12 Jurus Promosi Mendongkrak Penjualan di Facebook Dengan Modal Gratisan

cara_promosi_facebook_marketing

Assalamualaikum…Sudah banyak yang sudah membuktikan bahwa hanya dengan facebook mereka bisa menghasilkan uang mulai dari 6 digit hingga 9 digit. Pastinya Anda tahu siapa saja yang dimaksud, mungkin sebentar lagi Anda akan menikmatinya.

Sekarang kita cek dulu…

 

Apakah kamu termasuk yang suka beraktivitas di facebook dan baru ingin memanfaatkan facebook sebagai cara promosi untuk mengeruk puluhan juta ?

Saya masih baru di social media bingung harus mulai dari mana?

Saya lihat banyak yang sukses lewat facebook, mulai dari jualan hingga brand besar yang mengeruk ratusan juta, mau seperti itu bagaimana yah?

Saya lihat banyak yang bisa membuka peluang rezekinya lewat cara promosi di facebook, padahal isinya cuma bagi bagi kata motivasi … bagaimana bisa seperti itu?

Saya ibu rumah tangga, mau coba cari duit via online tapi ngak punya modal tuk iklan di facebook, mas Arham ada solusinya?

Saya seorang politisi tapi bingung bagaimana yah membangun citra yang baik dan professional supaya saya punya branding yang ngak asal asalan?

Jika kamu termasuk yang diatas.. silahkan lanjut…

 

Social media atau secara khususnya facebook memiliki dua cara promosi; yang berbayar (paid) dan yang gratis (free). Disini saya hanya akan membahas 12 jurus GENDENG cara promosi di facebook yang bisa mendongkrak penjualan dengan modal gratisan.

Jadi untuk ibu yang tadi, tenang aja.. cara berikut ini semuanya gratis :)

Berjualan lewat facebook memang tidaklah mudah tapi juga tidak susah-susah amat, asalkan tahu caranya, tahu ilmunya maka semua akan terasa mudah. Tinggal konsisten dan komitment saja.

Kali ini kita akan mempelajari tentang copywriting di facebook, kenapa? karena copywriting GRATIS dan dengan status yang bagus maka status kamu akan banyak interaksinya mulai dari Like, Koment, hingga Share. Kalau sudah begitu, peluang Viral semakin besar. Kalau sudah Viral tentu jangan heran kalau penjualan kamu akan terdongkrak.

Untuk membuat status yang menghasilkan interaksi tinggi tentu ada caranya, bukan asal- asalan bikin status. Lalu bagaimana caranya?

1.Maksimalkan Gambar atau Foto

Gunakanlah Foto atau Gambar yang menarik karena selain meningkatkan edgerank, orang cenderung lebih sukasama gambar daripada kata-kata, walaupun pada akhirnya kata-katanya yang menggerakan mereka untuk action.

2. Kapan Waktu terbaik untuk posting?

Perhatikan Waktu Update Status Anda. Lakukan posting pada jam-jam berikut, jam 06.00 – 07.00, jam 12.00 – 13.00 dan jam 19.00 keatas. Karena diwaktu tersebut orang banyak yang santai dan menggunakan gadgetnya, apalagi kalo tidak untuk membuka facebook, hehe…

3. Terapkan Story Telling

Gunakan Teknik Cerita atau Story Copy dan You & Me Copy karena orang lebih tertarik dengan cerita dan berbagi pengalaman daripada status-status yang alay. Silahkan Anda lihat status yang SHAREnya tinggi pasti isinya juga menarik akrena nggak mungkin orang akan SHARE kalo status tersebut tidak menarik.

4. Kuncinya Interaksi

Mempunyai interaksi yang baik, artinya setiap kata yang Anda tulis dalam copywriting facebook harus ada interaksinya dengan pembaca. Karena salah satu tujuan dari bersosial media adalah menjalin interaksi dengan teman atau sodara kita, kalau menjalin interaksi saja kita belum bisa apalagi jualan.

5. Berkualitas dan Menghibur.

Sebisa mungkin copywriting yang Anda tulis pada status facebook Anda haruslah bermutu, jika Anda tidak bisa membuat status yang bermutu paling tidak Anda buat status yang menghibur orang.

6. Jangan Lupakan Command Words

Atau dikenal juga dengan “Call To Action”. Pastikan terdapat Call To Action. Tulislah CTA agar pembaca Like, Koment, atau Share status Anda. Misalkan LIKE Status Ini, Koment “MAU”, Silahkan SHARE Status Ini, dll.

7. Maksimalkan N.B

Sebagai penguat status Anda boleh mencantumkan N.B dalam copywriting facebook.Itulah ke 7 Tips Praktis untuk menulis copywriting di Facebook. Tips tersebut hanya untuk Anda yang menggunakan promosi secara GRATIS baik itu di akun, Fanspage, maupun Group Facebook.

8. Perjelas Indentitas

Perjelas identitas akun personal Anda. Gunakan nama yang ingin Anda kenal di mata teman-teman Anda. Isi biodata Anda di bagian “About”. Tuliskan apa yang ingin Anda tuliskan disana, bisa nama asli, bisa nama panggilan. Terserah…. Di bagian “Detail About You”, tambahkan nickname di bagian other name untuk membentuk image tersendiri.

Isi dengan personal branding Anda, “Ingin dikenal sebagai apa Anda?”. Ceklis bagian “show top of profile”, supaya kelihatan.

9. Foto Yaang Sesuai Dengan Personal Branding

Pasang foto Anda sesuai dengan karakter Anda. Apakah casual, agak serius, atau…. silahkan tentukan sendiri.

Ukurannya 168 x 168. Pastikan foto Anda, bukan foto produk Anda, bukan foto jualan Anda, apalagi foto pacar orang. #‎eh hehe

10. Setting notifikasi timeline

Supaya gak sembarang orang bisa tag Anda. Sekarang banyak konten porno dan gak jelas tiba2 suka masuk kalau gak disetting beginiannya. Caranya? masuk ke bagian settings, timeline and tagging. Bagian “who can post on your time” pastikan cuma “only me” dan “review post friend” nya pastikan “on”.

11. Maksimalkan Status Yang Sudah Viral

Kalau ada status fesbuk Anda yang sharenya banyak, coba sunting (edit), sisipkan link di bawahnya. Entah itu link affiliate, atau link ke website Anda. Biarkan status tersebut merebak kemana-mana, kaya virus. Namanya juga viral.. trik

12. Kejutkan Saat Menulis Headline

Saat kamu mau ngepost, kasih headline dengan huruf besar semua, atau dengan awalan huruf besar semua, atau kasih tanda khusus seperti [ ] atau ** **. Ini akan membuat perhatian tertuju ke post kamu.

 

Konsep dan Penerapan Cara promosi di facebook Modal Gratisan

Caranya MUDAH, kok… ^_^

Pertama, Bidik Target Market Potensial. Intinya, jika Anda sudah terlanjur memiliki sebuah produk (entah berdasarkan riset atau tidak), maka Anda tinggal mencocokan produk Anda tersebut. Pas nya dipakai oleh siapa? apakah perorangan ataupun korporate. Paham kan maksudnya?

Kedua, Komunikasi Penawarannya dengan Tepat. Bicara soal penawaran, di dunia online marketing, tidak lepas dari dunia Copywriting. Bahkan boleh dibilang sangat krusial.

Sedangkan untuk elemen-elemennya, Anda bisa mainkannya sendiri. Misalnya: Headlinenya, ceritanya, pemilihan katanya, susunan kalimatnya, tampikan visualnya, pokoknya: SEMUANYA, harus Anda perhatikan. Terkesan sepele, tapi penting.

Ketiga, Promosikan ke Sebanyak-Banyaknya Orang. Karena kalau Anda jualan satu per satu, capek. Maka, Anda harus berpikir keras bagaimana caranya agar banyak orang tahu penawaran Anda tersebut dan akhirnya memutuskan beli produk Anda.

Anda bisa memanfaatkan metode affiliasi, pancingan orang untuk sharing atau sebagainya.

 

Checklist Promosi Facebook GRATIS :

  Facebook PERSONAL : 3 Post per Hari / Akun

  Facebook FANS PAGE : 2 Post per Hari / Fans Page

  GROUP : 1 Post per Hari / Group

  Desain Gambar Quotes 3 Gambar Perhari karena setiap akun targetnya 1 postingan panjang perhari.

  Posting Edukasi dengan Target Commnet, Like dan Share dan Posting Jualan Softselling. Target Jangka Panjang adalah Autorithy Naik.

  Sebelum Posting Pikirkan Terlebih dahulu Target yang Ingin diharapakan dari Pembaca Status (Apakah Sedih, Inspirasi Sehari-hari, atau Lucu) sesekali berisi teknik bisnis “daging” (sesekali saja karena postingan berisi teknik jarang di share oleh pembaca, namun bisa meningkatkan authority)

  Dalam 1 hari ada 1 status yang panjang (Panjang Isinya, Makjleb, Ada Kata-kata Quote diakhir postingan, Sesekali diakhir postingan ada doa (semoga bisa…)), dan 2 status lainnya berisi sharing biasa.

  Setiap Postingan harus ada Gambar. Untuk postingan utama yang panjang gambar harus keren (Desain Quotes Keren). Pastikan setiap gambar postingan ukurannya 500×500, dites posting terlebih dahulu, kalau kecil diulang lagi, edit.

  Hapus konten promosi yang sudah lewat (bertahan maksimal 7 hari)

Saran Saya cuma satu, PRAKTEK!

Anda boleh share  ini ke teman-teman Anda. Karena Saya akan berikan tips-tips lainnya  JIKA angka sharenya udah nyampe 1000 lagi ya…^_^ okey?

Arham
Arham
Bukan ustad, cuma seorang taubaters yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online dan melepas perilaku sekularisme. Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa brand untuk optimasi media online di Biz.deerham.com.