Cara Mengenalkan Bisnis Anda di Internet Dengan 3 Langkah

mengukur situs toko online

Di era serba online saat ini Ada anekdot yang mengatakan jika nama Anda tidak ada diinternet, Anda tidak benar – benar hidup. Demikian juga saat Anda sedang berbisnis. Salah satu popularitas bahkan kredibilitas anda dilihat dari internet. Dahulu pemasaran bisnis dari mulut kemulut, kini anda juga harus melirik internet.

Hal tersebut agar nama bisnis anda ada diinternet, dan pada saat orang mencari dimesin pencari nama bisnis anda bisa keluar disana. Di era informasi yang (nyaris) serba terbuka, sudah jadi kebiasaan segala bentuk informasi, pasti akan dimulai dengan internet. Termasuk juga bisnis yang mengandalkan urusan pemasarannya pada media online. Seperti bisnis kuliner atau jasa yang memerlukan optimasi lokasi, hal ini karena konsumen lebih senang menggunakan Google Maps atau Waze yang berada diinternet, ketimbang peta manual.

Bahkan Pemerintah Indonesia belakangan ini juga sudah membuka channel di Internet sebagai upaya transparasi dan kredibilitas instansi. Hal ini dikenal dengan istilah ‘Open Government’. Melalui website dan social media pemerintah menunjukkan eksistensi instansi dan kinerjanya.

Get Found Online

[sociallocker]ditemukan online[/sociallocker]

Dari ilustrasi diatas dapat membantu anda memetakan posisi bisnis saat ini, Jika Anda belum mengenalkan bisnis anda secara online dan tidak mengetahui caranya, Anda bisa lakukan 3 langkah berikut:

1. SEO dan Membuat website. Website adalah kantor pusat Anda di internet sekaligus profil anda. Tuliskan deskripsi, organisasi, layanan, galeri, dan kontak yang bisa dihubungi. Jika anda memiliki produk, anda bisa menggunakan website berbasis ecommerce. Terakhir wajib untuk membuatnya mudah ditemukan pada search engine, “ibarat apalah gunanya punya lamborghini aventador kala cuma buat ngisi garasi doang”.

2. Paid Ads, Buat akun social media kemudian temukan audiens anda disana. Keunggulan Paid ads adalah kecepatan impactnya , begitu dipasang – publish dan kita sudah bisa melihat efeknya. Tentu dengan pemasangan Paid ads yang juga tepat sasaran. Setelah mendapatkan perhatian lalu ciptakan interaksi didalamnya, karena ternyata  orang Indonesia banyak menghabiskan waktu online-nya dengan mengakses social media seperti Twitter dan Facebook.

3. Konten Marketing, Manfaatkan marketplace sebagai salah satu ruang memasarkan nama brand. Marketplace adalah mall online dimana Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda secara gratis. Daftarkan bisnis Anda di marketplace yang sudah dikenal dan banyak pengunjung, misalnya Bukalapak.com atau anda bisa meminta advice dari konsultan digital anda.

Setelah Anda sukses memperkenalkan bisnis Anda diinternet dan sudah banyak orang yang menkontak anda lewat referensi dari internet, disitulah Anda sudah menjadi lebih maju kedepan dan siap ketahap “lead collection” atau bahkan “online goal”.

Bobby Afif
Bobby Afif
25/02/91, S.Kom, Twitter : @bobbyafif, Phone : 085694523971, Depok.