SEO Copywriting Cara Menulis Yang Baik Bagi Pebisnis Online

cara menaikan seo

Mengapa pebisnis online harus bisa menulis, kalau sudah punya copywriter ? Buat saya alasannya sederhana, karena sebelum konsumen belanja online dia diharuskan mencari produk di search engine dan membaca deskripsi produk. Sampai saat ini, menulis alias teks masih jadi faktor dominan dibandingkan gambar ataupun video.

Copywriterpun belum tentu paham bagaimana mengoptimalkan tulisannya dimedia online. Bahasa kerennya mereka belum tentu fasih seo copywriting.

Kecuali jika anda punya armada copywriter yang banyak tuk membangun media, anda bisa sedikit lebih ‘boros’ untuk hal tulis menulis.

Algoritma Search Engine dan Psikologis Pembaca

Hasil ketikkan dimedia online tersebut akan dikomparasi dengan tulisan lain di internet yang mengandung kata-kata tersebut. Dan bisa jadi itu adalah tulisan Anda, kalau mengandung kata kata yang sama. Memang ada banyak faktor yang perlu diperhitungkan saat mengoptimalkan seo, tapi Anda tidak pernah menulis, bagaimana produk Anda ditemukan?

Katakanlah website tempat anda menulis punya authority yang OKE, lalu eksis dihalaman pertama. Tapi celakanya judul tulisan anda ngak menarik bagi mayoritas pengguna. Bukan tidak mungkin hanya sebagian kecil yang rela nge-click website anda.

Bagaimana dengan Youtube ? Youtube itu  kan video bukan tulisan. Betul. Tapi jangan lupa saat kita mengupload video di Youtube, kita harus menuliskan judul, deskripsi, dan tags. Tiga hal tersebut akan menjadi acuan juga untuk mesin pencari.

Konsep Menulis Yang Baik Untuk Bisnis Online

Hampir semua aktifitas bisnis online itu didominasi oleh tulisan. Berdasarkan pengalaman menangani XL, Acer Indonesia dan beberapa brand lokal lainnya, Problem tulis menulis ini jugalah yang masih menjadi kebutuhan besar banyak eCommerce di Indonesia.

Di media online, kemampuan menulis menjadi tuntutan supaya konsumen paham dengan apa yang Anda sampaikan melalui kata-kata tapi tidak boleh juga melupakan bagaimana tulisan anda bisa terbaca dan mendatangkan pembaca.

Tulisan dengan konsep seperti apa yang harus Anda ketikan di internet untuk bisa mengoptimalkan penjualan produk Anda? Berikut tips-tipsnya:

1.  Kata Kunci yang Memiliki Pembaca. Untuk apa menulis yang tidak akan dicari konsumen?. Kecuali tujuan Anda menulis hanya sebagai media curhat saja hehehe.. Disisi inilah  pentingnya riset.

Gunakan kata kunci (keyword) ataupun kalimat yang sekiranya konsumen akan mencarinya di Internet. Khususnya dibagian judul dan tempatkan pada sisi paling kiri, tentu karna kita membaca tulisan latin maka semakin kekiri semakin kuat relevansi tulisan kita terhadap kata kunci tersebut.

2.  Anda menulis untuk manusia, maka pakai bahasa yang dimengerti manusia. Hindari menulis kode produk sebagai judul catalog, karena selain tidak efektif dan tidak mendatangkan pengunjung kode itu hanya Anda yang paham. Konsumen tidak akan pernah mencari di Google: Kemeja PH-123.

Ini termasuk juga saat Anda ingin mengoptimalkan gambar, namai file gambar sesuai judul atau kata kunci tulisan anda.

3. Buat kalimat yang sederhana. Anda sedang menawarkan produk bukan membuat skripsi. Terlalu banyak menumpuk kata membuat hilangnya rasa nyaman pembaca. Tetap masukan keyword atau turunannya ke dalam kalimat, tapi hindari membuat banyak paragraph dalam sebuah posting/artikel tanpa maksud yang jelas.

4. Storytelling, Buat seolah tulisan itu seperti berbicara dan berekspresi. Al-Qur’an banyak mengajarkan pada kita, salah satunya bagaimana agar pesan bisa dimengerti. Gaya bercerita lebih mudah diterima dibanding gaya yang lainnya. Jangan lupa gunakan tanda baca sebagai penyalur intonasi.

Tanda baca koma untuk jeda sesaat. Tanda tanya untuk memancing penasaran pembaca. Tanda seru untuk memberi penekanan. Kalau tanda ‘titik dua kurung tutup’ Anda sudah tahu kan maksudnya? intinya buat seperti layaknya bercerita.

Sebagai pebisnis online, intinya jangan pernah takut mencoba. Karena Anda sedang tidak membuat surat undangan yang ketika dicetak tidak bisa diedit lagi. Kemudian pahami darimana saja pengunjung datang ke media online anda serta gunakanlah kata – kata yang persuasif dan baik, sehingga media online anda bukan saja mudah dimengerti tapi juga banyak mendatangkan pengunjung.

Arham haryadi
Arham haryadi
Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa brand untuk optimasi media online di Biz.deerham.com.