Apakah Umur Domain Berpengaruh Dalam SEO ?

pengaruh umur domain untuk seo

Banyak pakar SEO yang berpendapat jika usia domain sangat mempengaruhi peringkat SEO Google, benarkah pendapat tersebut ?

Opini tersebut setidaknya tersebut menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Umur domain akan mempengaruhi performa website anda di halaman serp, namun perlu dicatatat definisi umur domain disini apakah berapa lama domain tersebut eksis atau ada variabel lainnya.

Dalam dunia search engine optimization (SEO), pada dasarnya umur dari sebuah domain tidak mengacu dari berapa lama Anda telah memiliki nama domain tersebut, melainkan berapa lama Google mengindeks domain tersebut, sebab itu banyak perusahaan membeli usia domain yang telah diindex google.

Google sendiri menganggap domain yang sudah lama dan memiliki site index yang lebih banyak tentu mempunyai nilai yang berkualitas baik. Hal ini mengacu pada dunia nyata, dimana mereka yang berumur lebih tua akan dianggap lebih kredible dan dapat dipercaya.

Dengan kata lain domain yang telah terdaftar selama 10 tahun misalnya namun tidak memiliki otoritas di Facebook atau tidak pernah ada ditemukan Google adalah domain yang dianggap tidak mempunyai kredibilitas yang baik, jadi bisa dikatakan kalau domain ini adalah domain yang baru.

Berikut dasar-dasar yang perlu anda ketahui : 

Usia dari sebuah domain adalah faktor dalam menentukan peringkat Google dan bagian dari strategi dalam membangun SEO. Situs yang mempunyai usai domain secara signifikan akan sangat membantu sekali untuk menaikan peringkat yang baik untuk berkompetitif dalam beberapa bulan pertama.

Bahkan ada juga, dari beberapa profesional SEO tidak akan mau bekerja dengan merek domain baru. Maksudnya tidak mau bekerja dengan merek baru, selama tidak dikombinasikan dengan paid traffic dan konten marketing.

Pada dasarnya perbedaan antara domain yang berumur enam bulan dengan yang berumur satu tahun benar-benar tidak besar sama sekali. Selama Anda dapat membuat yakin dan benar bahwa domain anda dapat muncul dalam hasil pencarian. Kalau saya biasanya akan menyiasati dengan permainan by-passing keyword atau dikenal juga langsung menargetkan long tail keyword.

Domain yang lebih lama pasti akan memiliki sedikit celah, tapi pentingnya usia domain sering menjadi fakta bahwa domain yang lebih tua juga cenderung memiliki backlink lebih banyak dan juga mempunyai backlink yang natural ini dikarenakan bahwa domain sudah bertahun-tahun diindex serta mempunyai otoritas yang baik dari pengunjungnya.

Untuk hal ini bagi anda yang masih mengembangkan domain baru disarankan untuk lebih giat lagi untuk mengoptimasi seo on-page dan juga offpage. Karena tanpa anda lakukan kedua hal ini dengan baik domain anda akan kesulitan untuk menerobos ke halaman serp.

Semoga artikel ini menjadi inspirasi anda yang baru bagi Anda !

Bobby Afif
Bobby Afif
25/02/91, S.Kom, Twitter : @bobbyafif, Phone : 085694523971, Depok.

Comments are closed.