Kerak Telor, Kuliner Khas Betawi Yang Melegenda

kerak telor jakarta

Siapa yang tidak kenal kerak telor ?

Makanan legendaris yang satu ini adalah salah satu kuliner khas betawi. Menurut sejarahnya Kelezatannya membuat makanan satu ini menjadi santapan elit pada jaman kolonial belanda. Tapi, lambat laun kepopuleran kerak telor mulai terkikis seiring dengan perkembangan jaman bahkan saat ini sulit ditemui.

Dahulu kerak telor disajikan dalam hidangan untuk merayakan suatu acara atau hajatan. Saat ini kerak telor cuma bisa mudah kita temui di event tahunan seperti Jakarta fair. Meskipun penjual kerak telor kini sudah sangat jarang dijumpai. Hanya dievent – event besar dan dibeberapa kawasan wisata Jakarta, Kelezatan kerak telor masih menjadi salah satu incaran para pecinta kuliner.

Selain rasanya yang lezat, cara membuat masakan ini juga terbilang cukup unik. Kerak Telor dimasak setengah matang pada wajan yang pada tungku kecil sambil dikipas-kipas agar barah api tetap menyala.

Setelah agak kering dan matang barulah Kerak Telor siap untuk di sajikan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerak telor tidaklah banyak. Hanya terdiri dari nasi, ketan aron setengah matang yang dicampurkan dengan telor ayam atau telor bebek beserta bumbunya.

Tempat Jajanan Kerak Telor

Jakarta banyak menawarkan tempat kuliner unik dengan berbagai sajian atau dekorasinya yang khas, demikian juga dengan wisata kuliner di jakarta selatan. Kamu bisa menemukan kerak telor disana.

Tapi selain itu..kalau kita bicara tentang kerak telor, akan sulit menemukannya. Makanya jajanan khas jakarta ini menjadi ikonik di jakarta fair.

Umumnya selain di Jakarta Fair, makanan khas Betawi ini bisa dijumpai di area museum Jakarta. Harga yang ditawarkan relatif  berdasarkan model eventnya, ada yang berkisar 10 ribu sampai 12 ribu bahkan bisa lebih. Bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner khas betawi ini Deerham ada beberapa rekomendasi tempat jajanan kerak telor di jakarta misalnya di Setu Babakan,

1. Cibubur Plaza, Jl. Raya Alternatif Cibubur KM.23, Cibubur, 17435.

2. Mall Kelapa Gading 1, Food Court, Jl. Boulevard Raya Kelapa Gading

3. Waroeng Kita – Plaza Senayan, Basement 1 Unit Sogo, Jl. Asia Afrika No. 8, Senayan

4. Jajanan Kerak Telor di masjid Al-Hakim.

Ada seorang penjaja kerak telor pikulan yang mangkal di depan spermarket Hero, yang letaknya berada di antara Dunkin Donuts dan Masjid Al-Hakim. Keistimewaan dan yang menjadi ciri khas kerak telor buatannya;

  • Ujung nya garing, namun tengahnya empuk, beras ketannya terasa padat berisi namun tidak keras
  • Telor bebek nya terasa, dan mampu membuat garing ujung kerak telor jika digoreng tanpa minyak menggunakan arang
  • Rasa pedas didapat dari memasukkan potongan cabe rawit ke dalam adonan kerak telor sebelum dimasak, diaduk rata bersama kerak telornya. Sementara sebagian besar kerak telor di Jakarta ini memasukkan lada dan merica saja, bahkan ada yang nekat menambahkan sambal botol untuk menambah rasa pedas pada adonannya. Hasilnya akan terasa beda, tetap lebih mantap dan asli cabe rawit.
  • Ini yang mungkin agak konyol tapi nyata, topping serundeng dan ebi nya Kerak Telor si Engkong terkenal banyak….kalo pelit, berarti saya anggap itu yang jual Betawi palsu…hahahaha.

Untuk kamu yang tertarik dengan wisata kuliner

 

Bobby Afif
Bobby Afif
25/02/91, S.Kom, Twitter : @bobbyafif, Phone : 085694523971, Depok.