Sulit Menentukan Nama Brand? Ini Dia Tips Memilih Nama Untuk Bisnis Anda

nama brand yang bagus
Kalau ingin dilihat, maka secara akademis langkah pertama adalah be unique or be different. Untuk membuat perbedaan dengan yang lain dapat dilakukan dengan mengoptimasi sebuah nama. Maksudnya brand, begitu juga dengan bisnis. Nama untuk sebuah bisnis harus menarik agar bisnis Anda terkenal dan membedakan bisnis Anda dengan kompetitor Anda.

Ternyata Beberapa pengusaha biasanya sering dipusingkan oleh hal pemilihan nama tersebut, dan kalau Anda termasuk salah satunya Inilah beberapa tips dalam memilih nama untuk produk atau usaha Anda.

1. Nama Sendiri

Mungkin Anda langsung mengingat perkataan lama ‘nama membawa keberuntungan’. Jangan malu untuk menggunakan nama sendiri untuk usaha Anda. Hal ini juga berkaitan dengan personal branding Anda sendiri. Beberapa tokoh yang memakai namanya sebagai nama perusahaan biasanya memodifikasi menjadi akronim sehingga lebih mudah diingat. Hawlett-Packard misalnya, adalah kepanjangan HP bisa menjadi salah satu contohnya.

2. Catchy

Berlainan dengan yang di atas, Anda bisa memakai nama yang menarik perhatian para konsumen saat mendengarnya. Anda bsia memilih nama yang menyenangkan untuk disebutkan dan didengar atau bahkan yang terdengar angker. Bukannya kita orang Indonesia suka yang serem serem.. Memilih nama yang catchy merek akan berpotensi menjadi pembicaraan karena namanya yang unik. Misalnya aja coba Anda gunakan nama “Terserah” untuk restoran yang mau Anda buat. Berkreasilah dengan nama merek sesuka hati Anda dan pastikan konsumen juga akan menyukainya.

3.  Relevan

“Pakai nama sendiri” atau “Catchy” masih merasa kurang cocok, coba carilah nama yang mempunyai relevansi dengan usaha Anda. Banyak usaha yang menentukan nama dengan menampilkan bidang atau tujuan dari usaha mereka secara eksplisit. keuntungannya selain membuat konsumen lebih mudah mengingat bidang usaha anda tersebut, Anda juga tidak perlu bercerita panjang lebar tentang fokus usaha yang Anda lakukan. Pemakaian kata “Airlines” adalah salah satu contohnya.

4. KISS: Keep It Short and Simple

Apabila relevansi bidang yang Anda geluti terlalu banyak istilah istilah yang kurang populer, tentu saja metode KISS akan sangat berguna. Kuncinya jangan memilih nama yang terlalu panjang, apalagi yang susah disebutkan. Ciptakan nama yang unik, tapi tidak terlalu abstrak karna hal ini bisa menjadi bumerang bagi Anda. Setidaknya yakinkan dari teman dekat anda, kalau nama band yang anda pilih tidak harus menatapi nama merek Anda untuk bisa menyebutkannya.

5. Google up

Oke, bagian terakhir ini bukan tips menentukan tapi langkah konfirmasi. Setelah menemukan nama yang tepat untuk produk Anda, kemudian carilah nama tersebut digoogle. Maksudnya agar tidak ada yang menggunakan nama tersebut selain pada bisnis Anda, khususnya akan lebih ringan dan tidak dipusingkan memilih nama domain untuk mulai memasarkan usaha anda via internet.

Ada tips lain? silahkan ditambahkan ..

Bobby Afif
Bobby Afif
25/02/91, S.Kom, Twitter : @bobbyafif, Phone : 085694523971, Depok.