Rahasia Terbesar Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Online Shop

penjualan-online-shop

Apakah Anda termasuk yang merasakan semakin banyaknya toko online? atau mungkin Anda salah satu pemilik online shop? yang sedang putar otak mencari strategi pemasaran yang pas supaya bisa meningkatkan penjualan

Wajar, kalau jumlah toko online alias online shop semakin meningkat. Hal ini tidak lain karena pemakai jasa internet pun semakin banyak dan semakin mahir memainkan jari jarinya saat ingin membeli sesuatu.

Coba kamu pikirkan, menurut Hootsuite pengguna internet di Indonesia saat ini (2017) mencapai 132.7 Juta dari 262 Juta populasi penduduk, yang berarti lebih dari setengahnya sudah terkoneksi via online.

meningkatkan-penjualan-online shop-populasi-netizen

Dengan populasi yang sudah sedemikian banyak, lalu berapa yang sudah terbiasa jual beli di toko online (online shop)? Masih berdasarkan sumber yang sama, Hootsuite, setidaknya ada 24.74 juta yang melakukan pembelian di online shop.

transaksi-ecommerce-strategi-pemasaran

Dengan angka yang lumayan bikin kenyang diatas, ngak heran kalau perang iklan untuk menarik pelanggan antar online shop semakin gencar nan ketat. Belum lagi dengan biaya hosting yang terus meningkat, ngak heran kalau solusinya adalah pemilik online shop perlu meningkatkan penjualannya. Minimal untuk menutup biaya operasional, paham kan?

Dibanding hanya berkutat dengan beragam strategi pemasaran yang itu itu saja, ada baiknya Anda move on.

Jangan mau lama lama terjebak dengan teori teori klasik bentukan para pakar marketing yang hanya mengandalkan ide dan proses kreatif promosi penjualan online shop. Rasakan peningkatan penjualan online shop dengan cara yang eksklusif berikut ini

  1. Buatlah diri Anda butuh peningkatan penjualan online shop
  2. Buka strategi promosi dengan marketing Langit lewat sedekah
  3. Raih pelanggan baru
  4. Buka pasar baru
  5. Jual lebih banyak kepada pelanggan yang sudah ada dengan CVO
  6. Tingkatkan rata rata penjualan
  7. Menaikan harga maksimum
  8. Crossing Channel Marketing
  9. Pelajari dan Hipnotis pelanggan dengan kata kata mematikan yang menarik pelanggan online

1.Buatlah diri Anda butuh peningkatan penjualan online shop

Kerjaanmu-itu-cumaWasilah

Akhirnya ada cara yang lebih baik untuk meningkatkan penjualan toko online. Ya, karena yang namanya “kebutuhan” (Anda perlu membedakan dengan yang namanya  “keinginan”) jadi otomatis Allah S.W.T akan mencukupkan kebutuhan Anda.

Percaya atau tidak, tidak ada yang sekuat dengan yang namanya kebutuhan. Jawabannya ada disini:

“Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya”. [Ath-Thalaq : 3]

Nah, kalau seandainya Anda bilang “kebutuhan saya untuk meningkatkan omset penjualan online shop”  trus kok ternyata rezeki tak kunjung meningkat dan penjualan gitu gitu aja FLAT.

Cek dulu, peningkatan omset penjualan online shop Anda sudah termasuk “Kebutuhan hidup” atau “Keinginan syahwat

Ternyata jawabannya sudah ada disini, surat Adz Dzariyat ayat 56. Di sana, Allah Ta’ala berfirman

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariyat: 56).

Jadi luruskan niat Anda untuk menjadikan peningkatan omset penjualan toko online hanya sebagai wasilah menuju ridho Illahi. Paham kan?

2.Buka Strategi Promosi Dengan Marketing Langit Lewat Sedekah

Sedekah meningatkan penjualan online shop

Strategi cara promosi online shop lewat marketing langit, salah satunya SEDEKAH.

Sumber foto: Lancarrezeki

Konsep sedekah sudah jadi sunnatullah. Sudah jadi hukum alam! Coba Anda simak dan renungi

Seseorang bertestimoni kepada Luqman Hakim, tentang Kebenaran Janji Allah seputar sedekah.

Subhaanallaah, Anda benar Ustadz… Saya tempo hari menjamu 10 orang tamu saya. Paginya, saya dapat pesenan katering untuk 100 orang….”.

Orang itu lalu berkelakar,

 “Rasanya, kalau saya sedekah menjamu untuk 100 orang, saya kayaknya bakal dapat order 1000 orang kali ya…”.

Orang itu tertawa, “Ha ha ha.”

Contoh sederhananya: Seseorang punya modal 1jt. Dia sedekah 100.000, alias 10% dari 1jt. Maka Allah menjadikannya berizki 1,9jt.

Pertanyaannya besarnya, kalau sudah sedekah tapi penjualan omset online shop Anda tidak juga bergerak naik, masih saja FLAT. Gimana? coba deh muhasabah, atau bahasa lainnya cek menyeluruh.

Sedekah uang tidak selalu dibalas uang.

Sebagaimana sedekah, yang tidak harus melulu berbentuk uang.

Terkadang investasi(sedekah) bukan kembali berbentuk uang tunai. Melainkan yang senilai dengan uang tunai tersebut. Sebut saja:

  1. Penyakit, atau kehadiran kesehatan bagi badan kita
  2. Umur
  3. Bala
  4. Kesempatan hidup yang lebih baik
  5. Anak yang sehat, atau kehadiran anak itu sendiri
  6. Sehatnya keluarga
  7. Selamatnya diri dan keluarga
  8. Karir yang lebih baik
  9. Status sosial yang lebih baik
  10. Dan seterusnya.

Secara bercandanya saya mau bilang bahwa:

  1. Andai tidak ada bahaya yang mengancam kita di masa yang akan datang, sehingga kita butuh keselamatan.
  2. Andai umur kita tidak pendek sehingga kita lebih membutuhkan umur yang panjang.
  3. Andai kita bisa hidup sendirian, yang karenanya Allah memberikan kita anak keturunan, pasangan rumah tangga, tetangga, kawan, mitra usaha,mitra bisnis.
  4. Andai kita tidak punya penyakit di hari tua.
  5. Andai kita tidak punya dosa (tidak mungkin tidak ada dosa, pasti ada selalu)
  6. Andai kita tidak perlu keselamatan bagi keluarga yang kita cintai,
  7. Dan lain sebagainya yang tidak berbentuk uang tunai.

Insya Allah, Allah akan betul-betul membayar tunai segala kebaikan kita. Sebab itulah
memang janji-Nya. Masya Allah.

3. Raih Pelanggan Baru

Setiap pemilik bisnis online shop umumnya selalu memburu pelanggan baru terlebih saat sedang masa awareness. Nah, jika saat ini  Anda benar-benar terfokus dalam upaya itu? Berikut adalah beberapa ide yang bisa Anda pertimbangkan.

Optimalkan Advertsing untuk momen momen tertentu. Memulai SEO dalam jangka panjang, Pay-per-klik ads, content ads, dan iklan di media cetak, dan menambahkan kata kunci, bisa menjadi pilihan untuk menarik pelanggan agar membeli produk kita secara instan.

Promosi penjualan dengan sistem referral/reseller. Anda bisa membuat program referral/reseller untuk meningkatkan jumlah pelanggan Anda. Sistem reseller berarti Anda memberikan mereka insentif untuk merujuk Anda ke teman-teman mereka melalui media sosial, email atau tempat lain. Jurus strategi marketing online ini tergolong efektif nan jitu, karna akan menghemat biaya marketing dengan syarat jumlah reseller Anda cukup banyak.

NgeBuzz di social media, Anda bisa menjalankan beberapa jenis promosi penjualan seperti undian, charity berjamaah atau kontes di Facebook untuk mendapatkan email pelanggan baru(list building). Anda bisa juga memberikan trial dengan syarat produk review di blog mereka, Tweet tentang produk spesial atau produk baru, memperbanyak follower hingga fans.

4. Buka Pasar Baru

Sudah merasa puas blusukan di market yang ada, kini saatnya ekspansi membuka pasar baru. New market disini berarti mengacu pada konsumen baru yang tidak tahu ada toko Anda sebelumnya.

Untuk beberapa kasus mentargetkan pasar baru dapat diartikan membuka toko online baru. Dalam kasus lain, dapat diterjemahkan seperti mentarget pasar luar negeri. Dan yang perlu Anda siapkan adalah kolam untuk mengumpulkan ‘ikan’ atau database. Bentuk kolam ini bisa berupa eMail list, facebook Pixel, Push Notification, dan lainnya.

Niche baru. Anda bisa memperluas penawaran Anda di suatu niche pasar dengan membuka sebuah toko baru yang hanya melayani satu fokus produk. Sedangkan, apabila Anda sudah memiliki sebuah toko niche, maka mempertimbangkan untuk memperluas variasi penawaran Anda ke pasar yang lebih luas.

Grosir & Eceran. Sudah memiliki toko online dengan banyak produk? kalau saya tidak salah tebak, toko online Anda menjual eceran kan!? Jika sudah terbiasa dengan eceran, ngak ada salahnya tuk ekspansi ke ranah Grosir. Anda bisa menjadi supplier yang tentunya fokus konsumen berubah dari konsumen akhir menjadi pedagang.

Menciptakan peluang penjualan melalui channel traffic baru. Anda bisa menerapkan strategi marketing yang efisien seperti ekspansi penawaran produk Anda ke pasar Amazon, atau eBay. Sementara di Indonesia Anda bisa lebih banyak eksplorasi pilihan channel promosi penjualan misalnya Bukalapak.com, Tokopedia.com, Groupon.co.id,Blibli,com dst. Dari channel baru yang GRATISAN tadi Anda harus bisa mengumpukan database konsumen baru. inget…HARUS.

5. Jual lebih banyak kepada pelanggan yang sudah ada dengan CVO

Cepat atau lambat Anda akan menyadari bahwa untuk mengakuisisi pelanggan baru dibutuhkan biaya yang lebih besar, dibandingkan mengoptimalkan ratusan ribu pelanggan yang sudah dimiliki. Sekarang coba bayangkan, Anda sudah memiliki ribuan pelanggan yang pernah membeli produk Anda maka otomatis mereka akan semakin ringan mengeluarkan koceknya untuk membeli ulang dari online shop Anda.

Nah mayoritas dari cara peomosi online shop berikut ini hanya memerlukan lebih sedikit investasi dibandingkan mendapatkan pelanggan baru.

Eksklusif deals. Sesuai namanya tawarkanlah deals yang eksklusif untuk pelanggan lama. Strategi promosi penjualan ini bukan hanya menjaga kostumer Anda selalu melihat toko Anda, tapi juga akan meningkatkan rasio pembelian ke toko Anda. Meskipun apabila mereka mengabaikan deal hari itu.

Upselling & Cross Selling, Targetkan ikan dari kolam yang Anda miliki. subscriber email Anda, fans Facebook, dan Twitter bahkan group yang Anda kelola dengan mempromosikan sejumlah item. Promosikan kepada mereka produk yang Anda rasa mereka menyukainya. Kemudian lakukan up-selling dan cross selling produk lainnya dengan margin yang lebih tinggi.

Remarketing. Belakangan strategi pemasaran dengan remarketing cukup populer dan medianya pun semakin beragam. Ada Newsletter email, Remarketing fb ads,Remarketing Adwords ataupun Push notification, keempatnya adalah cara promosi yang luar biasa untuk melakukan pemasaran. Lebih hemat dibandingkan iklan biasa.

6. Tingkatkan rata rata penjualan

Untuk setiap satu kali transaksi. Banyak perusahaan online shop yang mengabaikan strategi pemasaran ini. Berikut adalah beberapa penjelasan ide yang spesifik;

strategi pemasaran meningkatkan penjualan toko online

Contoh strategi pemasaran meningkatkan omset penjualan toko online dengan upselling dan cross selling

sumber: Writepreneur

Upselling yang agresif. Pastikan website toko online Anda memiliki fitur upselling sehingga dapat menampilkan barang up-sell pada halaman produk detail ataupun dalam keranjang belanja Anda. Karena percaya atau tidak sebuah studi menemukan bahwa online shop yang menghadirkan pelanggan dengan 3 atau 5 pilihan yang sama, mereka cenderung memilih produk dalam kisaran mid-to-higher.

Cross selling. Menghadirkan produk terkait yang relevan dan senafas pada halaman produk detail ataupun keranjang belanja Anda. Sajikanlah barang-barang yang sering dijual bersama-sama. Seperti kentang dengan ayam dan es krim, kalau Anda berbelanja di McDonald atau KFC.

Diskon untuk volume. Bayangkan saat Anda berbelanja dan ketika mau melakukan checkout, lalu ditawarkan diskon volume. Jika rata-rata pesanan Anda adalah Rp. 300 ribu, kemudian datang penawaran diskon 10 persen pada Rp. 350 ribu dan diskon 15 persen pada Rp. 380 ribu. Serasa sayang dilewatkan, alhasil Anda melahap habis sejumlah barang agar penawaran diskon bisa Anda gunakan.

 7. Menaikan Harga Hingga Maksimum

Menaikan harga setinggi mungkin, berbeda dengan menaikan hingga maksimum. Untuk konsep lawas ini Anda perlu mencoba terus menaikan harga hingga ketemu harga tertinggi yang bersedia dibayarkan pelanggan toko online Anda.

Mark up harga di seluruh produk. Cobalah dengan peningkatan kecil, Anda bisa menetapkan margin berdasarakan persentase ataupun fix price.

Mark up harga untuk barang-barang tertentu, perlu Anda sadari jenis barang yang elastis maupun tidak elastis dalam penetapan harga. Untuk barang luxury umumnya bisa Anda tarik ulur karena pelanggan membeli cenderung karena psikologis.

8. Crossing Channel Marketing

Untuk Anda yang memiliki toko fisik bersamaan dengan toko online, Anda bisa mencoba beberapa ide ide Cross-channel Marketing yang banyak digunakan para retailer.

Pembeli di toko fisik, bisa Anda tawarkan pengiriman gratis apabila belanja di online shop. Coba Anda ingat ingat apakah ada pelanggan di toko fisik Anda dan ingin membeli sesuatu tetapi Anda tidak memiliki stok? ajak mereka untuk melakukan order secara online dan kirimlah kepada mereka tanpa biaya namun harga produk sudah mengcover ongkir tersebut.

Menjual secara online tetapi pelanggan bisa mengambil produk di toko offline. Apabila Anda memiliki sebuah toko online, Anda bisa mencoba mengajak konsumen Anda untuk mengambil pesanan di toko fisik. Tentu dengan insentif yang sudah dipersiapkan, hal ini memungkinkan mereka untuk tidak membayar biaya pengiriman, dan siapa menduga dengan mereka belanja langsung pelanggan Anda akan membeli sesuatu yang lain.

9. Pelajari dan Hipnotis pelanggan dengan kata kata mematikan yang menarik pelanggan online

Copywriting adalah bagian dalam marketing online, hanya lewat kata kata maka kita bisa lebih banyak mengkonversi lebih banyak penjualan. Sekarang bayangkan bagaimana jika Anda bisa mengubah window shopper menjadi pembeli ?

Dan itu terjadi hanya dengan melakukan sedikit perubahan kecil, mudah & cepat pada toko online Anda ? Tentu Anda berpeluang meningkatkan penjualan, karena sebagian besar pengunjung Anda window shopper.

Dan meskipun niat awalnya cuma ‘cuci mata’, window shopper tak bisa memungkiri ketertarikannya pada produk Anda. (itu sebabnya dia mengunjungi toko online Anda). Berikut beberapa ide strategi promosi yang bisa Anda terapakan di toko online Anda

Berikan Kontras, Nah, mari kita berasumsi ada window shopper nyasar ke toko online Anda setelah melihat promo diskon Anda via twitter. Setelah mereka datang mereka akan melihat lihat dan disinilah peluang Anda memainkan kontras. Membedakan warna nominal harga normal dengan warna nominal harga discount. Lihat contohnya pada screenshot dibawah

Strategi promosi peningkatan toko online

Permainan kontras warna dapat memicu peningkatan penjualan online shop lebih banyak dan lebih tinggi

Sumber: Writepreneur

Penggunaan warna merah yang kontras secara otomatis menarik perhatian orang lebih dari warna hitam di sekitarnya. Inilah kenapa online shop kelas atas selalu tampil elegan dan minimalis, untuk mencegah banyak distorsi.

Berikutnya Harga Coret. Anda bisa membuat perbedaan harga dengan “Harga Coret” dan bisa anda modifikasi lagi untuk semakin mencolok dengan membedakan ukuran font yang Anda gunakan.

Hasil riset membuktikan nominal harga yang menerapkan harga coret dan menggunakan font lebih kecil selalu dipersepsikan lebih murah dari nominal harga yang menggunakan ukuran font lebih besar.

cara promosi meningkatkan penjualan online shop

Trick Harga coret merupakan salah satu cara promosi menggunakan tehnik scarity

Itu saja.

Memang, kalau mendengar yang namanya “diskon” sebenarnnya sudah cukup kuat memicu minat beli para window shopper….Cukup dengan menambahkan efek kontras pada warna & Harga coret serta ukuran font, Anda bisa melipatgandakan pengaruh diskon, sehingga mereka tidak menunda pembelian.

Keren!

Bikin toko online

Selamat mencoba strategi promosi penjualan di atas, jika Online shop Anda memiliki masalah, Anda juga berkonsultasi dengan Deerham di Biz.Deerham.com atau bagi yang ingin memiliki toko online, Anda juga bisa minta dibuatkan di Biz.Deerham.com

Arham
Arham
Bukan ustad, cuma seorang taubaters yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online dan melepas perilaku sekularisme. Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa brand untuk optimasi media online di Biz.deerham.com.