Panduan Menjual Barang Bekas di Internet

panduan mejual barang bekas

Di era yang serba online, mayoritas semua pebisnis mulai berbondong bondong masuk secara masif ke ranah internet sebagai media pemasaran. Semenjak dikenalkannya internet marketing pada saat – saat ini, banyak orang yang coba mempelajari beragam tehnik pemsaran internet mulai dari yang berbayar – konten marketing – hingga search engine optimization (SEO).

Alasannya beragam, berdagang lewat internet dirasa juga cukup menekan angka pengeluaran. Mulai dari pegawai dan khususnya lokasi tempat usaha. Karena saat anda berjualan lewat internet Anda tidak membutuhkan lapak. Yang dibutuhkan hanyalah jaringan internet dan tentunya website saja.

Pengelolaan bisnis di internet juga sudah semakin dimudahkan lewat hadirnya berbagai macam platform untuk mendukung penjualan. Tentu masih ada juga banyak situs atau website marketplace yang merupakan tempat jual beli online yang bisa digunakan oleh siapapun bagi yang ingin menjual produk maupun membeli di situs marketplace tersebut. Seperti halnya pasar konvensional di dalam marketplace itu bukan hanya menampung produk-produk terbaru tapi juga produk bekaspun juga ada didalamnya.

Yang jadi pertanyaan, seberapa cepat – mudahkah menjual barang bekas di internet ? dan mungkinkah dijual dan dapat lebih tinggi? Jawabannya sangat mungkin sekali.

Panduan Menjual Barang Bekas di Internet

Jika sebagian dari Anda yang mempunyai produk atau barang-barang bekas di rumahnya dan ingin menjualnya di internet. Berikut tips untuk menjual barang bekas Anda diinternet :

1. Doa dan Strategi Sedekah

Doa adalah senjatanya orang Muk’min. Inget yah, muk’min bukan muslim. Jadi ngak semua orang bisa. Sewaktu menjual barang bekas pun kita bisa meminta laku dengan nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya, lakukan dengan Doa. Nah, jika lakunya dibawah harga harapan anda, anda bisa bersedekah. Dengan dalil al-baqarah 245 & 261 maka duit yang anda sedekahkan akan diganti berkali kali lipat.

Tentu syarat dan ketentuan berlaku, misalnya menjauhi 10 perkara dosa besar. Lalu bagaimana akan diganti ALLAH S.W.T ?

Bisa dalam bentuk duit atau bisa juga langsung dalam bentuk yang memang anda butuhkan. Secara tauhid sudah, sekarang masuk ke tahapan ikhtiarnya.

2. Pilih media untuk berjualan

Memilih tempat yang relevan, tempat yang sesuai dengan barang yang ingin anda jajakan. Jika Anda menjual barang bekas di internet sebenarnya bisa di promosikan dimana saja karna umumnya berbagai website menyediakan ruang untuk hal ini, atau anda bisa memanfaatkan facebook ads. Tentu dengan menyesuaikan demografi audiens yang ingin anda sasar.

3. Foto produk

Gambar selalu lebih mudah dicerna dibanding teks, oleh karena itu foto  produk yang akan dijual memegang peran penting meskipun ia produk bekas, usahakan untuk mengambil gambar dengan kondisi terbaik dari berbagai sisi produk. Resolusi kamera harus yang terbaik pula jika ingin menghasilkan foto yang paling maksimal. Jika dimungkinkan tambahkan nomor kontak dengan watermark pada gambar, karena pengguna di Indonesia lebih nyaman dan mahfum dengan hal ini dibandingkan email.

4. Tuliskan deskripsi secara lengkap

karena produk yang Anda jual adalah produk bekas, maka masalah penulisan deskripsi ini harus Anda tuliskan se-detail mungkin. Jika memang ada cacat, maka harus anda jelaskan dimana cacatnya dan seberapa persen kondisinya. maka kondisi apapun yang terjadi pada produk tersebut harus disampaikan secara detail dan lengkap, apapun kondisi dari produk tersebut.

Cobalah untuk menjadi penjual yang jujur, jika ingin sukses berjualan di internet, sementara untuk hal yang teknis maka penulisan deskripsi ini dapat dilakukan dengan copy paste dari deskripsi milik lapak lain.

5. Riset harga pasar

Setelah copywriting barang anda siap dipasarkan, sekarang tinggal tahap akhirnya yakni penentuan harga. Dalam Islam tidak ada batasan berapa barang maksimal dijual, namun tetap disarankan tidaklah yang terlalu besar. Umumnya dikisaran 2,5% profit. Apabila harga pasaran sudah rusak alias dibawah harga produk anda atau bisa dibilang antar penjual sudah terjadi persaingan harga yang ngak sehat, tetaplah stay pada harga jual anda.

Setiap pembelian memang dipengaruhi oleh banyak faktor namun yang paling dominan dan mutlak adalah kesediaan hati pembelinya. Keep praying as a muk’minin, you will get for every price you set.

Kedepannya nanti orang orang akan lebih cenderung berbelanja di marketplace. Selain bisa mendapatkan pasar yang tepat, pilihan produk juga semakin banyak, serta pembeli juga bisa melakukan perbandingan value dari suatu barang yang ditawarkan.

Bobby Afif
Bobby Afif
25/02/91, S.Kom, Twitter : @bobbyafif, Phone : 085694523971, Depok.