Lama rasanya saya ngak membahas internet marketing, terkhusus di segmen SEO. Berhubung belakangan ini saya bertemu beberapa klien yang bisnisnya (terasa) SEO saya jadi terpikir tuk membuat materi ini. Semoga bisa menjadi ibroh yang baik agar tidak mubadzir sewaktu menyiapkan perencanaan startegi SEO jangka panjang.

SEO dan Faedahnya

SEO atau Search Engine Optimation adalah cara untuk mengoptimasi sebuah situs agar berada di halaman pertama search engine ( seperti Google ) dengan keyword tertentu.

Sebagai contoh ketika Anda ingin mencari informasi tentang Perumahan Syariah di Google, Anda akan mendapatkan berbagai situs yang berkaitan tentang nasi goreng di halaman pertama, ini disebut situs yang relevan dengan keyword.
Faedah search engine untuk pengguna internet adalah mendapatkan informasi yang dibutuhkan sedangkan faedah untuk pemilik situs, Anda mendapatkan kunjungan (traffic) ke dalam website.

Tujuan SEO dari Perspektif Bisnis

A post shared by Deerham (@deerhampost) on



Karena simbiosis mutualisme diatas banyak website yang berlomba menduduki peringkat di halaman pertama Google dengan keyword tertentu sesuai dengan konten website tersebut.

Perlu diketahui, Google tidak hanya “menilai kelayakan” situs Anda untuk berada di halaman pertama Google dari home page atau halaman depan saja, tetapi di setiap halaman situs.
Untuk halaman yang berbeda, Anda bisa masuk di halaman pertama Google dengan keyword yang berbeda pula.

Tujuan dari SEO adalah membuat halaman situs Anda berada di halaman pertama Google dengan keyword yang relevan dengan isi situs Anda.

Tujuan dari melakukan SEO tentu saja untuk mendapatkan trafik dari mesin pencari itu sendiri. Kenapa orang mencari trafik?

Alasan umumnya adalah trafik itu mempunyai nilai komersil, atau potensi bisnis. Jadi orang menghabiskan waktunya belajar SEO sebagian besar dikarenakan oleh alasan ekonomi, yaitu mencari income dari websitenya.

Masalah terbesar dari orang-orang yang belajar SEO adalah mau cepat jadi master tapi tidak mau melalui prosesnya. Jika anda mempunyai cara pandang seperti itu, maka ada baiknya anda membuangnya, karena cara pandang seperti itu justru akan membuat anda berputar-putar di tempat.

Bagi pebisnis yang tentunya tidak ingin berlama lama belajar SEO tentu bisa menyewa jasa SEO<LINK> baik untuk sekadar SEO Audit ataupun untuk investasi jangka panjang.

5 Kesalahan Rutin Yang Biasa Dilakukan Pemula Saat Riset Kata Kunci SEO

A post shared by Deerham (@deerhampost) on



Berikut kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula saat melakukan Riset Keyword


Ahsan,, terus kata kunci yang seperti apa yang tepat yang sebaiknya kita pilih saat menentukan kata kunci agar tidak mubadzir waktu nantinya?

4 Panduan Sahih Memilih Kata Kunci Untuk SEO dan Adwords

Memilih Kata Kunci Untuk SEO dan Adwords

Bagaimana Kawan-kawan sampai disini sudah paham mengenai kata kunci seperti apa yang bisa kita pilih untuk webisite kita ? kalau belum, bisa konsultasi dengan saya di Biz.deerham.com