6 Cara Meningkatkan Penjualan di Sosial Media

social media marketing

Kita akan merasa ada yang kurang jika tidak membuka sosial media, seperti facebook/twitter satu hari saja. Karena itu pebisnis pun kini semakin gencar di media online, mulai dari branding hingga yang meningkatkan penjualan di sosial media.

Dengan promosi di internet berarti membuka peluang untuk akses kepelanggan yang tidak terbatas, hingga meminimalisir pengeluaran untuk tempat berjualan. tapi, sebelum kita bahas lebih lanjut mari kita batasi, social media disini berarti facebook, twitter hingga instagram ataupun forum, yang berarti kita mengabaikan adanya search engine.

Nah balik lagi ke social media meskipun terlihat menjanjikan tapi tidak menutup kemungkinan produk yang Anda jualan disosial media kurang mendapat respon positif bahkan bisa saja diabaikan para pengguna sosial media. Seperti banyak brand yang akhirnya jadi klien saya.

Sebenarnya untuk mendapatkan profit ngak perlu repot cukup bersyukur maka point sales akan datang dari jalan yang tidak kita duga duga. Tapi okelah, sekarang kita bicara teknis bagaimana berpromosi menggunakan facebook ads bahkan meningkatkan menjual produk di sosial media.

Berikut trik / cara menjual produk disosial media :

1. Kenali Produk Anda

Biasanya saya memulai dengan mengenali produk. Ngak perlu ribet, cukup pahami produk anda termasuk produk B2B atau B2C. Maksudnya adalah, Anda harus paham mengenai detail dari produk yang Anda jual. Termasuk produk yang dijual ke perusahaan atau malah retail.

Berawal dari mengenali produk, maka anda bisa menganalisa audiens tempat anda akan memasarkan produk, add value produk / jasa dibanding para pesaing hingga langkah apa yang bisa diupayakan untuk meningkatkan penjualan di sosial media.

2. Menentukan Target Market

Cara efektif di sosial media adalah beriklan. Beriklan disini bukan berarti harus jor-joran, ngak perlu mahal. Asal kita bisa memetakan target market sebelum kita berjualan. Targetting konsumen dengan basis demografi akan sangat membantu. Misalnya berdasarakan usia, lokasi, bahkan juga hobi dan minat. Seperti detail yang berikut ini

[sociallocker][/sociallocker]

Terakhir anda dapat mengoptimalkan relevancy audiens yang lebih tajam dengan memanfaatkan UID ataupun email para pengguna facebook. Mulailah menganalisa audiens dengan cara seperti diatas.

3. Berikan Informasi Yang Lengkap

Pada saat Anda memposting atau mengupload produk yang Anda jual di sosial media, jangan pernah lupakan untuk memberikan informasi selengkap – lengkapnya mengenai produk Anda. Jangan sia siakan datangnya pengunjung ke halaman web atau lapak anda, gunakan bahasa yang memfilter pengunjung sesuai dengan kalangan konsumen anda.

Misalnya agar calon konsumen bisa semakin terfokus dan bukan caon konsumen ‘bodong’, Anda bisa menyertakan kalimat keterangan mengenai produk yang akan dibelinya. Seperti model iklan saya diatas.

4. Kenali Bagaimana Produk Pesaing Di Pasarkan

Langkah ini tidak perlu dipaksakan, cukup lakukan sebisanya, karna seperti saya bilang diatas bahwa untuk profit hanya diperlukan bersyukur. Mempelajari bagaimana produk pesaing dipasarkan agar kita bisa mendapatkan referensi untuk promosi produk yang kita jual supaya lebih efektif dan efisien serta tidak memberatkan. Misalnya dalam meniru copywriting kompetitor untuk facebook ads

5. Tampilan Yang Menarik

Buatlah tampilan sosial media Anda semenarik mungkin, bisa berupa profile picture sosial media, background blog, atau mungkin seperti yang saya lakukan dengan memanfaatkan youtube kemudian mengoptimalkannya dengan sedikit SEO. Untuk teknis warna, Anda bisa memanfaatkan warna merah yang memang mencolok dimata dan lebih mengundang atensi.

6. Branding Produk

Lakukan posisioning dalam mengenalkan produk yang Anda jual kepada calon konsumen Anda. Ada beragam cara untuk memperkenalkan produk, salah satunya dengan testimoni dari konsumen yang telah mencoba produk Anda. Hal tersebut akan meningkatkan citra baik produk yang Anda jual.

Semoga bermanfaat

Arham haryadi
Arham haryadi
Sempat mengelola bisnis export komoditas hasil bumi, saat ini aktif menaungi tim yang menghandle beberapa brand untuk optimasi media online di Biz.deerham.com.