Faedah Memahami SEO dan Kesalahan Saat Riset Kata Kunci

memahami-kesalahan-seo-kata-kunci
 

Lama rasanya saya ngak membahas internet marketing, terkhusus di segmen SEO. Berhubung belakangan ini saya bertemu beberapa klien yang bisnisnya (terasa) SEO saya jadi terpikir tuk membuat materi ini. Semoga bisa menjadi ibroh yang baik agar tidak mubadzir sewaktu menyiapkan perencanaan startegi SEO jangka panjang.

SEO dan Faedahnya

SEO atau Search Engine Optimation adalah cara untuk mengoptimasi sebuah situs agar berada di halaman pertama search engine ( seperti Google ) dengan keyword tertentu.

Sebagai contoh ketika Anda ingin mencari informasi tentang Perumahan Syariah di Google, Anda akan mendapatkan berbagai situs yang berkaitan tentang nasi goreng di halaman pertama, ini disebut situs yang relevan dengan keyword.
Faedah search engine untuk pengguna internet adalah mendapatkan informasi yang dibutuhkan sedangkan faedah untuk pemilik situs, Anda mendapatkan kunjungan (traffic) ke dalam website.

Tujuan SEO dari Perspektif Bisnis

A post shared by Deerham (@deerhampost) on




Karena simbiosis mutualisme diatas banyak website yang berlomba menduduki peringkat di halaman pertama Google dengan keyword tertentu sesuai dengan konten website tersebut.

Perlu diketahui, Google tidak hanya “menilai kelayakan” situs Anda untuk berada di halaman pertama Google dari home page atau halaman depan saja, tetapi di setiap halaman situs.
Untuk halaman yang berbeda, Anda bisa masuk di halaman pertama Google dengan keyword yang berbeda pula.

Tujuan dari SEO adalah membuat halaman situs Anda berada di halaman pertama Google dengan keyword yang relevan dengan isi situs Anda.

Tujuan dari melakukan SEO tentu saja untuk mendapatkan trafik dari mesin pencari itu sendiri. Kenapa orang mencari trafik?

Alasan umumnya adalah trafik itu mempunyai nilai komersil, atau potensi bisnis. Jadi orang menghabiskan waktunya belajar SEO sebagian besar dikarenakan oleh alasan ekonomi, yaitu mencari income dari websitenya.

Masalah terbesar dari orang-orang yang belajar SEO adalah mau cepat jadi master tapi tidak mau melalui prosesnya. Jika anda mempunyai cara pandang seperti itu, maka ada baiknya anda membuangnya, karena cara pandang seperti itu justru akan membuat anda berputar-putar di tempat.

Bagi pebisnis yang tentunya tidak ingin berlama lama belajar SEO tentu bisa menyewa jasa SEO<LINK> baik untuk sekadar SEO Audit ataupun untuk investasi jangka panjang.

5 Kesalahan Rutin Yang Biasa Dilakukan Pemula Saat Riset Kata Kunci SEO


A post shared by Deerham (@deerhampost) on




Berikut kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula saat melakukan Riset Keyword

1

Memilih kata kunci hanya berdasarkan perasaan bahwa, katakunci tersebut banyak pencariannya tanpa mencari tahu dulu datanya yang pasti. Untuk mencari tahu data pencarian sebuah keyword silahkan tonton video materi “Cara Riset Kata Kunci”.

2

Memilih kata kunci yang volume pencarianya sedikit bahkan tidak ada yang nyari, kalau begitu meskipun masuk ke halaman pertama google potensi trafiknya sedikit, nah kalau trafiknya sedikit penjualanyapun akan sedikit, maka pilihlah kata kunci yang volume pencarianya banyak dan tertarget.

3

Memilih kata kunci dengan tingkat persaingan yang tinggi, untuk pemula atau baru belajar main SEO sebaiknya anda memilih kata kunci dengan persaingan yang rendah dengan volume pencarian yang tinggi, hindari pemilihan kata kunci yang persainganya tinggi karena biasanya orang- orang yang bersaing dikeyword yang persainganya tinggi adalah para mastah SEO yang sudah berpengalaman dan mempunyai sumber daya dan dana yang besar, terlalu banyak waktu dan tenaga yang anda perlukan jika anda masih baru di SEO

4

Memilih kata kunci yang tidak berhubungan dengan produk yang anda pasarkan, misalnya saat ini anda sedang menjual rumah, tapi anda malah membidik kata kunci menjual baju muslim, kan gak nyambung ..

5

Memilih kata kunci yang terlalu umum, contohnya saat ini anda sedang menjual rumah minimalis di bandung tapi anda menargetkan kata kunci “ rumah minimalis “ saja , ini merupakan kesalahan besar karena belum tentu orang yang mengetikan Kata kunci rumah minimalis di google mereka sedang mencari rumah minimalis di Bandung bisa saja mereka lagi mencari model rumah minimalis …


Ahsan,, terus kata kunci yang seperti apa yang tepat yang sebaiknya kita pilih saat menentukan kata kunci agar tidak mubadzir waktu nantinya?

4 Panduan Sahih Memilih Kata Kunci Untuk SEO dan Adwords



Memilih Kata Kunci Untuk SEO dan Adwords


1

Mempunyai tinggat relevansi yang tinggi dengan bisnis atau produk yang Anda pasarkan, contohnya saat ini anda sedang menjual perumahan di Bandung, maka sangatlah tepat sekali kalau anda menarget kata kunci “jual rumah di bandung“ atau “rumah di jual di bandung” semakin spesifik kata kunci yang target semakin bagus.

2

Volume pencarianya banyak berdasarkan data yang valid bukan hanya dugaan dan perasaan saja.

3

Memiliki tinggat persaingan rendah, untuk yang baru main di SEO sebaiknya mencari kata kunci yang tingkat persainganya rendah, tapi bukan berarti harus menarget kata kunci yang persainganya rendah dan pencarianya sedikit pula tapi anda harus mencari kata kunci yang tinggat persainganya rendah dan pencarianya banyak, tapi apakah masih ada model kata kunci seperti itu ? Banyak sekali karena sayapun sering menemukan kata kunci dengan kreteria tersebut.

4

Menargetkan kata kunci yang lebih spesifik, contohnya saat ini anda menjual rumah di bandung harga di bawah 300 juta , maka Anda bisa menarget kata kunci “rumah dijual di bandung di Bawah 300 juta“ semakin spesifik semakin baik tapi volume pencarianya harus banyak .

Bagaimana Kawan-kawan sampai disini sudah paham mengenai kata kunci seperti apa yang bisa kita pilih untuk webisite kita ? kalau belum, bisa konsultasi dengan saya di Biz.deerham.com

 
Arham
Arham
Pemuda Hijrah yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online dan melepas perilaku sekularisme. Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa bisnis salah satunya Digital Consulting Biz.deerham.comyang mengelola brand untuk optimasi media online.