Tips Sukses Menyusun Strategi Konten Pemasaran Digital

menyusun startegi konten pemasaran

Ada yang hanya mencantumkan beberapa postingan blog, ada pula yang menulis artikel tanpa peduli apakah ada crowdnya atau tidak. Kemudian langsung mempublikasikannya di website. Sebagian ada yang beruntung tapi tidak sedikit yang terpaksa menggantungkan bisnis online-nya pada “paid ads traffic“.

Mereka yang melakukan hal tersebut karena tidak ‘terlalu’ serius dan tidak membaca isi dari konten yang mereka tulis.

What – to post

Sebelum memulai membuat konten, yang perlu dilakukan adalah melakukan riset mengenai konten apa yang dicari dan seberapa dalam. Kemudian ada baiknya juga mengukur resources yang dimiliki, ini terkait dalam bentuk apa saja konten bisa kita buat. Selain teks ada video, infographic dan beberapa kemungkinan lainnya

Contohnya, sebuah media online dengan nich/topik kesehatan harus mengetahui betul tentang tren topik kesehatan dan setidaknya persaingan diranahnya. Disini dapat dilihat bahwa sangat penting bagi kita untuk menguasai materi yang sedang kita bawakan, materi apa yang akan kita bidik lebih dulu.

Apakah yang audiensnya besar? atau memilih membuat konten dengan sasaran pembaca yang detail terperinci? alias topik yang mengandalkan long-tail keyword.

Jika semakin besar target pasar yang ingin anda raih, maka akan semakin mahal biaya yang harus Anda keluarkan. Oleh karenanya harus semakin lebar pula konten yang Anda harus berikan.

Untuk yang berminat dengan gratisan, bisa mengandalkan dua tools berikut ini:

  • ubersuggest.org
  • keywordtool.io

Sesuai kebutuhan klien saya biasanya langsung menyarankan untuk membuat list break-down keyword lengkap, berisi puluhan-ratusan keyword longtail. Atau lebih baik lagi kalau klien sudah memiliki editorial plan, sehingga mudah menentukan topik apa yang ingin digarap lebih dulu.

Menyusun strategi konten pemasaran digital dengan fokus keyword long-tail, dimaksudkan untuk memperkuat keyword density. Untuk mengukur seberapa kuat keyword density website kita bisa dilihat di webmaster tool (Google Index – Content keyword).

Where – to post

Selanjutnya cari target pasar Anda, dan dimana mereka online? singkatnya dimana saja kita perlu mendistribusikan konten, serta jangan dilupakan bagaimana menariknya pengunjung dari website eksternal menuju website Anda. Disinilah salah satu pentingnya menyusun strategi konten pemasaran digital.

Akan lebih efektif bila memberikan konten yang sesuai dengan bahasa audiensnya walaupun hanya satu pesan. Selanjutnya, Anda perlu mentargetkan audience yang lebih spesifik dan lebih sempit lagi sehingga anda bisa menawarkan pengetahuan spesifik yang akan sangat berguna untuk target tertentu.

Saya biasa mengelompokan tempat dimana konten harus disebar, berdasarkan jumlah crowdnya kemudian baru relevansinya. Untuk menemukan tempat yang pas, kita bisa menggunakan beberapa tools misalnya; Google Display Planner dan Alexa.

Jika konten sudah bisa diterima audiens dan moderator, selanjutnya tinggal bagaimana menduplikasi. Jika hanya satu postingan artikel atau video itu bukan sebuah strategi pemasaran konten. Itu hanya usaha sia-sia yang tidak akan menghasilkan apa-apa.

Kalau Tidak Mampu?

Sekarang mari berandai andai. Andai kata untuk melakukan riset kita tidak cukup detail, ingin membayar konsultan atau spesialis pun tidak cukup dana. Apakah akan dipastikan gagal?

“Cukuplah Allah untuk (menolong) kami, dan Ia sebaik-baik pengurus (yang terserah kepadaNya segala urusan kami)”. ( A-li’Imraan 3:173 )

“Hasbunallah wa ni’mal wakil”

Kalau saya sih yakinnya enggak. Tidak perlu strategi yang tepat, tidak perlu perencanaan yang ideal dan semua yang terlihat running well. Cukup lakukan yang terbaik apa yang kita bisa, bukan yang terbaik menurut teori/kondisi ideal seharusnya. Cara yang ini sudah sering saya buktikan lho

Nah.. kembali pada ikhtiar

Mungkin Anda sebagai pemilik eCommerce atau menghandle website perusahaan sudah coba mengimplemetasikan beragam startegi pemasaran untuk website, namun sayangnya tidak banyak yang benar benar mengerti bagaimana mengelola website.

Untuk lebih mengoptimalkan promosi bisnis anda, baik skala global maupun skala lokal. Untuk itu anda dapat menggunakan jasa SEO terbaik dari Biz.Deerham.com

Anda dapat melakukan kontak untuk konsultasi gratis atau bahkan menentukan jadwal meeting jika ingin melakukan kampanye marketing online dan meningkatkan sales!.

Arham haryadi
Arham haryadi
Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa brand untuk optimasi media online di Biz.deerham.com.