Investasi Emas atau P2P Lending, Mana Investasi yang lebih menguntungkan

keuntungan investasi emas

keuntungan investasi emas

Menabung bukan solusi untuk menambah harta, oleh sebab itu semakin hari semakin banyak yang sadar pentingnya investasi. Salah satu solusi investasi aman untuk menyelamatkan dana agar tidak terbuang sia – sia adalah dengan melakukan manajemen investasi. Salah satu yang dianggap paling menguntungkan adalah Investasi emas.

Investasi emas memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan sektor investasi lainnya. Meskipun demikian banyak pula kekurangan investasi emas. Apalagi jika dibandingkan dengan beragam investasi online saat ini yang semakin beragam jenisnya.

Kali ini kita akan coba membandingkan peluang investasi emas dengan jenis investasi peer to peer lending yang sedang kekinian, dengan Amartha.com sebagai perwakilan dari investasi P2P Lending.

Kita akan membedah faktor apa saja yang membuat banyak orang memilih investasi emas?

Jenis investasi emas yang dipilih? apakah emas batangan atau dalam bentuk perhiasan..

..dan bentuk bentuk kesalahan investasi emas yang sering dilakukan namun tidak kita sadari

Peluang Investasi Emas Untuk Masa Depan

Investasi emas dari antam maupun investasi emas pegadaian menjadi primadona para investor yang senang menanamkan uangnya melalui barang tambang tersebut, terlebih investasi emas saat ini tersedia secara online. Hal ini jelas mempermudah para investor pemula.

Disamping kemudahan pembelian emas, bagi investor pemula terdapat kemudahan untuk mengetahui nilai jual. Sebab harga emas relatif mudah diprediksi untuk naik dan lebih aman dibanding investor berinvestasi di sektor lain.

Ilustrasi Investasi Emas Antam

dari segi keuntungan, harga emas fisik milik Antam terendah dalam 2 tahun di level Rp 498.000 pada 25 Juni 2013. Saat itu, harga spot emas berada di level US$ 1.286 per troy ounce.

Sedangkan pada tahun 2015, harga emas batangan Antam mengalami kenaikan, berada pada angka Rp 586.000/gram untuk pecahan 1 gram.

Melihat perbandingan angka tersebut, dapat dilihat jika investasi di emas batangan sudah mencatatkan keuntungan 17,67% dalam 2 tahun. Menarik bukan ?

Setidaknya terdapat 3 alasan umum kenapa orang memilih menginvestasikan hartanya dalam bentuk emas, yakni;

1. Investasi Emas Tidak Terpengaruh Pasar, bila uang anda sudah dikonversi dalam bentuk emas, alias anda membeli emas, maka uang anda dilindungi dalam emas anda. Ketika harga emas naik tentu uang anda akan bertambah sebab emas batangan atau sejenisnya tidak akan dipengaruhi kondisi pasar, politik ataupun tingkat inflasi.

Sementara apabila harga emas turun, biasanya bahan bahan pokok pun turun. Artinya, dengan berinvestasi emas akan tidak berdampak terhadap daya beli anda. Singkatnya akan mengamankan harta anda dari penyusutan nilai.

2. Investasi Emas adalah asset yang nilainya terus bertambahInvestasi emas adalah asset nyata. Saat membeli emas, nilai jual emas tidak akan turun bahkan seiring perjalanan umur emas yang sudah dibeli nilainya akan terus naik. Berbeda dengan asset seperti mobil yang namun nilainya akan turun seiring perjalanan umur mobil yang sudah dibeli.

3. Investasi Minim Resiko, menurut general manager PT. Antam. Dody menjelaskan bahwa, memang banyak instrumen investasi lainnya yang memberikan imbal hasil lebih tinggi dibandingkan investasi emas seperti saham, obligasi, ataupun properti. Namun, sesuai dengan keuntungan yang diperoleh, risikonya juga tinggi.

Pilih Emas Batangan atau Investasi Emas Perhiasan?

Apa tujuan anda berinvestasi? sudah tentu menambah pundi pundi dong yah..

Lalu biasanya akan muncul pertanyaan klasik, pilih investasi emas batangan atau dalam bentuk perhiasan? mana jenis investasi yang lebih menguntungkan

Produk emas yang sering menjadi incaran untuk investasi memang masih berkutat di perhiasan dan batangan. Sebelum mengambil keputusan, simak untung rugi investasi emas perhiasan dan batangan berikut ini:

Emas Batangan

Akhir-akhir ini semakin banyak orang yang memilih emas batangan sebagai bentuk investasi mereka. Walau tidak memiliki fungsi prestise seperti perhiasan dan tidak dapat digunakan sebagai aksesoris, emas batangan cenderung lebih menguntungkan dari sisi investasi.

Apa yang membuat investasi emas batangan lebih menguntungkan?

emas perhiasan atau batangan

Investasi emas batangan yang terpercaya ya di PT Antam 

Kuncinya adalah kualitas yang ter-standarisasi. Emas batangan dijual hanya di tempat-tempat tertentu,seperti PT Aneka Tambang (Antam). Hal ini menjamin segi keamanannya dan kualitas karat dari emas yang ingin dijual. Produk investasi emas batangan akan disertai dengan sertifikat keaslian. Apa saja informasi yang ada di dalam sertifikat ini? Sertifikat tersebut mencakup

  • nomor id,
  • berat,
  • ukuran serta
  • tingkat kadarnya.

Bicara kualitas, emas batangan yang kamu beli di Antam sudah pasti terjamin. Tersedia beragam pilihan mulai dari 1 – 1000 gram dengan kadar emas mencapai nyaris 100%. Tidak hanya itu, investasi emas batangan juga aman dari pajak pertambahan nilai sebesar 10 persen. Sehingga kita tidak menambah dosa kepihak pemerintah yang menerapkan pajak.

Investasi emas dalam bentuk perhiasan

Perhiasan sebagai bentuk investasi emas memang menarik, khususnya bagi mereka yang sangat memerhatikan prestise dan penampilan serta mengabaikan keselamatan diri dari penyakit ujub. Dengan demikian perhiasan emas memiliki fungsi ganda, aksesoris dan sarana investasi.

Saat membeli emas dalam bentuk perhiasan, anda akan dikenakan 2 biaya yakni:

Biaya pembuatan yang menyertai dan biaya kadar emasnya. Alhasil saat membeli perhiasan emas, kamu gak hanya dikenakan biaya kadar emasnya saja, tapi juga biaya pembuatan emas menjadi perhiasan juga. Ini tentu menjadi ekstra pengeluaran.

Berapa sih biaya pembuatan emas?

Secara umum biaya jasa tidak dapat ditaksir dengan pasti, boleh dibilang semuanya ditentukan sang pengerajin emas / perhiasan itu sendiri.

Sebagai informasi saja, besaran biaya pembuatan emas menjadi perhiasan yang diproduksi secara massal (pabrik) sekitar 1 – 7 persen dari total harga emas. Sedangkan, biaya perakitan perhiasan emas oleh pengrajin rumahan atau yang menerima pesanan perorangan sekitar 15 – 20 persen.

Pengrajin perhiasan emas kelas atas untuk keperluan fashion toko-toko perhiasan terkenal bisa berkisar 30 persen loh! Nah, dari sini sudah terbayangkan betapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk membuat perhiasan emas.

Perhatikan juga bentuk perhiasan emas. Semakin rumit bentuknya, maka semakin mahal lah harganya.

Nah, kerugian atau resiko investasi emas dalam bentuk perhiasan paling tidak menyenangkan..

Harga produk perhiasan emas juga cenderung akan menurun. Sehingga pada saat dijual kembali, kamu gak akan mendapat harga yang lebih tinggi dibanding saat kamu dulu membelinya. Ini berarti, investasi emas dalam bentuk perhiasan bukan untung malah buntung.

Jika penjualan emas perhiasan akan merugikan, namun tetap memiliki nilai positif. Emas perhiasan cenderung lebih likuid dibandingkan emas batangan. Walau harga jual perhiasan emas kurang menguntungkan, perhiasan emas mudah dijual, baik dengan atau tanpa dokumen.

5 Kesalahan Saat Berinvestasi Emas

Meskipun investasi emas sangat mudah dan terkesan menguntungkan, terkadang ada beberapa kesalahan yang secara tidak sengaja (bisa saja) kamu lakukan saat berinvestasi emas. Penasaran? Silakan yang berikut ini:

1. Investasi Tidak Dalam Bentuk Fisik

Dunia investasi semakin berkembang, demikian juga dengan investasi emas yanng bisa bertransaksi secara online. Meskipun begitu tetap tidak tepat jika berinvestasi emas tanpa menerima fisik emas tersebut, meski diberikan tawaran keuntungan yang mengiurkan.

2. Investasi Dalam Bentuk Perhiasan

Perhatikan perbandingan diatas, mana yang lebih untung. Investasi emas batangan atau emas perhiasan? secara singkat dapat kita ketahui nilai dari emas perhiasan akan turun. Sehingga kesimpulannya, investasi emas dalam bentuk perhiasan akan merugikan pembelinya yang mengharapkan pertambahan nilai.

3. Transaksi Emas di Waktu yang Tidak Tepat

Mirip dengan saham ataupun fluktuasi mata uang, investasi emas kamu harus memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk membelinya karena harga emas ini fluktuatif. Sebaiknya kamu membeli ketika harga emas sedang murah, dan menjualnya begitu harganya sedang tinggi.

4. Membeli Emas secara utang

Jangan pernah membeli emas dengan berutang sebagai cara berinvestasi. Belilah logam mulia ini secara tunai, emas adalah bentuk investasi masa panjang. Bila dilakukan secara utang, maka kamu terikat untuk menjual atau membelinya. Sehingga akan menyulitkan kamu untuk membayar utang pembelian emas yang butuh waktu cepat.

5. Membeli Emas dalam Ukuran Besar

Meskipun emas termasuk investasi yang lukuid namun emas dalam bentuk batangan atau ukuran besar akan lebih sulit dijual dibanding emas berukuran kecil. Oleh sebab itu, apabila kamu ingin memanfaatkan emas agar bisa dicairkan setiap waktu ketika diperlukan, maka pilihlah investasi emas berukuran kecil. Ataupun kombinasi antara ukuran kecil dan besar.

Alternatif Investasi Menguntungkan di P2P Lending

Anda pernah mendengar investasi peer to peer lending?

Jika belum maka anda akan menyukai jenis investasi yang satu.

Bentuk investasi P2P Lending yang satu ini mempertemukan para investor dengan pengusaha yang membutuhkan modal usaha. Berikut kami himpun beberapa kelebihan P2P lending yang bisa menjadi alasan kenapa anda harus mencoba jenis investasi yang satu ini.

Melakukan investasi P2P lending tergolong lebih mudah dan menguntungkan. Di investasi P2P lending anda berpotensi mendapatkan keuntungan 20% lebih cepat dibandingkan investasi emas.

Amartha.com membantu para investor pemula dengan produk minimun investasi sebesar 3 juta rupiah.

Bukan hanya memudahkan investor pemula dengan minimum investasi, namun amartha.com juga memberikan ‘jaminan’ investasi yang aman dan menguntungkan dengan menyediakan standard kelayakan pinjaman dalam bentuk profile peminjam ataupun investor.

Investasi tidak hanya sekadar mencari keuntungan tapi juga bertujuan memberikan dampak sosial bagi lingkungan. Impact yang dimaksud adalah keteribatan investor dalam membantu sektor usaha mikro di Indonesia.

Manajemen Resiko Investasi Memberikan Keamanan dan Menguntungkan

Para investor dapat dengan nyaman berinvestasi di Amartha.com tanpa perlu khawatir dana investasinya tidak kembali. Perlu dicatat, investasi di amartha bukan tanpa resiko, sebab keamanan dan sistem yang ditawarkan amartha hanya bertujuan mengurang rasio kerugian.

Alasan investasi P2P lending termasuk investasi aman dan menguntungkan yakni…

Bukan hanya anda akan dibantu dengan pengelolaan manajemen resiko yang baik tapi amartha juga menerapkan sistem khusus bagi para peminjam modal usaha…

pinjaman gagal bayar

pinjaman gagal bayar ditekan hingga 0%

…Dengan menerapkan sistem Group Lending (kelompok), Amartha berhasil menorehkan prestasi 0 persen gagal bayar selama 5 tahun berturut turut dari 20 ribu lebih anggotanya yang telah terseleksi.

Group lending adalah sebuah kelompok, yang terdiri dari 15 hingga 20 orang yang berada di satu domisili yang sama.

Dengan diterapkannya sistem group lending, maka apabila ada anggota kelompok yang tidak bisa membayar akan dibantu anggota lainnya secara tanggung renteng.

Dengan portofolio dan kisah sukses yang dimiliki Amartha merupakan sebuah bukti konkret sistem yang diterapkan Marketplace lending ini sukses memberikan jaminan keamanan dana yang telah ditanamkan para investor.

Jadi mau pilih investasi emas? atau investasi p2p lending di amartha.com

 

Arham
Arham
Pemuda Hijrah yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online dan melepas perilaku sekularisme. Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa bisnis salah satunya Digital Consulting Biz.deerham.comyang mengelola brand untuk optimasi media online.