Tips Krusial Cara Menaikan SEO yang Terstruktur dan Sistematis

cara menaikan seo

Sebuah website tidak bisa hanya dibuat cantik saja sebab ada hasrat dan syahwat menggebu gebu untuk eksis dan dilihat banyak netizen. Menurut rumusannya ada 3 medium penyumbang arus traffik; Paid ads, Konten Marketing, dan lewat menaikan Search Engine Optimization (SEO) website kita.

Cara terbaik untuk membuat banyak pengunjung datang ke situs Anda adalah dengan menggunakan search engine optimization, karena sampai saat ini jalur organic yang satu ini masih menjadi yang paling dominan untuk total traffik suatu website. Tapi biasanya kita akan terkendala sulitnya menyeimbangkan antara membuat konten yang menarik dan memastikan powerful dimata Google.

Berikut ini ada beberapa tips sederhana namun krusial untuk membantu Anda saat mengimplementasikan Search Engine Optimization. Menjadikan SEO sebagai suatu add value, bukan menjadikan SEO sebagai item yang semua penyedia jasa SEO bisa berikan dengan kualitas sama :

1. Memilih Kata Kunci yang Tepat

menentukan keyword

Mulailah memilih kata kunci yang tepat artinya Anda bisa menargetkan orang-orang yang akan mencari topik yang Anda kuasai pada website Anda.  Setelah Anda menemukan daftar kata kunci yang potensial, selanjutnya Anda bisa menggunakan alat seperti Google AdWords Keyword tool atau Wordtracker sebagai alat konfirmasi seberapa besar audiensnya.

2. SEO Copywriting

Selain menggunakan kata kunci dalam konten Anda, jangan lupa untuk menyisipkan juga dalam tag judul (title tags), heading tags, alt text, tautan internal (internal links), meta descriptions dan banyak lagi.

Tidak ada aturan yang jelas agar mendapatkan ‘density keyword’ yang paling optimal. Hal tersebut tergantung Anda menggunakan kata atau frasa yang dipilih, dan seberapa panjang teksnya. Gambaran kasarnya, pastikan kata kunci Anda berada di judul atau sub-judul halaman, dan muncul 2-3 kali dalam halaman tersebut.

Jadi intinya dengan melakukan riset kata kunci kemudian mengimplementasikan bersamaan dengan copywriting maka performa tiap halaman akan meningkat seiring juga dengan menyediakan fondasi untuk memperluas topik situs Anda nantinya.

3. Mendesain Struktur Website Untuk (Mesin Pencari)

Salah satu masalah umum klien saya yang terkait SEO adalah, setelah website dan dipenuhi konten barulah mereka menanyakan bagaimana menaikan SEO nya. Yang lebih celaka lagi masih banyak menganggap SEO sebagai suatu single page. Atau ada pula yang ketergantungan pada paid ads traffic seperti beli.cisco.com

Mau tau alasannya? ini nih kenapa mereka ketergantungan dengan paid ads…

cara menaikan SEO

Jadi sebelum mulai merancang website perhatikan kaidah kaidah SEO. Mana yang bisa diabaikan, mana yang sebaiknya tidak dilanggar. Mendesain struktur website untuk search engine itu Sunnah Mu’akkadah lho

4. Memilih Nama Domain yang Menarik

Nama domain sunnahnya dibuat semenarik mungkin, idealnya pendek, mudah diingat, punya branding dan jika tetap asik makan nama domain yang sesuai dengan keyword anda di website bisa jadi pilihan. Oh ya,  Kalau bisa sih cukup satu kata.

Biasanya nama-nama domain terbaik akan cepat diambil orang dan Anda harus membayar lebih untuk mendapatkan salah satunya. Jadi, jangan terpaku dengan kata kunci dalam menentukan nama domain Anda.  Langkah terakhir bila Anda merasa ini terlalu mahal atau memakan banyak waktu, Anda bisa membuat sub-direktori atau sub-domain sebagai bagian dari situs utama Anda.

5. Membuat Isi Konten yang Baik

Yang bisa membedakan tulisan yang baik dan buruk bukanlah search engine, tapi para pembaca situs Anda. Dengan membuat konten yang sudah diriset dan memiliki kualitas tinggi adalah rahasia untuk membuat User tetap kembali ke situs Anda.

Berikut hal – hal penting dalam membuat isi konten :

  • Pengejaan dan struktur bahasa merupakan hal yang tidak kalah penting dalam isi konten Anda. Jadi setelah selesai menulis tidak ada salahnya Anda memeriksanya lagi demi menaiknya traffik situs Anda.
  • Penempatan (layout) yang rapi, mudah dibaca, dilengkapi dengan gambar dan video yang diletakkan dengan cerdas, akan membantu Anda menciptakan kesan yang berbeda, tapi tetap tepat sasaran.  Mesin pencari, dan pembaca, lebih memilih website dengan konten yang fresh dan unik.
  • Menggunakan alat penerjemah otomatis bila ingin mendapatkan pembaca Internasional.

6. Optimasi Social Media

Social media salah satu bagian penting dari SEO. Algoritma terkini yang digunakan Google ikut memperhitungkan social media – yang artinya Anda juga harus melakukannya. Tidak ada ruginya jika meningkatkan tingkat kehadiran Anda di media sosial.

Faedah lain dari optimasi sosial media terhadap peningkatan traffik situs adalah Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk mengshare update postingan terbaru dari situs Anda.

Memasukkan tombol Facebook, Twitter, dan LinkedIn, untuk media lokal sudah cukup sebagai formalitas. Lalu untuk menyebarkan info tentang situs Anda, jangan lupakan juga metode automatisasi optimasi social media berbasis sistem.

7. Desain yang Simpel Dan Fokus Pada Page Speed

Situs yang memiliki desain yang simpel, terstruktur akan membuatnya lebih mudai dijelajahi oleh user. Pilihlah tema warna Anda dengan tepat. Hindari latar belakang yang berkilau, atau kuning dan pink yang menyakitkan mata.

Dalam membuat desain yang simple, Anda bisa menggunakan dua alat berikut :

  • Cascading Style Sheet (CSS) berfungsi menjaga agar konten Anda tetap terpisah dari desain situs Anda, yang artinya Anda mendapat lebih banyak fleksibilitas. Jika nantinya Anda memutuskan untuk mengganti konten, Anda tidak perlu mendesainnya lagi dari nol.
  • Unicode UTF-8  merupakan alat yang bagus karena dia bisa memenuhi lebih dari 90 script yang berbeda, sehingga bisa menglobalisasikan konten Anda menjadi lebih mudah jika sudah dikodekan dengan benar sejak awal.

Tahap terakhir, pastikan layout yang sudah anda buat dan online tadi mendapatkan statistik score yang mumpuni di Google page speed test, Pingdom tools ataupun Gtmetrix.com.

Demikian tips krusial cara menaikan SEO agar mendapatkan trend bagus pada search engine. Hal lain yang harus Anda ketahui adalah SEO merupakan proses yang berkelanjutan dan berkesinambungan, minimal dibutuhkan waktu tiga (3) bulan untuk berkembang optimal tergantung dengan topik dan persaingannya.

Selamat mencoba !

Arham haryadi
Arham haryadi
Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa brand untuk optimasi media online di Biz.deerham.com.

Comments are closed.