Memahami Komposisi Buvanest Spinal 0.5% HEAVY 4 ML

Dalam dunia medis obat anastesi ini bupivacaine / buvanest spinal Merupakan anestetik lokal dengan golongan amide yang menyebabkan blokade penyebaran impuls sepanjang serat saraf yang reversible dengan mencegah masuknya ion natrium melalui membran saraf. Proses kerja zat kimia buvanest spinal atau yang nama medisnya bupivacaine diperkirakan bekerja dalam kanal natrium membran saraf sekurangnya 2 hingga 3 jam untuk komposisi standard buvanest spinal 

Untung teman teman yang lupa dengan apa itu buvanest spinal, (saya coba ingatkan yah) Disekitar beberapa bulan lalu pernah terjadi pasien meninggal sebab ‘keanehan’ pada rs siloam dalam memanfaatkan obat injeksi Buvanest spinal. Buvanest spinal ini adalah sebuah tindakan anastesi bagi kandungan. Selama ini obat anestesi Buvanest Spinal tidak beredar bebas, hanya ada di rumah sakit. Meski obat itu saat ini ditarik dari peredaran, para calon dokter tak usah khawatir sebab akan kesulitan melakukan tindakan operasi karena banyak obat anestesi lain memiliki izin edar yang bisa kalian cari dan kalian pakai berdasarkan referensi studi kasus kalbe yang bertebaran. Dengan penjelasan medisnya seperti berikut:

Buvanest adalah nama obatnya sedangkan Spinal adalah lokasi dilakukannya tindakan medis yakni pembiusan alias anastesi. Kegunaan buvanest spinal lazimnya bagi proses persalinan atau yang masih terkait dengan kandungan. Lalu istimewanya dimana? obat buvanest/bupavacaine ini spesialis untuk kandungan sebab memiliki komposisi sebagai berikut .

Komposisi injeksi buvanest spinal:
Bupivacaine 5 mg/mL.

Bentuk Sediaan buvanest spinal:
Obat cairan injeksi dalam vial 20 mL.

Peringatan dan Perhatian Saat Menggunakan Obat Buvanest Spinal:

– Hati-hati pada pasien usia lanjut, pasien dengan kelainan fungsi ginjal, hati, dan kardiovaskuler.
– Perlu dilakukan aspirasi darah atau cairan serebrospinal sebelum injeksi anestetik lokal.
– Pada ibu hamil diberikan hanya bila manfaatnya pada janin lebih besar daripada risikonya.
– Tidak dianjurkan pemberian pada ibu menyusui.

Farmakologi Bupavicaine

Jika jumlah obat yang berlebihan mencapai sirkulasi sistemik dengan cepat, akan muncul gejala dan tanda toksisitas, terutama dari sistem saraf pusat dan kardiovaskuler. Bupivacaine mempunyai lama kerja yang panjang dan potensinya sekitar empat kalinya lidocaine. Pada konsentrasi 5 mg/mL, lama kerja bupivacaine 2-5 jam setelah injeksi epidural tunggal dan hingga 12 jam setelah blok saraf perifer. Onset blokade lebih lambat dibandinglidocaine, khususnya jika menganestesi saraf yang besar.

Ikatan protein plasma 96%. Bupivacaine diekskresikan ke dalam urin. Untuk proses pemakaiannya perlu diketahui kontra-indikasi dan efek samping yang disebabkan obat buvanest spinal ini

Kontraindikasi Penggunaan Bupivacaine / Buvanest Spinal

  1. Hipersensitivitas terhadap anestetik lokal jenisamide atau komponen lain dari larutan BUVANEST 0.5%.
  2. Anestesi blok paraservikal obstetri.
  3. Anestesi regional intravena dan infus intervene
  4. Kontraindikasi umum terhadap anestesi epidural.

Efek Samping Buvanest Spinal:

Hipotensi, bradikardi, pusing, depresi napas, reaksi alergi.

Berdasarkan komposisi obat injeksi buvanest / bupavicaine diatas, sudah jelas bagian mana yang perlu diwaspadai. Bagian mana yang sebaiknya jangan menggunakan obat injeksi buvanest spinal ini dan Komposisi seperti apa, sehingga jika komposisi berbeda maka tidak dapat dikatakan sebagai obat buvanest spinal.

Obat injeksi Buvanest mengandung Bupivacaine. Obat injeksi untuk anestesi atau pembiusan lokal ini diindikasikan untuk anestesi Spinal atau penyuntikan tulang belakang. Obat anestesi ini biasanya digunakan untuk tindakan bedah urologi, saluran cerna, operasi kandungan atau anggota gerak bagian bawah.

Bupivacaine/buvanest spinal diindikasikan untuk infiltrasi lokal, saraf perifer blok, blok saraf simpatis, dan epidural dan blok ekor. Hal ini terkadang digunakan dalam kombinasi dengan epinefrin untuk mencegah penyerapan sistemik dan memperpanjang durasi kerja. Formulasi obat anastesi buvanest digunakan untuk blok retrobulbar. Hal yang paling umum digunakan dalam anestesi lokal anestesi epidural selama persalinan, serta dalam manajemen nyeri pasca operasi

Referensi Buvanest Spinal

http://simplyecho.net/mengenal-komposisi-buvanest-spinal-0-5-heavy/

http://simplyecho.net/injeksi-buvanest-05-persen-dan-asam-tranexamat-obat-yang-bikin-heboh/

http://www.kompasiana.com/arhamblogpreneur/asam-tranexamat-dan-buvanest-spinal-mari-kenal-perbedaannya_55fcfb9d147b618e05ce71e0

 

Arham
Arham
Pemuda Hijrah yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online dan melepas perilaku sekularisme. Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa bisnis salah satunya Digital Consulting Biz.deerham.comyang mengelola brand untuk optimasi media online.