Mesin Air Roasting: 4 Kualitas Kopi yang cuma bisa didapat lewat Teknologi Hot Air

Kualitas mesin kopi air roasting

Kualitas mesin kopi air roasting

Bagaimana kopi anda dibuat? Jenis kopi apa yang dipakai?…

Sementara yang mengenal sedikit lebih dalam akan bertanya tentang cara roasting kopi hingga mesin roasting kopi yang kami gunakan. – Air Roasting Kopi !.

Ada banyak yang bertanya pada kami “Apa itu Air roasting kopi” sebagian lainya bertanya “Apa yang membuat Hot Air roasting begitu spesial?”

We’re so glad you asked!

Bagaimana Melihat Hasil Roasting Kopi yang baik

Proses roasting biji kopi atau yang dalam bahasa inggris dikenal dengan Roast, berarti memanggang.

Secara umum untuk kopi ada tiga tingkat atau level roasting kopi (tingkat panggang) yakni Light Roast, Medium Roast, Medium-Dark Roast, dan Dark Roast. Meskipun secara advanced ada tingkatan roasting kopi yang lebih spesifk.

Seperti french roast, vienna roast, cinnamon roast, dll.

Sederhanya roasting atau sangrai merupakan cara memasak biji kopi. Saat biji kopi dimasak, seperti halnya daging, tepung gandum, dan bahan lainnya yang dimasak, terdapat suatu reaksi kimia yang menyertai.

Alhasil karakter biji kopi juga berubah.

Proses kimiawi biji kopi terjadi setelah green bean atau biji kopi mentah akan dimasukan ke dalam mesin roasting. Kemudian biji kopi akan berubah warna, dari hijau, kuning, kuning kecoklatan, coklat muda, coklat tua, coklat kehitaman, sampai terakhir manjadi hitam.

Aromanya pun akan berubah pada setiap menit proses roasting kopi. Sangat unik dan mempesona. Subhanallah.

Semakin lama proses biji kopi itu dimasak, semakin banyak bahan kimia yang berubah karakteristiknya. Oleh sebab itu derajat suhu roasting kopi atau sering nama roasting sudah menggambarkan seberapa jauh biji kopi dipanggang.

Jika kopi terasa pahit, ada kemungkinan Anda menyangrainya terlalu dark. Jika kopi kurang memiliki flavor atau sweetness, kemungkinannya Anda menyangrai terlalu lama.

Dan sebaliknya, jika kopinya terasa agak asam, astringent atau grassy, bisa jadi penyangraiannya terlalu cepat.

Nah, kalau Anda mengalami hal-hal seperti tadi, tidak perlu langsung merasa down. Percobaan berkali-kali, berikut trial and error-nya, adalah hal yang sehat dalam proses belajar menyangrai kopi.

Apa itu Air Roasting Kopi?

Hot Air Roasting atau dengan nama lainnya Air Roasting adalah metode sangrai kopi yang berbeda. Proses sangrai kopi bukan pada permukaan roaster tapi di udara, AMAZING.

Konon kabarnya, metode roasting kopi ini diprakarsai Michael Sivetz seorang insinyur kimia dan konsultan Industri kopi.

Kalau kita kebanyakan mengenal drum roasters (sangrai dengan drum), prosesnya dengan menyimpan udara panas ke alat sangrai kopi, kemudian biji jatuh dan menyentuh permukaan yang panas untuk kemudian mencapai level roasting terbaik untuk biji kopi.

Tapi sayangnya metode drum roaster memiliki banyak kekurangan kalau dibandingkan dengan Air Roasting Kopi. Jadi singkatnya Air roasting kopi memberikan hasil sangrai kopi yang tidak bisa penikmat kopi dapatkan di drum roasting.

Kualitas yang dihasilkan Mesin Air Roasting Coffee

Seperti yang sudah kita singgung diatas, hasil sangrai drum roasting berbeda dengan air roasting (hot air). Sebabnya biji kopi yang dibakar tidak melekat pada dasar drum, melainkan mengambang. Setidaknya terdapat 4 kelebihan air roasting kopi yang menonjol;

1. Hasil Merata

Karena dengan system hot air material melayang di udara panas di dalam Roasting Chamber.

2. Aroma Kopi yang Original dan unik

Tidak bau metal, tidak bau asap, tidak bau gosong. Karena kulit arinya terbuang keluar ke Cyclone dust coletion.

3. Biji Kopi yang Bersih

Karena kulit ari, pasir, kotoran logam terpisah di both Destoner sebelum naik ke Destoner roast bean. dan terisap di waktu pendinginan di colling chamber dengan system vacum udara panasnya

4. Efisiensi Waktu

Karena suhu temperatur stabil dari chamber burner. Dengan System electrik yang lebih modern dengan system interlock dalam wiring electricnya sehingga lebih praktis.

coffee-fbads

Untuk memperoleh hasil sangrai yang baik tidak saja diperlukan mesin air roasting kopi, tapi juga kemampuan mengolah biji kopi itu sendiri. Untuk yang ingin menikmati lezatnya kopi yang di sangrai dengan mesin hot air, anda bisa melakukan pemesanan biji kopi jawa barat sekarang juga, yang dikenal memiliki aroma dan rasa yang khas.

Arham
Arham
Pemuda Hijrah yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online dan melepas perilaku sekularisme. Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa bisnis salah satunya Digital Consulting Biz.deerham.comyang mengelola brand untuk optimasi media online.