4 Pilihan Produk Investasi Masa Depan Yang Menguntungkan Untuk Investor Pemula

Produk Investasi Masa Depan Yang Menguntungkan

4 Pilihan Produk Investasi Masa Depan Yang Menguntungkan Untuk Investor Pemula

bahkan tidak jarang banyak barang ‘antik’ yang secara teori tidak laku dijual tapi justru menjadi produk investasi untuk masa depan dengan nilai yang menguntungkan. Amazing.

Apa Itu Investasi Menurut Para Ahli?

Pengertian menurut para ahli, sudah banyak berubah akibat trend dan gaya hidup yang dianut banyak orang.

Ada yang memang tergolong kegiatan berinvestasi namun ada yang sebenarnya hanya berfoya-foya namun malah disebut sedang berinvestasi.

Lalu…

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pengertian Invetasi menurut para ahli dapat dimaknai sebagai penanaman modal usaha dalam suatu organisasi dengan untuk tujuan investasi mendapatkan keuntungan dikemudian hari.

Hal ini berarti pengertian investasi tersebut sudah diniatkan dengan tujuan untuk diuang kan kembali. Sementara jika banyak orang mengatakan “untuk keperluan mendesak atau berjaga-jaga nanti bisa diuangkan“.

Justru yang seperti demikian tidak termasuk tujuan investasi.

Fungsi investasi untuk masa depan adalah sebagai cara untuk menyelamatkan dana agar tidak terpakai secara sia-sia. Melalui investasi dana dapat disimpan, bahkan nilainya akan terus bertambah sebab diolah dengan baik.

Dalam hal ini ada banyak produk investasi yang bisa menjadi pilihan investasi masa depan, mulai dari investasi saham, properti, reksa dana ataupun barang antik.

Untuk mengukur jenis investasi masa depan yang sesuai, apakah termasuk investasi yang menguntungkan ada beberapa hal perlu diperhatikan. Berikut kami himpun dari berbagai sumber mengenai 4 investasi masa depan yang menguntungkan terkhususnya bagi Anda Investor pemula.

1. Investasi saham

Pilihan investasi saham dapat menjadi pilihan pertama baik bagi mahasiswa ataupun yang masih belajar dunia investasi.

Saat ini Investasi saham sudah berbeda dengan zaman dulu yang membutuhkan modal cukup besar. Saat ini, hanya bermodalkan Rp 1 juta hingga Rp 5 juta sudah bisa memulai investasi saham.

Bahkan, beberapa broker atau pialang saham saat ini menyediakan rekening khusus bagi para investor sehingga bisa membuka modal awal Rp 100 ribu. Hal ini sudah ditetapkan oleh pemerintah mengenai besaran jual-beli saham minimum per-lot atau 100 lembar.

Seperti saham dengan likuiditas tinggi sejenis Telkom (TLKM) memiliki harga sekitar Rp 2.700 perlembar. Dengan kata lain, jika ingin membeil satu lot saham TLKM maka bisa menyiapkan modal sebesar Rp 270 ribu. Dengan begitu bisa disesuaikan terhadap ketersediaan dana yang dimiliki.

Untuk yang belum memahami investasi saham perlu menyadari bahwa pengertian investasi saham itu sendiri sama saja seperti kita memiliki perusahaan yang kita beli sahamnya.

Kemudian jka perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan, kita yang memiliki sekian persen saham perusahaan tersebut akan mendapatkan sebagian keuntungan (bagi hasil), dan sebaliknya jika rugi maka kitapun akan menanggung rugi bersamaan dengan pemegang saham yang lainnya.

Oleh sebab hal diatas kita sebagai investor perlu terlebih dulu meneliti bagaimana kinerja perusahaan tempat kita akan menaruh dana investasi. Hal yang paling komperhensif kita bisa menganalisa kinerja strategi pemasaran untuk awareness dan branding, seperti halnya strategi marketing bukalapak.

2. Reksa dana syariah

Dalam memilih investasi reksa dana ada dua pilihan. Pertama, Anda dapat memilih secara lump sum atau investasi sekaligus. Kedua, dengan cara rupiah cost averaging atau investasi berkala. Namun yang perlu diingat adalah pastikan untuk memilih investasi syariah, sebab hal ini akan selalu menguntungkan dengan keberkahannya.

Keunggulan dari investasi reksa dana secara sekaligus karena bersifat jangka panjang. Dengan begitu, para investor dengan dana besar cukup cocok melakukannya, karena dana yang diinvestasikan bisa mengalami kenaikan.
Namun, berbeda dengan investasi secara berkala.

Dengan secara berkala maka bisa dilakukan setoran setiap bulan. Dengan demikian, Anda yang memiliki dana terbatas akan cukup terbantu karena produk investasi masa depan ini.

Investasi reksadana ini mirip dengan investasi saham yang jika mendapat keuntungan atau kerugian akan dibagi secara rata untuk para investor. Jenis Investasi ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang baru memulai untuk berinvestasi.

3. Investasi properti

Investasi ini dinilai cukup menjanjikan untuk ke depannya. Oleh sebab itu properti menjadi bidang yang paling sering dibidik sebagai investasi masa depan. Beragam jenis investasi yang dapat dipilih di sektor ini antara lain rumah, apartemen, ruko ataupun tanah.

Keuntungan dari investasi properti yakni memungkinkan investor untuk bisa menyewakan properti ke pihak lain dengan memanfaatkan aplikasi atau pun menjual properti tersebut dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli.

Investasi jenis ini tergolong kategori investasi jangka panjang, karena nilai jualnya yang semakin lama harga properti akan terus bertambah.

Seperti dikutip dari KOMPAS.com, Sabtu (18/10/2015), hingga saat ini di Tangerang Selatan terdapat 1.500 unit apartemen strata dan diperkirakan akan terus bertambah hingga 7.100 unit dalam jangka tiga tahun ke depan.

Kenaikan harga pertahunnya pun mencapai 15 sampai 20 persen dengan kategori apartemen dengan harga Rp 15 juta sampai Rp 20 juta per-meter persegi. Bila diprediksi pertumbuhan harga akan tetap stabil diangka 10 sampai 15 per-tahun.

Untuk menganalisa investasi properti dari sisi digital marketing, anda bisa mengetahui seberapa banyak trend search volume untuk lokasi properti diwilayah tertentu, dengan tools seperti Google Trend dan Google Keyword Planner. 

4. Peer To Peer Lending

Nama produk investasi masa depan ini peer to peer lending, atau biasa disingkat menjadi p2p lending. Jenis investasi ini boleh dibilang sebagai investasi yang sedang trend.

P2p lending adalah praktek meminjamkan uang kepada individu atau bisnis melalui layanan investasi online yang mempertemukan langsung antara pemberi pinjaman dengan peminjam.

Hal yang membuat p2p lending sangat minim resiko adalah penggunan sistem tanggung renteng. Maksudnya jika peminjam tidak dapat membayar, maka kewajibannya sementara akan ditanggung oleh peminjam lainnya yang berada dalam satu grup.

pinjaman gagal bayar
pinjaman gagal bayar ditekan hingga 0%

Hal ini membuat tingkat gagal bayar menjadi sangat rendah, tentunya akan mengamankan investasi anda. Rendahnya tingkat gagal bayar terbukti dengan tingkat gagal bayar mencapai 0% yang dicatat selama enam tahun berturut turut.

Hal ini dicapai oleh Amartha sebuah lembaga peminjaman yang berbasis p2p lending di Indonesia

Kelebihan lainnya dari p2p lending, anda tidak perlu repot-repot dan membuang waktu ke kantor penyedia jasa keuangan. Anda cukup melakukannya melalui gadget anda atau komputer. Karena p2p Lending menggunakan platform web sehingga anda dapat mengaksesnya dimanapun dan kapan saja.

Mengukur Kelayakan Investasi Dengan Kinerja Digital Marketing

Semua produk investasi masa depan diatas memiliki kelebihannya masing masing, namun satu kesamaan dalam menilai proses kerjanya adalah semakin baik strategi pemasaran dan implementasinya maka semakin baik pula hasil yang akan anda peroleh dari usaha tersebut.

Peranan digital marketing untuk semua bidang investasi semakin berpengaruh bahkan brand management yang buruk dibidang digital akan sangat berdampak buruk terhadap investasi properti ataupun investasi saham yang anda pilih. Nilainya akan anjlok!.

Karena itu selain memilih ke 4 produk investasi masa depan diatas, anda bisa mulai mengukur kinerja dari usaha yang anda invest. Beberapa diantaranya yang perlu anda ukur yakni;

1. Progress Peningkatan pengunjung secara organik untuk website (dipengaruhi SEO, SEM, dan kualitas Konten marketing). Dengan website banyak dikungjungi maka rasio awareness dan penjualan produk dan jasa akan semakin besar pula.

2. Brand perception / persepsi terhadap brand diranah digital sangat penting pengaruhnya, baik nilai jual maupun demand untuk produk dan jasa tempat anda menaruh investasi

3. Tingkat kompetisi dan trend pada Industry tempat anda menaruh dana investasi. Kenali kompetitor yang ada dan pahami kelebihan brand yang akan anda investasikan. Tujuannya adalah agar dapat meledakan omzet penjualan dengan branding strategy dikemudian hari.

Siap Berinvestasi?

Atau jika anda memerlukan konsultasi untuk digital brand strategi, anda bisa menghubungi Biz.deerham.com

Arham
Arham
Bukan ustad, cuma seorang taubaters yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online dan melepas perilaku sekularisme. Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa brand untuk optimasi media online di Biz.deerham.com.