4 Panduan Sederhana Meningkatkan Traffic Website Dengan Youtube Marketing

cara meningkatkan traffic website dari youtube

Pada hakekatnya sumber traffic bisa didatangkan darimana saja, mulai dari SEO, SEM, facebook, banner ads dan salah satunya tentu youtube marketing.

Setidaknya Ada 3 alasan sederhana “Kenapa Anda harus memanfaatkan youtube untuk mendatangkan traffic ke website?”.

Youtube adalah mesin pencari terbesar kedua setelah Google. Video youtube adalah asset viral bisnis Anda yang akan terus mendatangkan viewers. Dan yang terakhir Menurut survey 67% netizen generasi Z dan generasi milenial muda menganggap video digital sebagai bagian penting dalam hidup mereka.

 

Lalu pertanyaannya kenapa traffic?

 

Traffic merupakan salah satu aspek penting dalam keberhasilan kampanye digital marketing. Semakin banyak jumlahnya, maka semakin besar peluang konversi yang didapat, sehingga berpengaruh juga pada penjualan.

Masih bingung bagaimana cara meningkatkan traffic website dengan YouTube marketing? Yuk langsung saja simak beberapa cara berikut untuk mendapatkan traffic website dari YouTube.

 

Riset Keywords Pada Judul Video

Sudah bukan hal yang aneh kalau youtube akan lebih mudah mendapatkan peringkat yang lebih baik di search engine google dibanding artikel yang kamu buat di website. Namun hal ini ada syarat kunci, apa itu?

Lakukan SEO riset. Sebelum video Anda ditonton oleh banyak orang, Anda harus memastikan bahwa video tersebut akan mudah ditemukan. Tentukan jenis keyword intent yang cocok dengan konten video, misalnya informational intent ataupun product keyword…

Saat pemilihan keyword hindari transactional intent sebab intent tersebut diperuntukan untuk web eCommerce, terlebih jika Anda memaksakan keyword transactional intent dan saingan di hasil pencariannya berupa toko online atau web eCommerce dan Marketplace

Untuk mengenal intent pada keyword, kamu bisa memahaminya lewat gambar berikut ini:

 

 

Selain harus optimal di mesin pencari Google, YouTube juga sebaiknya menggunakan keywords untuk menentukan penemuan video. Oleh sebab itu, cantumkan keywords yang relevan pada judul video Anda. Disini Anda bisa memanfaatkan tool gratis semacam keywordtool.io/youtube

 

Seandainya, Anda hendak meng-upload video tentang cara merawat sepatu kulit. Daripada hanya menuliskan judul “Merawat Sepatu Kulit”, Anda bisa membuatnya lebih menarik dengan “5 Cara Sederhana Merawat Sepatu Kulit Sintetis Dengan Alat Rumahan”.

 

Dengan begitu, bukan saja peluang video Anda untuk muncul di bagian atas hasil pencarian YouTube akan semakin besar tapi juga memilki click bait pada judulnya

 

Optimalkan Bagian Deskripsi Video

Setiap kali meng-upload video baru ke YouTube, Anda bisa memaksimalkan kesempatan untuk mengisi bagian kolom deskripsi. Banyak internet marketer yang mengabaikan kesempatan fitur ini, padahal manfaatnya cukup ampuh untuk mendapatkan traffic.

 

Saat mengisi kolom deskripsi, Anda bisa mencantumkan 200-300 kata layaknya pembuatan artikel yang teroptimasi. Lengkap dengan variasi keywordnya. Serta jangan lupakan Call-to-Action (CTA) pada bagian awal deskripsi, lengkap dengan URL dari website Anda.

 

Misalnya seperti, “Dapatkan Subscriber Lebih Banyak di [alamat URL]”. Jangan lupa menggunakan (http://) agar viewers bisa langsung meng-klik-nya alamat URL dengan mudah.

 

Perbanyak Views dan Subscriber dari Komunitas Online Anda

Semakin banyak subscriber dan views, semakin besar pula peluang untuk meningkatkan traffic website Anda. Manfaatkan komunitas online seperti di facebook, LinkedIn ataupun Quora. Keberadaannya dapat menjadi cara yang cukup ampuh untuk menjaring banyak views.

Dalam hal kualitas konten perlu diperhatikan. Perlu diingat mayoritas komunitas tidak menyukai konten ’sampah’ yang misalnya meletakkan link konten berlebihan, tetapi umumnya mereka lebih terbuka pada orang-orang yang berbagi video bermanfaat.

Plus bukan tidak mungkin akan terjadi viral

Jumlah views juga berpengaruh pada ranking hasil pencarian. Untuk hal ini ada baiknya Anda juga memanfaatkan viewers dan subscriber bayaran sebagai langkah awalnya saja.

Faktor psikologis bisa membantu Anda untuk mendapatkan viewers dan subscriber yang natural, karena umumnya orang akan mengikuti (ikut- ikutan) ngeview ataupun ngesubscribe setelah melihat suatu Akun / Video memiliki banyak views ataupun subscriber.

Sebab mereka menganggap Akun atau video Anda sebagai akun populer. Jadi, jika bisa mendapatkan banyak views, peluang untuk mendapat ranking teratas akan semakin tinggi pula

 

Minta Orang Melakukan Apa yang Anda Inginkan

67% netizen lebih suka youtube

 

Survey membuktikan 67% netizen indonesia lebih suka menonton youtube bahkan dibandingkan TV. Cara ini dapat dikatakan sebagai cara paling mudah, tapi justru paling sering diabaikan. Pada setiap video yang di-upload, Anda harus mengatakan CTA (Call To Action) secara spesifik dan beri tahu bagaimana viewers dapat mengakses website Anda, serta keuntungan apa saja yang akan mereka dapatkan dari hal tersebut.

Anda bisa melakukannya dengan dialog sederhana seperti, “Terima kasih telah menonton video saya”.

Misalkan juga seperti “Untuk mengetahui bagaimana menjaring traffic yang low cost melalui YouTube, Anda bisa langsung mengunjungi Deerham.com. Kami akan terus meng-update blog di sana!”

 

Atau Anda bisa berkonsultasi di Biz.deerham.com

 

Meskipun sederhana tapi hal ini akan memotivas viewers untuk melakukan aksi yang Anda minta. Semoga keempat cara di atas bisa membantu Anda untuk memaksimalkan YouTube untuk mendapatkan traffic menuju website.

Arham
Arham
Pemuda Hijrah yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online dan melepas perilaku sekularisme. Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa bisnis salah satunya Digital Consulting Biz.deerham.comyang mengelola brand untuk optimasi media online.