dengan Blog Bisnis

 peluang usaha pemasaran bisnis lokal

Manfaatkan blog untuk peluang usaha pemasaran bisnis lokal

Di era sekarang ini rilis ribuan bahkan jutaan konten perharinya, maka dari itu bisnis-bisnis yang ingin mendalami dunia online untuk memperluas jangkauan sebaiknya memiliki blog yang relevan.

Google, sangat menyukai konten-konten yang informatif dan berguna bagi pembaca. Tentu hal ini sesuai dengan layanan yang dimilikinya.

Oleh sebab itu kalau anda punya website bisnis, gunakan atau buatlah fitur maupun sistem yang memungkinkan web anda memproduksi konten.

Dengan membuat blog maka orang-orang akan menyadari keberadaan anda melalui hasil pencarian di Google lewat konten konten yang anda rilis.

Keberadaan blog bisnis, selain bisa untuk menjangkau klien lebih banyak, juga bisa meningkatkan authority website usaha anda. Lewat eksistensi dan seberapa dalam anda mampu mengupas dan membahas suatu topik masalah.

Pemasaran Bisnis Lokal anda Sudah Maksimal?

strategi_pemasaran_bisnis_Seo_lokal

Tips sederhana memaksimalkankan pemasaran lokal untuk bisnis anda adalah suatu keharusan jika memang konsumen anda sebagian besarnya berasala dari wilayah sekitar atau harus visit langsung ketempat anda.

Mungkin sebagiannya sudah anda implementasi, namun sayangnya tidak banyak yang benar benar mengerti bagaimana mengelola website. Kemudian mengambil kesempatan yang menguntungkan dan menjanjikan dari “Bisnis lokal go online”.

Untuk lebih mengoptimalkan promosi bisnis anda, baik skala global maupun skala lokal. Untuk itu anda dapat menggunakan jasa SEO terbaik dari Biz.Deerham.com

Anda dapat melakukan kontak untuk konsultasi gratis atau bahkan menentukan jadwal meeting jika ingin melakukan kampanye marketing online dan meningkatkan sales!.

Arham
Arham
Bukan ustad, cuma seorang taubaters yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online dan melepas perilaku sekularisme. Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa brand untuk optimasi media online di Biz.deerham.com.