5 Jurus Dahsyat Psikologi Untuk Meningkatkan Penjualan Toko Online

meningkatkan penjualan online shop

Setelah sebelumnya kita sudah mengetahui gurihnya potensial income dari penjualan online shop, kemudian dilanjut dengan 9 rahasia strategi
marketing meningkatkan penjualan online yang efektif dan pasti berhasil, sekarang kita akan coba mengulik tehnik psikologis yang bisa meningkatkan penjualan online shop.

Mungkin kamu pernah melihat suatu toko online yang secara tampilan biasa aja, secara traffic juga biasa aja, tapi kok incomenya bisa lebih besar yah?

Testimoni juga banyak, hmm apa mungkin di social media? bisa jadi…

Bisa jadi social media ads, bisa juga hanya memainkan iklan adwords, tapi model toko online seperti ini biasanya cukup memahami bagaimana merangkai kata kata untuk menarik pelanggan online secara viral dan efektif!. Cara sederhana tapi hasilnya JOSS, Keren kan?

Sebab social media dan ads online seperti facebook ads, twitter, hingga instagram ads kuncinya adalah memainkan psikologis pembaca.

Ternyata harga, model, merek atau spesifikasi bukanlah faktor utama dibalik alasan konsumen memilih sebuah produk.

yuk kita pikirkan contohnya:

Anda berjalan masuk ke sebuah toko elektronik dan bermaksud membeli HP baru. Lalu Anda menyusuri lorong yang diapit etalase berisi aneka tipe dan merek HP.

Setibanya diujung lorong anda mulai menimbang pilihan. Dan sedetik kemudian anda kembali ke titik awal dimana tipe HP yang pertama kali Anda lihat dan inginkan berada.

Anda menunjuk itu dan meminta pramuniaga mengambilnya kemudian anda meminta bon pembayarannya.

Apa kesimpulannya?

Kecenderungan konsumen untuk memilih yang pertama terjadi pada segala aspek keseharian manusia.

Menarik kan? …

..jadi bukan melulu soal spesifikasi, model dan merk. Karena itu mari kita bahas 5 jurus dahsyat psikologis mengolah kata dan visual untuk meningkatkan penjualan online shop kita

1. Eksposure Dengan Warna Mencolok untuk CTA

CTA atau lengkapnya Call To Action, kamu bisa mengoptimalkan tombol CTA yang bisa meningkatkan konversi hanya gara gara warna. Bagaimana caranya?

warna dalam ilmu psikologi

Maksimalkan elemen-elemen visual yang membuatnya tampak menonjol dibandingkan elemen lainnya. Contoh, menggunakan tombol berwarna kuning atau merah akan lebih menonjol dibandingkan warna gelap lainnya. Otomatis saat pengunjung website datang, secara alami mereka akan tertarik pada warna-warna yang lebih cerah.

Karenanya yang perlu diperhatikan adalah pentingnya untuk memiliki website atau desain ads yang enggak menor alias heboh. Tujuannya agar fokus pada titik tertentu. Selain jangan menggunakan warna yang berlebihan, perhatikan juga kesan yang ditimbulkan dari setiap warna.

2. Penawaran yang Tidak Bisa Ditolak

strategi marketing online yang efefktif

Siapa yang bisa menolak penawaran eksklusif? – photo via moslemtravel.com

Penawaran: Greedy+Laziness+Saving+Eksklusif

Ada beragam pilihan bentuk penawaran, umumnya pelanggan Anda suka yang namanya diskon, trus…? selain diskon apa lagi

Bingung yah.. hehe. Nah berikut list bentuk penawaran apa aja yang bisa meningkatkan pelanggan online shop kamu

Psikologi perilaku telah membuktikan bahwa adanya pola pola tawaran harga yang menggoda bisa mempengaruhi tingkat konversi dari landing pages.

Secara umum Teknik “GREEDY” seperti menentukan harga yang baik adalah dengan menawarkan solusi alternatif yang membuat konsumen merasa diuntungkan hingga kemudian tercapainya deal.

GREEDY yang kedua adalah menawarkan bonus, Anda bisa menyertakan beragam jenis bonus baik yang berhubungan ataupun tidak, selama bonus tersebut dapat dianggap menguntungkan calon konsumen.

Bentuk penawaran selain GREEDY adalah Laziness. Diketahui bahwa setiap orang memiliki sisi malas (Laziness) semilas malas belanja keluar maka kamu bisa menawarkan jasa delivery.

Bentuk penawaran ketiga yang tidak bisa ditolak yakni SAVING. Coba pikirkan Calon konsumen rasional mana yang menolak kata saving?

Dengan menawarkan saving atau berhemat maka ini bisa menusuk alam bawah sadar konsumen Anda yang otomatis bisa menjadi solusi mereka dalam menghemat pengeluaran.

Eksklusivitas, adalah salah satu bentuk penawaran yang paling digemari khususnya mereka yang mencari pride dan kebanggan. Anda hanya perlu menuliskan “Penawaran terbatas”, “Eksklusif”, “Hanya 20 pembeli pertama”. Tapi ingat, Anda jangan berhobong.

3. TRUE SCARCITY

Cara ini merupakan cara ampuh yang membuat market bisa bergerak berduyun duyun membanjiri shopping chart online shop Anda.

Saya dan beberapa startup ikut merasakan betul…

Teknik scarcity untuk meningkatkan penjualan online shop

Teknik scarcity untuk meningkatkan penjualan online shop – photo via bukalapak.com

Bagaimana sebuah urgency yang dikemas dengan true scarcity bisa meningkatkan konversi penjualan secara ekstrim. Kuncinya adalah memberikan keterbatasan dari segi jumlah orang yang bisa membeli, jumlah produk tersisa, jumlah seat tersisa, dll

Contoh..

  • Siapa cepat dia dapat
  • Lebih dari 10000+ sudah merasakan fenomenalnya produk ini. Tersisa 10 tempat lagi. Kini giliran Anda!
  • Hindari 7 kesalahan fatal ini agak tidak merugi

4. Social Proof dan Testimoni

Semakin banyak testimoni, maka semakin produk Anda dipercaya. Terlebih jika produk Anda mendapatkan testimoni dari tokoh yang memiliki popularitas tinggi.

Ingat setiap orang butuh kepastian. Jika ada pelanggan lama yang meberikan kesaksian atau testimony tertentu, maka itu dapat meyakinkan mereka bahwa produk anda benar-benar bagus.

Testimoni juga dapat memberikan manfaat lain, misalnya kredibilitas. Contoh: Anda cukup mendapatkan testimoni dari Ulama, saat Anda berjualan daging. Maka otomatis Anda tidak perlu pengakuan label halal, atau tepatnya label halal hanya formalitas saja.

Bentuk testimoni yang bisa Anda tampilkan.

  • Mintalah kepada pelanggan yang pernah mengunakan produk anda. Ketika meminta testimoni gunakan pertanyaan yang tepat, berilah pertanyaan yang mengharuskan konsumen Anda menjawab.
  • Tunjukkanlah hanya testimonial yang memang terkesan dahsyat dan berpotensi memperlihatkan betapa hebatnya produk bagi pelangan.
  • Sesuai kan dengan produknya Tunjukkan testimonial yang spesifik, sebab semakin spesifik, orang akan merasakan bahwa testimonial tersebut benar-benar terjadi. Misalnya : “Berat badan bisa saya turun 10 kg HANYA dalam 2 minggu”, “omzet saya naik 3x lipat setelah menggunakan cara ini”, dll

Pemilihan Kata

Peningkatan penjualan online shop

Pemilihan kata bisa menghipnotis pembeli agar beli lagi..beli lagi .. lagi dan lagi. photo via roemakoepro

Sudah menjadi rahasia umum, pemilihan kata dalam tehnik copywriting bisa menigkatkan konversi penjualan online shop. Misalnya dalam penulisan Call To Action, Anda bisa menerapkannya To the Point.

7 Contoh frasa CTA yang mmampu meningkatkan penjualan toko online

  1. Beli Sekarang!
  2. Jangan ragu ragu
  3. SMS Sekarang!
  4. Invite pin BB saya sekarang!
  5. Telpon sekarang juga
  6. Buktikan sendiriTunggu apa lagi? Klik disini
  7. Jangan mau rugi! Beli SEKARANG!

5 Contoh Tehnik pembuatan judul yang menarik dan mmampu meningkatkan penjualan online shop

  1. Banjir order dari Reseller
  2. Jualan Terus Rezeki Mulus
  3. Modal Minimalis hasil Fantastis
  4. Modal Broadcast dapat Cast
  5. Sekali update status, banjir fulus

Kuncinya, pelajari makna dari tiap kata yang bisa memberikan pemicu pembaca untuk segera beraksi.

Coba Anda pikirkan sekarang..

Jika Anda sudah memahami tehnik tehnik meningkatkan penjualan onlins shop, sekarang pertanyaanya apakah Anda sudah punya toko online?

jasa-pembuatan-website-CTA

Arham
Arham
Bukan ustad, cuma seorang taubaters yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online dan melepas perilaku sekularisme. Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa brand untuk optimasi media online di Biz.deerham.com.