7 Ciri Pengusaha Sukses yang Bersandar Kepada Islam

manfaat kurma dari rasullulah

Menjadi pengusaha sukses merupakan dambaan dari semua orang yang sedang berbisnis. Tapi sukses saja tidak cukup tanpa diiringi dengan amal – amalan yang baik sesuai ajaran agama. Tentu maksud sukses disini bukan sukses yang diulur (Al-anam:44)

Islam merupakan agama yang sempurna. Didalamnya banyak mengajarkan nilai – nilai yang baik untuk kebaikan hidup didunia dan akherat. Memahami kapan azab, dan kapan ujian serta bagaimana meningkatkan derajat sebagai pengusaha, Berikut tips untuk menjadi pengusaha sukses sesuai syariat Islam :

1. Beriman

Dengan beriman seseorang akan takut kepada Allah SWT, sehingga seorang yang menjadi pengusaha akan selalu jujur pada pembelinya dan tidak melakukan perbuatan yang merugikan orang lain demi mendapatkan untung sebanyak – banyaknya. Dengan iman pula, semoga menghindarkan diri dari perbuatan syirik. Menyekutukan Allah baik dengan cincin/jimat, bahkan dengan boss atau atasan.

2. Menjaga Keutamaan sholat 5 waktunya

Mengerjakan kewajibannya sebagai Muslim, bahkan menjaga keutamaan shalat 5 waktu. Shalat itu merupakan tiang agama dan mereka yang rajin mengerjakan shalat akan terhindar dari perbuatan keji dan munkar. Saat pengusaha berbisnis dan shalat 5 waktunya rajin, maka dia akan menahan melakukan hal – hal yang dilarang agama dalam bisnisnya, semisal mendahulukan pembeli dibandingkan panggilan adzan.

3. Khusuk dalam Sholat dan menjaga Sholat Malam

Jika Anda melakukan shalat dengan khusyuk serta menjaga sholat malam, salah satu faedahnya, kita akan menjadi orang yang akan terbiasa berkonsentrasi dalam melakukan berbagai macam hal.

Ketika diera kejayaan Muhammad Al-fatih dahulu, keutamaan dan kekhusuk-an sholat mendatangkan faedah seperti Merasakan kesegaran dan kebugaran.  Jiwa dan raga lebih sehat dari sebelumnya, hingga Menurunkan aktifitas emosi negatif dalam diri.

4. Suka menolong

Suka menolong disini dalam artian rajin mengeluarkan  zakat, infaq, dan shodaqoh untuk kepentingan umat dan orang – orang yang membutuhkan. Mereka yang suka menolong ini sesungguhnya telah dijanjikan oleh Allah SWT dalam QS Al An’am 160, yang artinya:

“Barangsiapa membawa amal yang baik, Maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat, Maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan)”.

Maksud dari ayat tersebut menjelaskan, mereka yang ahli bershadaqah sesungguhnya tidak akan jatuh miskin, karena Allah akan membalas segala amal kebaikannya itu sepuluh kali lipat. Meskipun sayangnya, saat ini ayat diatas lebih banyak dijadikan filosofi dan bukannya dipraktekan.

5. Tidak bergosip

Bergosip adalah membicarakan kejelakan orang lain. Dalam ajaran Islam, bukan saja fitnah yang dilarang tapi Ghibah pun demikian. Pengusaha sukses akan menjaga lidahnya dan ucapannya. Karena bergosip hanya membuat waktu yang berharga menjadi sia – sia, dan tentunya mereka yang bergosip juga akan mendapatkan dosa.

6. Pengusaha sukses adalah yang pandai menjaga kemaluannya, kecuali kepada istri.

Perzinahan merupakan salah satu dari dosa besar, dan hukum didunia bagi para penzinah adalah dirajam.

Rasullullah bersabda “Jika kau temui wanita di jalan dan kau tertarik padanya maka pulanglah ke istrimu”. 

Bukan saja dapat menutup pintu rezeki, berzinepun sama dengan menjauhkan diri dengan Allah SWT.

7. Amanah dan menepati janji

Amanah menjadi salah satu karakter pengusaha muslim yang menjalankan islamnya. Mereka akan menepati janji dan selalu jujur dengan pembelinya. Maka disini akan terjadi energi positif antara penjual dan pembeli, yaitu kepercayaan.

Misalnya pengusaha yang memegang amanah, dengan menetapkan kesepakatan tanpa maksud merugikan klien. Lalu bagaimana jika dirugikan?

Cukuplah sholat dan bersabar ( Al-baqarah 43-45), rezeki kita akan digantikan, yang bahkan lebih besar dari nilai hak kita sebelumnya.

Arham haryadi
Arham haryadi
Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa brand untuk optimasi media online di Biz.deerham.com.