4 Ide Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa

ide bisnis mahasiswa
Bicara peluang bisnis ataupun ide kreatif wirausaha maka kampus merupakan tempat yang sempurna, khususnya yang mau nyicil dengan membangun sebuah bisnis sampingan. Banyaknya waktu luang, koneksi luar biasa – meskipun katanya kita salah satu yang paling lambat koneksinya-. Mengenal banyak tren baru bahkan banyak kebutuhan gaya hidup yang tak terduga sudah jadi hal lumrah kalau mahasiswa tergiur untuk melakukan bisnis sampingan.

Dari hal tersebut muncul banyak pertanyaan. Kira – kira bisnis apa yang tepat untuk mahasiswa. Berikut empat ide bisnis sampingan bagi mahasiswa, yang terbukti menghasilkan:

1. Bimbingan belajar

Peluang bisnis sampingan ini cocok bagi Anda yang suka membantu orang lain dan memiliki beberapa bidang keahlian akademis. Hari gini banyak orang tua yang ingin anaknya berprestasi di sekolah, minimal masuk kampus ternama. Mereka pun menyewa tutor untuk memastikan keinginan mereka terpenuhi. Sedikit analisa dari saya ternyata berdasarkan Google Trend, peluang bisnis bimbingan belajar masih sangat besar, bahkan tidak terdominasi nama nama lembaga yang sudah lebih dulu terjun misalnya ganesha atau Nurul Fikri maupun primagama

Anda bisa memulai bimbingan belajar di malam hari, akhir pekan atau secara bahkan mengelola secara online. Bagi Anda yang punya teman teman denan nilai akademis memukau anda bisa coba mengenakan tarif per jam. Dalam bisnis akademik ini, nyaris tidak ada cara yang lebih baik untuk menguasai sesuatu kecuali mengajarkannya.

2. Website niche

Beberapa teman saya yang memiliki passion dibidang internet marketing memulai bisnis onlinenya dengan membuat website, menulis dan sabar. Sebagai catatan ini adalah bisnis sampingan jangka panjang yang bagus untuk Anda mulai. Keuntungan dari bisnis sampingan ini adalah Anda dapat membangun website setiap hari ketika ada waktu luang kapan pun Anda bisa. Selain itu, Anda dapat menggabungkan bisnis sampingan ini dengan banyak bisnis lainnya. Faktor penentu pada website niche disini adalah optimasi branding, baik dari personal branding ataupun merk yang anda bangun.

3. Freelance

Menjadi freelance sebagai ide bisnis sampingan bukan ide yang buruk, meskipun saat ini eranya menjadi seorang entrepreneur. Ada banyak perusahaan yang menawarkan pekerjaan freelance, mulai dari yang lokal hingga yang asing. Jika Anda memiliki keahian tentang desain web, menulis, desain grafis, blogging, keterampilan media sosial dan lainnya, Anda dapat menghasilkan uang sampingan yang besar. Yang perlu anda persiapkan hanyalah metode pembayaran agar pas dengan klien.

4. Mempromosikan event

Sesuatu yang paling cepat mendatangkan kebaikan adalah balasan orang yang berbuat kebaikan dan menghubungkan tali silaturahmi

(HR Ibnu Majah)

Jika Anda pergi ke sebuah perguruan tinggi, kita akan banyak melihat event event tahunan bahkan banyak pula event dadakan yang di endorse oleh brand. Ada sekian banyak perusahaan yang memiliki event dengan target mahasiswa, Anda bisa coba menawarkan diri untuk membantu mempromosikan event mereka, misalnya dengan keahlian internet marketing yang anda miliki. Selain menjadi cara jitu untuk menghasilkan uang, Anda juga akan banyak bersilturahmi dan tentunya memiliki banyak teman saat mempromosikan event tersebut.

Itulah 4 ide bisnis sampingan yang bisa mahasiswa duplikasi. Kenapa duplikasi? selain karena memang bisa diterapkan mahasiswa dan jelas ada demandnya, keempat peluang bisnis tersebut sudah banyak dijalankan turun temurun.

Bobby Afif
Bobby Afif
25/02/91, S.Kom, Twitter : @bobbyafif, Phone : 085694523971, Depok.