Salah satu sumber traffic yang cukup powerful dan bisa memberikan Anda traffic tertarget lengkap dengan demografi konsumen serta interest mereka plus semuanya bisa dilakukan dengan CEPAT dan MUDAH apalagi kalau bukan beriklan di facebook?

Saat Anda memasang iklan di facebook berarti Anda sedang “membeli traffic” dengan facebook. Yang menarik adalah biaya promosi untuk setiap klik atau per-impresi tidak terlalu jelas, sebab facebook memang tidak memberikan harga yang tetap.

Terkadang murah, terkadang biasa saja, tapi seringnya kok mahal semakin mahal yah.. beuuh ngeri kan

Coba Anda ingat ingat, pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri apa penyebab setiap pasang iklan dompet malah semakin boncoss ?

Saya akan berbagi sedikit pengalaman kepada Anda, “Apa sebab biaya beriklan di facebook semakin mahal?” dan “bagaimana membuat biaya promosi di facebook semakin murah?

Siapkan notes, ambil alat tulisnya …silahkan buat checklistnya sekarang

1. Interest Audiens Yang Terlalu Umum

interest spesifik kunci iklan facebok ads

Target Spesifik kunci biaya murah iklan facebook sumber img: blogspot.com

Coba Anda bayangkan, saat beriklan di facebook Anda akan menggunakan beberapa pilihan objective tapi yang umumnya dihititung berdasarkan per klik ataupun per engagement.

Kemudian akan diberikan opsi untuk mengisi interest audience. Nah! disinilah jika Anda terlalu general atau terlalu umum saat mengisi kolom interest maka jangan heran kalau iklan Anda akan lemah karna target penayangan iklan terlalu umum (broad). Kalau sudah TERLALU UMUM, maka jangan heran kalau biaya promosi iklan Anda menjadi MAHAL.

Solusinya? carilah interest sedalam mungkin dan sedetail mungkin. Anda bisa menggunakan facebook audience insight

2. Image Iklan Kurang Memikat Perhatian!

Salah satu faktor penentu biaya iklan di facebook ads adalah “Reach” dan reach ini erat kaitannya dengan Image yang Anda gunakan untuk beriklan. Semakin memikat perhatian maka interaksi akan semakin banyak, dan semakin banyaknya interaksi maka OTOMATIS biaya iklan facebook ads pun akan semakin murah.

3. Image Iklan Terlalu Banyak Teks!

Aturan 20% text dalam Ads

Text hanya dizinikan memiliki proporsional 20% -sumber: Advertisa.id

Yang satu ini, masih terkait dengan gambar namun berhubungan dengan peraturan beriklan yang facebook tentukan. DI facebook seoarang advertiser tidak boleh menggunakan image yang didalamnya mengandung teks yang berlebih.

Saya pribadi tidak begitu memperhatikan berapa persen porsi teks yang dianggap banyak oleh facebook. Cukup diperhatikan saja, saat image ads kita terkena warning maka artinya image tersebut harus diganti. Itu berarti Anda terkena aturan tentang penggunaan maksimal 20% text dalam gambar.

Karna jika dipaksakan maka iklan Anda hanya akan memperoleh reach yang minim. Kalau reach minim sudah tau dong artinya apa…BIAYA MAHAL

Solusinya? Ganti image, atau gunakan video.

4. Copywriting Tidak Spesifik dan ngak bikin BAPER

Copywriting kunci biaya facebook ads

Bikin Copywriting harus bisa bikin Baper sumber img: blog.blanja.com

Copywriting adalah nafas iklan Anda, kalau copywriting Anda tidak bisa membuat pembaca BAPER alias bawa perasaan seperti takut, terdesak, hingga penasaran. Iklan Anda akan sedikit interaksinya.

Kalau interaksi sedikit, facebook akan menganggap iklan Anda kurang berkualitas yang berarti biaya beriklan di facebook ads akan semakin mahal.

Keempat hal diatas adalah faktor yang sering pengiklan alami, tidak hanya yang pemula. Untuk yang sudah sering memasang iklan di facebook ads pun masih ada ke-alpha-an nya.

Untuk itulah, sebelum beriklan saya sarankan anda menggunakan facebook audiense insight untuk mengecek target market.

Namun, jika hal ini memakan waktu yang sangat lama sebab riset harus dilakukan berulang-ulang kali sehingga mendapatkan interest yang bagus. Maka Anda bisa bekerja sama dengan Digital Marketing Agency seperti Biz.Deerham.com

Arham
Arham
Pemuda Hijrah yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online dan melepas perilaku sekularisme. Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa bisnis salah satunya Digital Consulting Biz.deerham.comyang mengelola brand untuk optimasi media online.