Manfaat Penerapan Sistem Ekonomi Syariah

manfaat sistem penerapan ekonomi syariah

Yup, sistem ekonomi berbasis panduan – panduan dalam ajaran Islam ini kembali tren di kalangan para pengusaha. Sebagian kalangan mengaplikasikan manfaat ekonomi syariah karena keuntungan pertumbuhan demand akan ekonomi yang bernafaskan Islam, sementara sebagiannya lagi karna lebih mengharapkan kebahagiaan lewat harta yang halal dan baik prosesnya.

Ciri Ekonomi Syariah

Allah SWT secara tegas memerintahkan agar kita memasuki Islam secara menyeluruh.

“ Hai orang – orang yang beriman, masuklah kamu kedalam Islam kaffah, dan jangan kamu ikuti langkah – langkah setan, sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu”. ( QQ. 2 : 208 ).

Termasuk salah satunya aktivitas ekonomi. Setelah tiga dasawarsa terakhir menjelang abad 21, muncul kesadaran baru umat Islam untuk mengembangkan kembali kajian ekonomi syari’ah. Ajaran Islam tentang ekonomi, kembali mendapat perhatian serius dan berkembang menjadi disiplin ilmu yang berdiri sendiri.

Sistem ekonomi syariah mengajarkan tegaknya nilai-nilai keadilan, kejujuran, transparansi, anti korupsi dan eksploitasi. Artinya, misi utama ekonomi syariah ialah tegaknya nilai-nilai akhlak moral dalam aktivitas bisnis baik individu, perusahaan ataupun Negara.

Dalam penerapannya sistem ekonomi syariah terkait dengan perniagaan, misalnya produk investasi online.

Kalau pada masa lalu, sebelum hadirnya lembaga–lembaga keuangan syariah, umat Islam secara darurat berhubungan dengan lembaga keuangan konvensional (ribawi), tetapi pada masa kini, di mana lembaga keuangan syariah telah berkembang, maka alasan darurat tidak ada lagi.

Ini artinya, dana umat Islam bebas masuk ke lembaga – lembaga keuangan investasi syariah yang bebas praktek riba.

Manfaat Penerapan Ekonomi Syariah

Dalam perspektif keyakinan seorang muslim setiap aktivitas apa pun yang didasarkan pada tuntunan syariah akan membawa manfaat bagi kehidupannya. Dengan mengamalkan ekonomi syariah jelas mendatangkan banyak manfaat yang besar bagi umat Islam itu sendiri, diantaranya

Keberkahan, Menerapkan dan mengamalkan ekonomi syariah akan mendapatkan keuntungan duniawi dan ukhrawi. Banyak mereka yang sudah mengimplementasikan kemudian memberi testimoni bahwa salah satu keungulan bentuk harta yang halal adalah keberkahan. Dalam prakteknya seberapapun besarnya harta yang diterima maka akan selalu cukup dengan kebutuhan yang ditanggung. Baik diterima besar maupun kecil.

Tanpa ada pihak yang dirugikan, dengan melakukan praktek ekonomi berdasarkan syariah Islam selain mendapatkan nilai ibadah akan ada keadilan didalamnya. Sistem pembagian keuntungan ekonomi syariah ditetapkan dengan sistem bagi hasil yang telah disepakati semua pihak. Dalam hukum Islam apabila terdapat satu atau lebih pihak yang merugi karena pengambilan keuntungan yang terlalu besar diluar kesepakatan maka hal ini termasuk penganiayaan dan diharamkan.

Distribusi merata, Bahkan untuk tuntunan yang mungkin terlihat sebagai sesuatu yang berat dan menyakitkan, akan ada hikmah yang membawa kemaslahatan (QS. 2:216). Dalam skala makro dapat dipastikan penerapan ekonomi syariah akan memeratakan distribusi pendapatan dan kekayaan seperti halnya era Abdullah ibn Umar. Dari sinilah peran zakat, infaq sadaqah juga athaya oleh negara kepada masyarakatnya.

Tahan Krisis, banyak ahli yang telah mengakui salah satu keuntungan ekonomi syariah. Ekonomi syariah dapat mengurangi kerentanan perekonomian akibat fenomena yang disebut sebagai decoupling economy. Melalui sistem bagi hasil, ekonomi syariah membuat tidak adanya jarak antara sektor keuangan dan sektor riil.

Pertumbuhan Entrepreneur tanpa riba. Sistem penerapan ekonomi syariah memiliki prinsip bagi hasil (lost and profit sharing) yang merupakan implementasi keadilan dalam roda perekonomian. Salah satu cerminannya adalah dalam produk-produk mudharabah dan musyarakah yang telah diterapkan di singapura dan Inggris.

Dalam penerapan transaksi ekonomi mudharabah, dimana pemilik modal (financer) dan pengelola (enterpreuneur) bersepakat dalam suatu proyek jika mendapatkan keuntungan maka masing-masing akan mendapat bagian sesuai dengan nisbah yang telah ditetapkan dalam kontrak.

Sementara apabila merugi, maka pihak pertama saja yang kehilangan sebagian dari modalnya. Sedangkan pihak kedua kehilangan kesempatan untuk mendapatkan nisbah keuntungan dan imbalan dari hasil kerjanya selama proyek berlangsung.

Fair bukan

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, penerapan sistem ekonomi syariah jelas merupakan pilihan yang sangat menguntungkan. Kecuali mereka yang mementingkan eksploitasi.

Bicara tentang eksploitasi, tentu akan menarik kalau kita membicarakan digital marketing alias cara pemasaran dengan media internet. Tentu eksploitasi dalam konteks yang baik.

Mengoptimalkan Strategi Pemasaran Bisnis Dengan SEO

Di era yang serba digital sekarang ini, apa apa serba online…

Mau pesan makanan? via Gojek…mau membuka usaha? pasti, pengusaha akan memasukan media online sebagai media pemasarannya.

Jika kamu termasuk yang ingin mengimplementasikan startegi pemasaran digital di bisnis kamu, maka mulailah dengan membuat website.

Lalu, “Bagaimana jika saya sudah punya website?

Tentukan, apakah website bisnis kamu termasuk yang membutuhkan traffic jangka panjang dan mampu menghasilkan PROFIT secara TERUS MENERUS?

Jika “iya” maka kamu perlu memaksimalkan website dengan Search Engine Optimization.

jasa seo

jasa SEO terbaik dengan portfolio brand besar dan startup lokal

Mungkin kamu berniat untuk meng-implementasi-kan strategi SEO kedalam pemasaran digital, namun sayangnya tidak banyak yang benar benar mengerti bagaimana mengelola website dengan search marketing ataupun membuat forecasting dengan Google atau lainnya.

Untuk lebih mengoptimalkan promosi bisnis anda, baik skala global maupun skala lokal. Untuk itu anda dapat menggunakan jasa SEO terbaik dari Biz.Deerham.com

 

Anda dapat melakukan kontak untuk konsultasi gratis atau bahkan menentukan jadwal meeting jika ingin melakukan kampanye marketing online dan meningkatkan omset!.

Arham haryadi
Arham haryadi
Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa brand untuk optimasi media online di Biz.deerham.com.