Tutorial SEO: Bagaimana Mendapatkan Featured Snippets di Google Search Tanpa Perlu Memahami Coding

pandauan cara featured snippet
 

Ya, kamu banyak ngak perlu memahami coding, seru kan!? ..karna memang sebenarnya untuk mendapatkan featured snippets sama sekali tidak diperlukan memahami coding semacam PHP, Phyton, Java ataupun HTML.

Menariknya jika kamu diberikan kursi istimewa featured snippets maka kamu akan berada di posisi paling awal alias #0 meskipun sebenarnya web kamu bukanlah peringkat satu (selama masih page one yah..)

Sekarang pertanyaannya

Apakah website Anda sering membahas tutorial? misalnya “cara memasak rendang“, “cara memakai hijab” dan sebagainya.

Coba deh Fitur “Featured Snippets in Search”!

 

Fitur ini bisa menjadikan traffic pengunjung kamu naik dan juga memberikan gengsi berbeda.

Google menyebutnya dengan Featured Snippets in Search. Keberadaan fitur ini sebagai salah satu fitur unggulan milik Google yang membantu penggunanya untuk secara CEPAT TEPAT menemukan jawaban apa yang dibutuhkannya.

Seingat saya fitur ini sebenarnya sudah cukup lama, tapi karna yang biasanya bertengger disana hanya wikipedia maka fitur ini jadi kurang menarik. Tapi sekarang berbeda blog ataupun web manapun bisa mejeng disini selama memenuhi kriterianya Google.

Kenapa Harus featured in search ?

Apa kelebihan featured in search ini buat si empunya web / blog ?

Kelebihan web atau blog yang mampu menguasai posisi ini jelas akan mendapatkan peluang trafik yang lebih tinggi, meskipun tetap dibawah adwords. Sementara dari segi effort membuat backlink ternyata juga ndak perlu ngoyo buat ngalahin si peringkat wahid.

Web Anda cukup masuk page 1 aja, karna nantinya Google secara algoritm akan menentukan web kita untuk menempati posisi 0 atau setingkat diatas peringkat 1 tadi. Dengan syarat, isi web kamu sesuai dengan kaidah dibawah ini…

Syarat pertama, dan sangat wajib adalah web kita sudah harus berada di halaman 1 Google untuk keyword yang di incar, seandainya ndak ada di halaman pertama ya percuma. Karena fitur ini cuma bisa dinikmati untuk mereka yang webnya sudah masuk jajaran ranking 10 besar.

Syarat kedua yakni Kualitas dan tehnik penulisan konten/artikel akan amat mempengaruhi kelayakan untuk dapat mendapatkan hak istimewa dari Google ini.

Ia, cukup dua aja jadi Anda ngak perlu risau. Foksu saja pada kedua point diatas.

Sekurangnya, saya menemukan 3 pilihan untuk membuat artikel kita lolos kualifikasi ‘Featured Snippets in Search’.

1. Tipe Artikel termasuk Tutorial ataupun How To. Jenis artikel ini umumnya memiliki panduan step by step nya sehingga bersifat numbering. Tipe artikel ini umumnya memiliki judul seperti “cara membuat anu”, “panduan mengelola anu”, dan lainnya.

pandauan cara featured snippet

Contoh “membuat rendang sapi” untuk tipe ini, usahakan konten Anda mengandung kata kata terkait keyword yang kamu bidik. Misalnya “Panduan memasak rendang sapi” lalu berikan bold atau headin tag (H2 atau H3).

Setelah itu, tepat dibawahnya buat paragraf yang bersifat list atau numbering (dalam syntax HTML biasanya menggunakan ol dan li), dan listing ini WAJIB ada.

Menurut berbagai sumber yang saya temukan, ada yang menggunakan tag ul dan li, ada yang ol dan li. Namun ada pula yang mengatakan tag ol dan li lebih powerfull.
2. Artikel dengan tipe yang menjawab pertanyaan dasar. Misalnya saja Anda bertanya “Apa itu SEO?” “SEO adalah” dan sebagainya.

featured-snippet-apa-itu-seo-deerham

Untuk tipe konten yang seperti ini, kita perlu membuat artikel yang dimulai dengan pertanyaan dan diikuti sebuah jawaban. Misalnya “Apa itu dirham” “Apa itu Investasi” dan sebagainya.

Usahakan kalimat tanya itu berada diatas sebagai judul dan tepat setelahnya buat jawabannya pada paragraf pertama.

 

3. Artikel yang mengandung tabel sebagai penyajian spesifikasi produk. Umumnya Artikel jenis ini biasanya digunakan untuk web teknologi, web produk dan lain sebagainya.

featured-snipet-tutorial-spesifikasi-pajeroSport

Pembuatan kontenya pun cukup sederhana, Anda bisa memulai artikel dengan beberapa kalimat pembuka yang kemudian diikuti tabel. Setelahnya cukup mengisi spesifikasi produk pada tabel tersebut.

Bagaimana, Paham kan?

Saya rasa caranya cukup simple dan ngak ribet, hanya perlu memahami gaya penulisan yang diinginkan Google untuk mendapat kursi istimewa dari google.

Jika bisnis termasuk yang sering membahas hal diatas tapi sepi pengunjung, maka kamu MEMBUTUHKAN TEROBOSAN!! Kamu butuh optimasi SEO untuk mendatangkan pengunjung. Kamu tertarik dengan SEO? silahkan berkonsultasi dengan tim kami

SEO-CTA

Arham
Arham
Pemuda Hijrah yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online dan melepas perilaku sekularisme. Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa bisnis salah satunya Digital Consulting Biz.deerham.comyang mengelola brand untuk optimasi media online.