Perangkat Wajib Bagi Anda Yang Bekerja Dari Rumah

kerja ngak mesti ngantor kan

Ungkapan diatas merupakan sebuah kalimat yang sedang populer belakangan ini. Hal tersebut terasa wajar, karena “bekerja dari rumah” perkembangan zaman dan kemudahan akses berkomunikasi saat ini, bahkan bekerja dirumah dipercaya sebagai cara efektif agar lebih dekat dengan keluarga plus lebih efisien dari segi biaya dan waktu.

Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah banyak orang sukses bekerja dari rumah, tapi tidak sedikit juga yang mengalami kegagalan. Hal tersebut dikarenakan peminat profesi ini perlu membiasakan diri bahwa bekerja dari rumah agak sedikit berbeda dengan bekerja dikantoran. Mereka yang ingin bekerja dari rumah, selain harus memiliki pekerjaan yang memang bisa dikerjakan dari rumah setidaknya perlu beberapa alat pendukung berikut ini;

1. Internet Handal

Layanan internet yang paling dapat diandalkan adalah yang menggunakan jaringan kabel. Koneksi jaringan kabel lebih cepat dan lebih baik dibading dengan jaringan nirkabel. Setidaknya perlu beberapa rekomendasi layanan internet yang stabil seperti berikut ini:

– Speedy

Speedy merupakan sebuah layanan end – to – end dengan kecepatan tinggi. Telkom Speedy mempunya kecepatan unduh antara 384 kbps dan maksimum hingga 3 Mbps, dan kecepatan unggah antara 96 kbps dan maksimum hingga 512 kbps, tergantung Anda menggunakan paket apa berlangganannya. Kelebihan speedy dibanding dengan yang lain, yaitu kecepatannya lebih tinggi dari provider yang lain, koneksi lebih stabil dibandingkan provider yang lain. Tetapi speedy juga memiliki kekurangan, beberapa diantaranya : harus punya kabel telfon ( Tidak portable ), cenderung lambat jika mengirim data lewat internet.

– Bolt 4G

Merupakan produk modem terbaru yang kiprahnya di Indonesia masih belum terlalu lama. Bolt memiliki sambutan yang sangat luar biasa dari banyak kalangan. Tidak heran sekarang ini banyak dijumpai orang yang membawa bolt sebagai internet untuk gadget mereka. Beberapa keunggulan bolt diantaranya, jaringan internet yang kencang, mudah dibawa karna tidak butuh kabel telfon ( Portable ), harga murah, layanan sudah 4G LTE sehingga kecepatannya diatas rata – rata provider lain. Tapi bolt juga kekurangan, diantaranya : kecepatan tidak stabil karena baru mencakup kota – kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya.

– First Media

First Media selain memiliki layanan Tv kabel juga memiliki layanan berlangganan internet. Jaringan internet first media hampir sama dengan speedy, hanya saja mungkin beberapa kalangan masyarakat masih belum familiar dengan first media. First Media memiliki kelebihan yaitu kecepatan yang cukup stabil seperti speedy dan kecepatan first media bisa lebih kencang dari speedy karena arus jaringan masih belum terlalu padat seperti speedy. Tetapi first media juga memiliki kekurangan, diantaranya masih menggunakan kabel sehingga tidak bisa dibawa – bawa ( tidak portbale )

2. Layanan telepon Handal

Kualitas suara buruk dan panggilan sering putus-putus saat menggunakan telepon rumah untuk melakukan percakapan bisnis memberikan citra yang sangat buruk. Solusinya kita bisa memanfaatkan provider untuk handphone yang sudah umum, sudah jadi hal maklum di Indonesia kala layanan telepon kantor agak jarang direspon. Kurang mobile, kurang flexible.

3. Desain Interior ruang kerja yang mengagumkan

Inspirasi biasa datang dari hal yang unik dan menyegarkan pikiran, Anda perlu merangsang pemikiran Anda dengan memiliki setting ruangan terbaik. Dimulai dari penataan meja kerja, sofa, dekstop termasuk luasa ruangan. Akhir-akhir ini bekerja sambil berdiri dengan meja yang tinggi layaknya cafe menjadi tren dan dikatakan bisa meningkatkan produktivitas. Saya pun menerapkannya dirumah, meskipun celakanya saya menyandingkannya dengan tempat tidur disamping.

4. Bekerja dari rumah  dengan dua layar monitor

Untuk anda seorang programmer atau mungkin yang sedang melakukan monitoring rasanya akan mengoptimasi cara anda bekerja dari rumah, hal ini akan dianggap keren juga lho. Dalam hal efektivitas waktu, bayangkan saja anda memiliki layar monitor kedua di mana Anda dapat membuka software desain atau aplikasi komunikasi sementara Anda bekerja pada pekerjaan utama dengan monitor pertama.

5. Whiteboard

Siapa bilang Whiteboard sudah ngak lagi reliable? Sering kali cara cara tradisional lebih efisien dan efektif saat kita bekerja dari rumah. Dengan whiteboard dapat membantu Anda tetap terorganisir dengan tugas-tugas, pertemuan, ide dan segala sesuatu yang Anda ingin katakan pada diri sendiri. Kalau saya sendiri biasa memanfaatkannya untuk menulis ide, bagaimana dengan anda?

6. Printer

Sebuah printer tetaplah diperlukan meskipun Anda dapat membaca dokumen melalui layar monitor. Namun demi alasan kesehatan mata, untuk dokumen yang panjang sebaiknya dicetak agar bisa dibaca dengan nyaman. Oh ya, jangan lupa kalau quotation dan invoice pun tetap harus di print lho.

7. Kalender

Yang terakhir yang juga termasuk penting Anda miliki, kalender. Kalender merupakan kebutuhan mendasar bagi sebuah rumah kantor. Merencanakan pekerjaan Anda secara mingguan dan bulanan sangat penting untuk tetap fokus dan berhasil dalam membagi waktu. Jangan sampai karena Anda bekerja dirumah, Anda menjadi tidak tahu tanggal berapa saat ini, atau bahkan karena terlalu asik kerja dari rumah, Anda jadi lupa kapan waktunya hari libur, kapan waktunya hari kerja.

Bagaimana, untuk Anda bekerja dari rumah, sudahkan Anda memiliki perangkat wajib penunjang pekerjaan Anda ? Jika ada yang belum Anda miliki segera lengkapilah. Dan buat Anda yang masih bekerja kantoran, apakah Anda tertarik mulai bekerja dari rumah ? Hanya Anda yang bisa menjawabnya karena itu sebuah pilihan yang ada plus dan minusnya.

Bobby Afif
Bobby Afif
25/02/91, S.Kom, Twitter : @bobbyafif, Phone : 085694523971, Depok.