Faktor yang Mempengaruhi Transaksi Penjualan di FJB Kaskus

faktor penjualan di kaskus

Dengan populasi pengguna yang besar rasanya tidak ada yang tidak tau dengan istilah FJB (Forum Jual Beli) kaskus, apalagi jika anda memang salah satu internet marketer pastilah Anda selalu mempertimbangkan eksistensi FJB kaskus.

Kaskus merupakan salah forum komunitas maya yang katanya terbesar di Indonesia dan sudah memiliki jutaan pengunjung setiap harinya. Bukan hanya besar tapi juga Kaskus mempelopori dan mensupport keberadaan kanal forum jual beli tersebut. Meski tak jarang banyak orang atau brand bisa sukses membangun brandnya lewat FJB kaskus, namun ternyata sebagian orang yang ingin mencoba berjualan di Kaskus masih saja ada yang merasa kesulitan kenapa barangnya tidak bisa cepat terjual. Padahal Kaskus memiliki jutaan pengguna.

“Apakah sama sekali tidak ada satupun pengguna Kaskus yang tertarik untuk membeli barang saya?”

Mungkin saja Anda pernah juga mengalami hal yang demikian. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi transaksi penjualan di FJB kaskus mengapa produk Anda tidak bisa cepat terjual, berikut beberapa alasannya,

Post and Leave

Sekali posting ditinggal pergi tidak dipantau kembali. Jika ada yang komentar harusnya direspon cepat biar tidak terkesan basi. Jika anda kurang memiliki waktu, ada baiknya anda membangun tim customer service, atau tinggalkan pesan kemana mereka harus menghubungi Anda dan jelaskan kalau anda tidak terlalu aktif memonitoring lapak anda.

Jarang di sundul

Thread jarang di sundul atau tidak pernah di sundul sama sekali. Padahal salah satu fitur andalan FJB kaskus adalah fitur “sundul” ini. Tentu thread anda tidak perlu disundul kalau memang anda sudah mengoptimalkannya lewat SEO ataupun paid ads.

Harga terlalu mahal

Jangan jangan harga produk anda belum sesuai pasar atau terlalu mahal. Boleh saja mahal tapi sejauh pengalaman saya ada dua hal yang kenapa anda berhak menjual mahal. (1)Pertama, adanya bonus tambahan dan (2)kedua branding anda sebagai penjual.

Salah kamar atau judul terlalu umum

Salah memasukan posting atau istilah di Kaskus adalah salah kamar, dengankata lain thread yang anda buat tidak sesuai dengan kategori. Kemungkinan berikutnya karena judul anda yang terlalu umum. Misalnya anda menjual rumah, anda membuat title:

(1) Jual rumah murah dicipanas puncak

coba bandingkan yang berikut ini;

(2) Jual rumah murah dicipanas puncak LT 111 / LB 65 , 370 jt Nego. siap huni.

Bandingkan mana yang lebih jelas dan pastikan pengunjung akan memfilter sendiri.

Testimoni Produk

Deskripsi terlalu singkat atau terlalu panjang, hanya copy paste dari situs review (misalnya jual gadget jangan hanya copy paste     hasil review dari situs lain), usahakan menggunakan deskripsi sendiri dan tambahkan testimoni dari pembeli atau paling tidak yang pernah menggunakan produk yang anda jual. Sudah terbukti kalau testimoni akan menambah stimulus orang untuk membeli.

Manfaat berjualan di FJB kaskus

Oke, setelah mengetahui bagaimana tipsnya mengoptimasi berjualan di Kaskus. Mungkin dari sebagian Anda masih bertanya-tanya mengapa sih berjualan di Kaskus? Dan apa manfaatnya?

1. Memperluas eksposure jaringan dan relasi

Kalau Anda rajin mengikuti perkembangan yang ada di Kaskus dan juga sering ikut berkomentar pada sebuah artikel atau thread disana, bukan tidak mungkin Anda akan akan semakin dikenal. khususnya eksposure pada brand anda. Manfaatnya semakin banyak teman maka akan semakin memperluas jaringan Anda dan ini peluang Anda untuk mempromosikan produk yang Anda jual di Kaskus. Tentu dengan bahasa pertemanan yang kasual.

2. Banyak pengunjung setiap harinya

Sedikitnya Kaskus memiliki pengunjung 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga bulan september 2014, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 4,5 juta index, dan tentunya angka ini akan terus bertambah banyak. Sangat memungkinkan dengan jumlah pengunjung sebesar itu Anda yang menjual barang di Kaskus akan bisa cepat terjual.

3. Ada fitur sundul

Fitur sundul ini memungkinkan pengguna Kaskus untuk memposisikan thread nya agar berada pada posisi teratas. Sehingga postingan Anda akan selalu berada pada posisi teratas dan sangat memungkinkan untuk pengunjung melihat thread Anda. Tentu saja manfaatnya produk Anda akan tetap selalu terlihat oleh pengunjung Kaskus.

4. Free tanpa biaya sewa maupun pajak

Kalau dilihat sistemnya masih berbasiskan non-ecommerce rasanya Anda sebagai member Kaskus akan tetap bebas melakukan pemasaran produk baik yang berskala besar maupun kecil tanpa harus membayar kepada Kaskus. Bebas pajak maupun biaya sewa lapak, produk Anda bisa terus ada di Kaskus sampai terjual atau Anda menghapusnya sendiri. Dengan kemungkinan yang seperti itu maka FJB pun bisa diperhitungkan menjadi salah satu dari konten marketing strategi anda,

5. Sistem pembayaran

Namun Kaskus juga menyediakan fitur keamanan pembayaran seperti Rekber dan juga Kaspay.  Meskipun di Kaskus membebaskan penjual maupun pembeli bisa saling mempercayai  satu sama lain ketika melakukan transaksi. Ini untuk melindungi member dari kasus penipuan seperti sudah transfer namun barnag tak kunjung dikirimkan. Nah, dengan memanfaatkan rekber (Rekening Bersama) ini si pembeli akan merasa lebih aman dalam membeli barang di Kaskus.

6. Manfaat Pasang iklan berbayar

Manfaat iklan berbayar di kaskus? hmm menurut saya pribadi, iklan kaskus masih belum seefektif iklan facebook ads ataupun adwords. Meskipun saya sendiri tidak merekomendasikan kaskus ads namun tentu saja poin ini bisa menjadi peluang anda, untuk memasarkan bisnis agar semakin dikenal.

Selamat mencoba.

deerham
deerham
Redaksi Deerham News.