Cara Optimasi SEO Terhadap Gambar

optimasi seo untuk gambar

Jangan remehkan optimasi gambar, dengan melakukan teknik optimasi gambar agar dapat terbaca oleh mesin pencari merupakan salah satu dari sekian banyak trik seo yang dapat Anda lakukan agar bisa mendatangkan ribuan traffic ke situs anda.

Sebenarnya mudah untuk melakukan optimasi gambar, namun masih banyak blog atau website tidak bisa menggunakan trik ini terutama bagi mereka pemilik blog pemula. Biasanya pemilik website hanya akan fokus pada design layout tanpa menghiraukan isi dari artikel dan gambar yang sebetulnya sangat membantu untuk mendatangkan visitor.

Saat ini bukan hal baru lagi jika Anda ingin menggunakan gambar untuk mendatangkan visitor. Untuk yang belum tahu, berikut cara optimasi gambar agar bisa seo frendly dan bisa mendatangkan pengunjung

1. Pilih Gambar Unik

Gambar yang unik ataupun artistik tetap jadi faktor krusial, karna secara psikologis setelah gambar kita terlisting maka calon visitor akan memilih berdasarkan gambar mana yang paling menarik untuk mereka. Dalam memilih gambar dan memenangkan persaingan gambar, kita bisa mengambil referensi Deviantart, instagram ataupun Pinterest yang khusus mengekspos gambar.

2. Pilih gambar yang Ringan

Yang kedua untuk optimasi gambar agar ramah dengan seo dan mesin pencari adalah dengan memilih gambar yang sizenya ringan agar tidak berat ketika di muat oleh browser. Intinya soal kecepatan, jika size gambar Anda terlalu besar, maka pengguna akan merasa berat dengan gambar yang anda tampilkan sehingga memberatkan loading blog dan user tidak akan lagi melihat gambar Anda.

Jika gambar Anda sudah unik tapi sizenya besar, Anda bisa menggunakan image compresser tool agar gambar menjadi ringan dan tidak mengurangi tampilannya. Bagi pengguna wordpess bisa mencoba beberapa plugin seperti Layz LoadWP Smush.it, dan W3 Total Cache.

3. Memasang Atribut ALT pada Gambar Anda

Memasang atribut ALT sangat di sarankan oleh semua mesin pencari agar gambar pada blog / website Anda bisa di index dengan mudah. Perlu Anda ketahui pada dasarnya mesin pencari seperti google, yahoo dan bing akan kesulitan mengindex gambar pada saat masuk halaman web Anda tanpa adanya atribut ALT. Jadi hal tersebut sangat perlu Anda perhatikan baik – baik.

Berikutnya jangan lupa pasang TITLE pada gambar. Itu adalah salah satu trik yang tidak kalah penting. Dengan menggunakan atribut title maka mesin penelusur akan mudah membaca gambar apa yang anda berikan pada postingan, selanjutnya beri keyword yang tepat saat anda optimasi gambar, logikanya beri nama tag alt seperti nama postingan anda.

4. Meletakan Gambar Pada Awal Postingan

Meletakkan gambar pada awal postingan akan sangat membantu robot bot atau spider bot bisa mengindeks gambar lebih awal sebelum mengindeks teks artikel anda.

5. Mengganti Nama Gambar

Optimasi gambar yang terakhir adalah dengan menggganti nama pada url gambar agar lebih user friendly, dan mudah di pahami oleh mesin pencari. Trik ini termasuk yang cukup krusial, para ahli seo menggunakan tips ini. untuk contoh mengganti nama url gambar Anda :

http://deerham.com/img025.jpg

Agar lebih user friendly silahkan ganti angka ini dengan nama gambar postingan seperti ini

http://deerham.com/cara-optimasi-gambar-seo-user-frendly

Selamat mencoba !

Bobby Afif
Bobby Afif
25/02/91, S.Kom, Twitter : @bobbyafif, Phone : 085694523971, Depok.

Comments are closed.