7 Efisiensi Aplikasi Akuntansi Online Yang Ditawarkan Untuk UKM Hingga Bisnis Besar

Software akuntansi online
 

Manfaat aplikasi akuntansi online untuk bisnis menjadi suatu hal yang harus diketahui dan dipelajari oleh pelaku bisnis. Terlebih di era zaman teknologi yang berkembang seperti saat ini, semua pekerjaan dan aktivitas dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Hal tersebut juga berlaku untuk bisnis, yang mana dengan teknologi maka dapat bermanfaat seperti dalam mengurus keuangan perusahaan.

Jika sebelumnya proses bisnis dalam hal keuangan hanya dapat dilakukan secara manual, saat ini dengan teknologi sudah dapat memanfaatkan aplikasi akuntansi online. Bukan hanya sudah ada aplikasi akuntansi tetapi telah hadir aplikasi akuntansi berbasis online yang tentunya lebih memudahkan pelaku bisnis dalam menggunakannya. Dengan adanya aplikasi akuntansi online untuk bisnis ini pelaku bisnis sudah tidak perlu lagi harus direpotkan dengan membuat jurnal, buku besar, laporan keuangan dan lain sebagainya.

 

 

aplikasi akuntansi online di indonesia yang paling banyak dipakai

 

Mengingat dalam menjalankan bisnis, banyak transaksi yang dilakukan dalam sebuah perusahaan yang tentunya membutuhkan perhitungan yang cermat, cepat namun harus tetap akurat. Sehingga jika hal tersebut dilakukan secara manual, maka terkadang pun sering terjadi kesalahan dalam perhitungannya. Untuk itu, aplikasi akuntansi online sangat berperan dalam hal ini.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan aplikasi akuntansi online untuk bisnis yang perlu Anda ketahui:

1. Aplikasi Akuntansi Online Memudahkan pengelolaan data

Dalam melakukan pengelolaan data terkait dengan laporan keuangan dengan aplikasi akuntansi online maka akan menjadi semakin lebih cepat dikarenakan aplikasi tersebut membuat penggunanya dapat memposting dan menyusun laporan dengan mudah dan otomatis. Sehinggga data yang terdapat di laporan tersebut dapat dikelola dan disimpan dengan baik jika sewaktu-waktu akan digunakan.

2. Aplikasi Akuntansi Online Bisa Menjadikan laporan lebih akurat

Aplikasi akuntansi online memiliki tingkat ketelitian yang lebih tinggi dibandingkn dengan aplikasi akuntansi manual yang biasanya menggunakan alat bantu hitung dan rentan terhadap terjadinya kesalahan dalam proses input data yang biasanya berupa angka. Tingkat ketelitian pada aplikasi akuntansi online ini tentunya akan menjadikan laporan lebih akurat.

3. Aplikasi Akuntansi Online Jaman Now Mudah untuk digunakan

Selain dapat memudahkan pengelolaan data dan menjadikan laporan lebih akurat, aplikasi akuntansi online juga dapat digunakan dengan mudah. Anda sebagai pelaku bisnis dapat menggunakannya dengan mengoperasikan komputer dan memahami tentang prosedur standar dari pembukuan. Selain itu karena berbasis online maka dapat digunakan kapan dan dimana saja ada akses jaringan internet.

4. Aplikasi Akuntansi Online Menghemat waktu

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi online otomatis ini membuat perusahaan dapat lebih cepat dalam melakukan upadate terkait laporan keuangan. Bagaimana tidak, melakukan penyusunan  pada laporan keuangan yang tadinya dilakukan secara manual maka akan membutuhkan waktu untuk perhitungan dan mencocokkannya. Sehingga dengan begitu penyusunan laporan keuangan membutuhkan waktu yang cukup lama. Akan tetapi, ketika menggunakan aplikasi akuntansi online, maka semua sudah tersistem dengan baik, dan Anda sebagai pelaku bisnis dapat melakukan input data kemudian hasilnya akan segera muncul. Sehingga proses penyusunan laporan keuangan dan segala hal terkait pencatatan transaksi dapat dilakukan dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan melakukannya secara manual.

5. Aplikasi Akuntansi Online Meminimalisir terjadinya kesalahan perhitungan

Pada bisnis, tentunya terdapat banyak transaksi keuangan yang membutuhkan kefokusan lebih dalam melakukan penyusunan laporan keuangan. Penyusunan laporan yang dilakukan secara manual cenderung memiliki risiko tinggi dalam terjadi kesalahan perhitungan, yang dapat dikatakan sebagai human error. Dengan aplikasi akuntansi online maka Anda dapat membuat laporan keuangan secara akurat dan terhindar dari kesalahan karena memang fungsi dari aplikasi akuntansi yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk menyelesaikan laporan. Sehingga otomatis risiko terjadinya kesalahan perhitunga n dapat diminimalisir jika menggunakan aplikasi akuntansi online.

6. Aplikasi Akuntansi Online Memudahkan manajemen keuangan

Manfaat lainnya dalam menggunakan aplikasi akuntansi online adalah memudahkan dalam melakukan manajemen keuangan, tidak hanya secara spesifik tetapi juga secara menyeluruh. Tentunya hal ini memudahkan Anda untuk membuat kondisi keuangan bisnis yang stabil. Sehingga melalui manajemen keuangan tersebut, pada akhirnya akan memberikan manfaat lain seperti menentukan berapa keuntungan yang dapat diperoleh dan menentukan beberapa pengeluaran perusahaan.

7. Aplikasi Akuntansi Online Menjaga aset bisnis

Selain beberapa manfaat di atas, aplikasi akuntansi berbasis online ini dapat bermanfaat dalam menjaga aset bisnis. Bagaimana tidak, seluruh transaksi dan pendapatan bisnis dapat dicatat dalam aplikasi akuntansi sehingga Anda dapat mengetahui informasi yang paling update dari aset – aset yang dimiliki. Selanjutnya, dengan informasi tersebut, maka Anda dapat memikirkan dan mengatur alokasi aset yang dimiliki serta menentukan strategi dalam jangka panjang dari aset tersebut.

Dari beberapa manfaat aplikasi akuntansi online untuk bisnis di atas maka tidak heran lagi jika seharusnya pelaku bisnis menggunakan aplikasi tersebut untuk mendapatkan manfaat seperti yang telah dijelaskan. Dengan beralih menggunakan aplikasi atau software akuntansi online untuk mengelola keuangan perusahaan dengan baik.  Anda dapat menggunakan aplikasi atau software akuntansi online dari Zahir Online.

Zahir Online ini merupakan software akuntansi berbasi cloud atau cload accounting yang memberikan beberapa manfaat lainnya seperti akses antar cabang yang terintegrasi ini membuat laporan keuangan perusahaan dapat dilihat secara real time, sehingga sangat mudah dalam melakukan pengambilan keputusan bisnis. Selain itu, mampu memonitor inventori antar cabang, seperti mudah melakukan pengontrolan persediaan.

Zahir online juga mampu mengontrol kewenangan setiap user yang meminimalisir terjadinya risiko penyalahgunaan data keuangan, serta mampu mengontrol piutang dan hutang usaha secara real time dan beberapa manfaat lainnya yang perlu Anda coba.

 

 
Arham
Arham
Pemuda Hijrah yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online dan melepas perilaku sekularisme. Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa bisnis salah satunya Digital Consulting Biz.deerham.comyang mengelola brand untuk optimasi media online.